5 Cara Agar Berat Badan Tidak Cepat Naik Dan Tidak Menjadi Gemuk

Berat Badan sering kali menjadi masalah bagi sebagian orang. Masalah berat badan memiliki banyak faktor yang mempengaruhinya. Sering orang banyak yang mengabaikan masalah berat badan hingga pada akhirnya masalah berat badan itu mempengaruhi faktor kesehatan seseorang. Jika Anda peduli dengan kesehatan Anda, jangan pernah mengabaikan berat badan yang cenderung naik dengan cepat dan tidak terkontrol. Agar berat badan tidak menjadi masalah kesehatan, ada baiknya Anda membaca dan tahu 5 cara agar berat badan tidak cepat naik dan menjadi gemuk.

1. Selalu Berolahraga.

Tidak ada menu yang paling mujarab untuk mencegah berat badan naik dan menjadi gemuk selain ber-olahraga rutin setiap hari atau dengan jadwal teratur setiap minggunya. Untuk mengontrol berat badan, Anda bisa menimbang berat badan sebelum melakukan aktivitas olahraga berat, misalnya fitness. Untuk jenis olahraga berat seperti fitness banyak mempengaruhi berat badan yang cukup signifikan.

cara-agar-berat-badan-tidak-cepat-naik

Agar bisa memiliki berat badan ideal, banyak orang yang mencoba fitness namun tidak memiliki jadwal yang benar. Bukan mendapatkan berat badan ideal malah tubuh menjadi sakit karena tulang-tulang dipaksa untuk mengangkat beban berat yang tidak proposional.

Olahraga juga memerlukan jadwal yang rutin dan teratur supaya berat badan terjaga dan tidak cepat gemuk. Jangan melampiaskan nafsu makan setelah olahraga yang justru merugikan berat badan Anda.

2. Makan yang bergizi dan kaya serat

Makanan juga sangat berpengaruh kepada berat badan. Agar berat badan stabil dan ingin menurunkan berat badan ideal, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan kaya akan serat. Makanan berserat sangat bagus untuk metabolisme dan sistem pencernaan. Makanlah sesuai dengan asupan kalori yang diperlukan agar tidak melebihi batas yang telah ditentukan.

Berat badan biasanya dipengaruhi juga oleh nafsu makan yang berlebih, karenanya biasakan sarapan sehat yang bergizi namun rendah kalori agar bisa mengatur berat badan dengan stabil setiap hari.

Adakalanya jika kita sarapan nasi terlalu banyak namun jumlah kalori yang dibakar tidak sesuai maka bisa mengakibatkan penumpukan zat karbohidrat, lain halnya jika kita sarapan pagi sehat dan bergizi, ini akan membuat tubuh lebih bertenaga dan badan-pun akan terjaga beratnya.

3. Diet yang benar dan disiplin

Diet adalah kata yang paling dipakai bagi orang yang ingin menjaga berat badannya. Jika ingin menurunkan berat badan, maka diet-pun harus harus diperketat. Diet yang baik dan benar adalah diet yang memberikan asupan energi serta makanan yang cukup bagi tubuh, namun tidak serta merta menjadikan tubuh kita lemas. Banyak orang yang melakukan program diet dengan salah.

Mereka tidak cukup makan karena terlalu berambisi ingin mengurangi berat badan, namun tidak memperdulikan asupan energi yang masuk kedalam tubuh sebagaimana mestinya. Akibatnya badan menjadi lemas dan lemah untuk beraktivitas.

Jadi agar berat badan tidak cepat naik dan bertambah gemuk, diet juga bisa dilakukan sebagaimana jika ingin menurunkan berat badan. Diet yang baik untuk memelihara berat badan ideal harus diiringi oleh olahraga yang rutin.

Jika terkadang anda tergoda untuk merusak diet, segeralah konsisten untuk memperbaiki program diet Anda. Misalnya ketika ada teman di kantor yang mentraktir makanan berlemak. Tidak apa untuk melanggar diet anda pada saat itu, namun segera perbaiki dan kembali menjalankan diet keesokan harinya.

4. Cukup Istirahat

Istirahat juga sangat penting untuk menstabilkan kondisi tubuh yang lelah setelah beraktivitas. Biasanya orang yang tidak cukup istirahat akan selalu merasa lapar dan makan apa saja yang diinginkan.

Jika Anda ber-istirahat dengan cukup (tidur untuk dewasa 7-8 jam) dan bangun dengan segar di pagi hari, Anda tidak akan merasakan perut yang lapar dan bangkit dengan niat untuk melanjutkan aktifitas serta program diet makanan sehat selanjutnya.

Coba bayangkan jika anda sering begadang dan melampiaskan nafsu makan dimalam hari, akhirnya proses metabolisme terganngu, dan pada akhirnya pasti Anda merasakan berat badan menjadi bertambah.

5. Tidak stress dan selalu happy.

Stress merupakan bagian dari pekerjaan sehari-hari di kantor. Namun apakah dengan stress Anda menjadi lapar?. Kebanyakan orang yang menjadi stress melampiaskan amarah dengan banyak makan. Nah inilah salah satu penyebab naiknya berat badan.

Stress bisa kita kelola asalkan kita tahu caranya dan penyebabnya. Saya teringat hasil MCU yang menuliskan agar saya bisa mengelola stress agar kadar kolesterol dalam darah tidak naik.

Baca juga : Mengenali Stress Serta Tips Untuk Mengatasi Stress

Dari situ saya mencoba mengelola stress dengan baik, hasilnya 6 bulan MCU lagi, kolesterol saya turun drastis. (Namun masih ada faktor lain penurun kadar kolesterol selain pengendalian stress).

Namun apapun hasilnya, stress harus bisa dihindari atau dikendalikan. Menjaga mood agar selalu tenang dan happy adalah cara agar bisa menjaga diri dari stress yang berlebihan.

error: Content is protected !!