5 Tips Membuat Anak Senang Olahraga

Olahraga adalah kegiatan yang bisa menjadikan anak unggul dalam kegiatan belajarnya. Dengan berolahraga, anak akan menjadi sehat dan giat belajar asalkan waktu serta kualitas olahraga yang proporsional dalam menunjang kegiatan belajarnya. Tidak semua olahraga anak akan senang dan berpengaruh kepada kegiatan belajar di rumah maupun di sekolah. Padahal dengan mengajarkan anak rutin untuk berolahraga, banyak sekali manfaat yang akan diperolehnya.

5 Tips Membuat Anak Senang Olahraga

Berolahraga memang sangat penting untuk kesehatan, terutama untuk anak-anak. Membiasakan diri sejak kecil untuk berolahraga sangat dianjurkan bagi anak yang sudah mulai menginjak umur 6 tahun sampai 11 tahun (anak sekolah dasar). Biasanya mereka berolahraga dengan sendirinya tanpa disuruh orang tua mereka, namun ada beberapa anak yang tidak mau untuk berolahraga karena alasan-alasan tertentu.

tips-membuat-anak-senang-olahraga

Nah jika Anda termasuk salah satu orang tua yang memiliki anak yang “malas” berolah raga, ada beberapa tips yang menarik dan berguna untuk memancing anak agar mencintai olahraga, terutama di hari libur seperti hari Minggu. Berikut tips membuat anak senang olahraga :

1. Kenali dulu olahraga apa yang anak Anda sukai

Tentunya ini bisa kita lihat dari kebiasaan mereka yang terlihat di rumah, misalnya anak Anda mungkin suka dengan futsal, bersepeda atau suka renang atau apa saja yang mereka suka namun mereka sepertinya tidak mau me-rutin-kan kegiatan olahraga tersebut.

2. Tanamkan pengertian fungsi olahraga kepada anak

Jika sudah mengetahui olahraga anak seperti apa, barulah tahap kedua Anda menjelaskan bahwa pentingnya olahraga untuk kesehatan, seperti bersepeda sangat berguna untuk pernafasan dan otot-otot kaki, atau berenang bisa membuat tubuh semakin bugar dan seterusnya. Pada fase ini tanamkan pengertian kepada anak bahwa olahraga penting bagi tubuh kita agar kita selalul fit dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Baca juga : 5 Cara Mengajarkan Anak Sikat Gigi Yang Menyenangkan

3. Ajak berolahraga bersama

Ajaklah ketempat olahraga anak yang mereka sukai. Contoh jika sebelumnya Anda telah tahu bahwa anak suka dengan olahraga renang, maka ajak dan rutinkan olahraga tersebut, sehingga dengan Anda mendorong serta me-motivasi anak untuk berolahraga, anak juga senang jika orang tua mereka ternyata memiliki hobi yang sama.

4.  Dukung olahraga anak

satu yang penting dalam menerapkan tips membuat anak senang olahraga bahwa mereka tahu ada dukungan moril serta kepercayaan orang tua dalam menjalankan aktifitas mereka berolahraga. Jika anak anda suka renang, ajaklah mereka berenang bersama atau masukkan mereka ke dalam kelas renang di sekolah maupun di luar sekolah. Monitor perkembangan olahraga anak Anda dalam sebulannya, apakah ada perkembangan atau tidak. Jika ada masalah dalam olahraga mereka, konsultasikan kepada anak apa saja yang menghambat dalam olahraga mereka.

5. Anda harus cinta berolahraga sebelumnya

Ini saran yang paling penting jika ingin menjalankan tips membuat anak senang olahraga, yaitu Anda sendiri sebagai orang tua harus mencintai olahraga sebelum Anda mengajak anak untuk mencintai olahraga mereka. Bagaimana anak Anda akan mencontoh Anda, jika Anda sendiri malas untuk olahraga. Oleh karenanya cintailah berolahraga, maka dengan demikian anak juga akan mencontoh perilaku hidup sehat dari orang tua mereka.

Demikian 5 tips membuat anak senang olahraga. Semoga dengan berolahraga, selain manfaatnya bagus untuk tubuh juga memperkuat hubungan dengan keluarga, terutama anak kita yang senang berolahraga dan mereka pun bisa tumbuh sehat dan belajar dengan penuh semangat. Terima kasih telah membaca artikel seputar 5 tips membuat anak senang olahraga.

Paling Banyak Dicari:

  • agar anak suka olahraga
  • cara membujuk anak yg males untuk berolahraga
  • cara memotivasi anak agar mau berolahraga
  • cara memotivasi anak agar suka berolahraga(pdf)
  • Cara motivasi anak untuk olahraga
  • tips cara anak mau dan senang berolahraga
error: Content is protected !!