5 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah organ tubuh yang penting dalam hidup manusia. Sepasang mata ini kita gunakan sehari-hari untuk melihat keadaan sekeliling kita serta untuk menikmati anugerah dan nikmat Tuhan yang diberikan kepada kita seperti pemandangan indah, kecantikan dan nikmat-nikmat yang tidak terbatas lainnya . Menjaga kesehatan mata sangat penting karenanya kita harus menjaganya sebaik-baiknya agar bisa membawa berkah bagi hidup kita.

Masalah kesehatan mata bukan hanya masalah setiap pribadi anggota keluarga, akan tetapi sebagai orang tua kita haruslah memperhatikan kesehatan mata dari semua anggota kelaurga kita. Mata akan terasa sangat penting artinya ketika kita mulai merasakan sakit atau mata yang tidak berfungsi secara normal.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

tips-menjaga-kesehatan-mata

Agar mata terhindar dari kerusakan, maka lakukan pencegahan agar mata selalu sehat, bersih dan terhindar dari penyakit yang merusak kesehatan mata.

Berikut tips untuk menjaga kesehatan mata agar mata selalu kelihatan segar, cantik dan sehat :

1. Perhatikan sekeliling tempat bekerja Anda

Jika anda bekerja di suatu tempat, perhatikan apakah tempat bekerja tersebut memiliki cahaya yang cukup bagi mata. Apakah tempat bekerja tersebut memerlukan alat untuk melindungi mata atau tidak.

Bekerja di tempat yang kurang pencahayaanya, akan membuat mata kelelahan dan mengganggu kesehatan mata kita.

Sama juga ketika kita bekerja di tempat yang membuat mata kita silau dan cepat lelah, maka kita harus menggunakan kaca mata khusus untuk meredam cahaya yang berlebih tersebut.

2. Makan makanan Vitamin A untuk kesehatan mata

Vitamin A penting sekali untuk menjaga mata agar tetap sehat. Vitamin A banyak terdapat pada wortel. Biasakan mengkonsumsi wortel setiap hari atau 3 kali seminggu, caranya dengan membersihkan wortel terlebih dahulu, kemudian bisa langsung dimakan atau dibuatkan jus dengan mencampurnya dengan air dan ditambahkan gula secukupnya.

Baca juga : 7 Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Bagi anak-anak, mengkonsumsi wortel sangat penting untuk kesehatan mata di usia mereka. Wortel dengan vitamin A sangat bagus untuk mata anak. Jika anak-anak tidak suka wortel, berikan dalam bentuk jus atau masukkan kedalam makanan sehari-hari, seperti sop, bubur dan lain-lainnya.

Selain wortel, masih banyak makanan yang mengandung vitamin A yang bisa menjaga kesehatan mata Anda. Misalnya ikan salmon, tomat, bawang putih, bayam dan sebagainya.

Sekarang sudah banyak makanan suplemen vitamin A yang bisa langsung diberikan kepada anak..

3. Jangan gosok mata ketika gatal

Gatal di mata akibat debu yang masuk secara tiba-tiba, membuat kita ingin menggosok mata secara reflek. Sebaiknya ini jangan dilakukan, sebab menggosok (mengucek;red) mata justru akan membuat iritasi pada mata Anda.

Teteskan obat mata yang steril dan cocok untuk mata Anda, pejamkan mata sesaat lalu kedipkan mata Anda sampai rasa gatal yang membuat Anda ingin menggosok mata itu hilang dengan sendirinya.

4. Jaga jarak baca

Agar mata tidak cepat lelah ketika membaca, kita harus memperhatikan jarak baca antara mata dengan apa yang kita baca. Membaca buku jangan terlalu jauh dan jangan terlalu dekat. Pastikan jarak ideal antara mata dengan buku sehingga kita merasa nyaman.

Jika kita tidak memperhatiakn jarak aman antara buku dengan mata, maka mata akan cepat lelah dan kita merasakan sakit kepala akibat jarak pandang yang tidak sesuai.

5. Rutin periksa mata ke dokter

Biasakan untuk memeriksa kesehatan mata Anda ke dokter ahli mata atau klinik mata terdekat. Kadang kita merasa kaget jika mata kita mengalami minus atau plus tanpa kita sadari. Memeriksa mata bisa dilakukan 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Mintalah saran dokter apabila terdapat gejala-gejala yang dialami oleh mata Anda.

6. Istirahat yang cukup

Jika mata kita mengalami kelelahan, boleh jadi ini waktunya kita meng-istirahatkan mata dengan cara tidur. Tidur merupakan istirahat yang paling ampuh untuk memulihkan keadaan tubuh (bukan saja mata).

Baca juga : 5 Cara Agar Berat Badan Tidak Cepat Naik Dan Tidak Menjadi Gemuk

Menonton televisi terlalu lama juga bisa mengakibatkan kerusakan pada mata, mata akan cepat lelah jika dipaksakan untuk terus melihat tayangan televisi pada malam hari. Akibatnya mata akan kelelahan pada keesokan hari dan kita-pun tidak bisa maksimal dalam bekerja.

7. Olahraga mata setiap hari

Mata juga harus diberikan latihan setiap hari agar tetap sehat dan tetap cantik. Lakukan latihan olahraga untuk mata seperti mengedip-ngedipkan mata, lalu belajar melihat jarak dekat selama beberapa detik, kemudian langsung menatap objek yang berada agak jauh dengan seksama. Ini melatih retina mata untuk tetap fleksibel.

Olahraga mata juga bisa Anda lakukan apabila telah lelah memandangi layar komputer dalam waktu yang lama. Caranya dengan memejamkan mata beberapa saat setelah menatap sebuah objek yang memancarkan cahaya di depan mata Anda (monitor misalnya).

Ada juga olahraga mata dengan cara kita meluangkan waktu untuk pergi berlibur melihat pemandangan yang sangat cantik, sehingga mata kita akan melihat warna-warna alami yang ada di alam ini. Lihatlah betapa sempurnanya Tuhan menciptakan mata untuk kita. Jadi janganlah kita menyia-nyiakan mata dan rawat dengan baik kesehatan mata kita. Baca juga artikel kami tentang Penyebab Trigliserida Tinggi

error: Content is protected !!