7 Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat Yang Baik Dan Benar

Hidup pada jaman sekarang memang sangat dibutuhkan perhatian pada segi kesehatan. Bagaimana tidak, saat ini sudah banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat agar tidak gampang sakit dan bisa ber-aktifitas dengan baik. Cara menerapkan pola hidup sehat ini tidak terlepas dari bagaimana pola fikir kita tentang kesehatan itu sendiri.

Mungkin Anda adalah pribadi yang sangat sibuk dengan aktifitas sehari-hari, yang sangat membutuhkan banyak energi dan konsentrasi. Namun sadarkah Anda jika aktifitas tersebut harus dibarengi dengan cara menerapkan pola hidup sehat yang harus dilakukan di sela-sela kesibukkan Anda tersebut.

Membahas tentang sehat memang tiada habisnya. Seolah kita terus di-cekoki dengan pengertian kesehatan setiap saat, namun itulah kata “sehat” yang mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus mau menjalankan pola hidup sehat mulai saat ini untuk kepentingan kesehatan kita.

Sebelum kita mengetahui Cara menerapkan pola hidup sehat yang baik dan benar, ada baiknya Anda perlu membaca artikel kami sebelumnya tentang pola hidup sehat dan manfaatnya.

Adapun cara menerapkan pola hidup sehat yang baik dan benar menurut versi artikelkeluarga.com antara lain:

1. Selalu ingat Tuhan, Bersyukur, Berserah diri, ikhtiar dan tawakkal.

Sehat secara keseluruhan, tidak melulu memikirkan secara jasmaniah. Namun sehat secara rohaniah-pun harus diperhitungkan agar bisa menjalankan hidup dengan sehat. Apalah artinya jika kita memiliki badan sehat namun rohani kita rusak.

Ingatlah kasih sayang Allah swt. Yang telah memberikan kesehatan secara cuma-cuma untuk kita pergunakan.

Gunakan kesehatan untuk mencari Ridho-Nya dan rezeki yang halal. Serta berserah diri ketika kita sudah berusaha.

Baca juga artikel : Tips Hidup Tenang Bebas Dari Hutang Lancar Rejeki dan Semangat Kerja

Dengan selalu ingat akan semua nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita (termasuk nikmat sehat), maka kita-pun bisa merasakan nikmat sekaligus menjalankan semua perintah-Nya, termasuk untuk menerapkan pola hidup sehat itu sendiri.

Sejatinya hidup sehat memang bukan hanya jasmaniah, tetapi hidup sehat itu juga harus membenahi kesehatan rohaniah kita.

Intinya kita harus bisa menyeimbangkan pola hidup secara jasmaniah dengan pola hidup rohaniah agar hidup menjadi sehat dan berkah.

Semoga dengan selalu ber-syukur kita terus diberikan kesehatan sepanjang hidup kita, amiiiin..

2. Makan makanan yang halal dan sehat.

Cara menerapkan pola hidup sehat yang baik berikutnya adalah dengan makan makanan sehat dan halal. Banyak sekali makanan yang sehat yang bisa kita konsumsi untuk menjadikan tubuh kita sehat.

Makanan fast food atau makanan yang berlemak tinggi dan bersantan, sebisa mungkin di hindari untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh salah makan atau pengertian tentang jenis makanan yang kurang.

Diantara kita (mungkin) masih ada yang ber-pola fikir “makan apa saja yang penting kenyang”. Mulai saat ini segera dihilangkan mulailah untuk berfikir tentang makanan sehat.

Biasakan makan makanan yang dimasak dengan minyak sayur atau minyak jagung. Ini bisa Anda baca lebih detail lagi di posting Bahaya Kolesterol Ternyata Bisa Dihindari Pakai 5 Cara Mudah Ini

porsi makanan juga menjadi bagian dari cara menerapkan pola hidup sehat. Biasakan makan dengan makanan yang sesuai dengan takaran tubuh kita, dan jangan makan berlebihan. Selain tidak sehat jika makan berlebihan, efek makan berlebih ini juga berpengaruh terhadap perilaku hidup yang selalu merasa kekurangan.

Aturlah porsi makan dengan waktu makan yang sudah biasa Anda lakukan. Jangan pula telat makan karena ini sangat menggangu jam biologis makan Anda yang bisa menyebabkan sakit.

3. Memahami arti dan pentingnya waktu.

Membagi waktu dengan bijak menjadi salah satu cara menjalankan pola hidup sehat. Bagaimana Anda bisa sehat, jika Anda santai-santai dirumah dan tidak mau bergerak sama sekali.

Waktu juga sangat berharga dalam hal menjaga dan menerapkan pola hidup sehat. Bagilah waktu Anda untuk bisa meluangkan waktu untuk ber-olahraga, waktu untuk keluarga, pekerjaan dan waktu untuk diri anda sendiri, dan termasuk waktu Anda untuk Sang Khalik (Maha Pencipta).

Pembagian waktu yang bijaksana antara kepentingan duniawi dan akhirat, tentu akan berpengaruh kepada pola hidup sehat yang sesungguhnya, dimana kita akan selalu terjaga dalam Lindungan-Nya dan selalu diberikan nikmat sehat selalu. آمِيّنْ… آمِيّنْ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ .

4. Selalu lakukan hal-hal berikut ini.

Setelah 3 point utama diatas tentang bagaimana cara menerapkan dan menjalankan pola hidup sehat, barulah kita menuju cara-cara lain yang membawa kita kepada kesehatan hidup di dunia, antara lain :

A. Jangan terlalu stress memikirkan urusan dunia

Stress adalah pemicu timbulnya beberapa penyakit yang bisa mengkhawatirkan kesehatan tubuh. Kenali diri Anda ketika stress mulai menyerang. Segera kendalikan stress dengan baik dan benar.

Stress sangat bisa kita kendalikan agar tidak merusak sistim metabolisme tubuh yang pada akhirnya menggangu kesehatan.

Stress juga bisa kita redam dengan banyak-banyak makan makanan yang bisa mengurangi rasa stress, misalnya konsumsi buah dan sayuran hijau, seperti wortel, tomat,anggur, dan lain sebagainya.

B. Berolahraga rutin

Olahraga merupakan cara paling ampuh agar kita terhindar dari sumber penyakit. Dengan sering bergerak, tubuh ini akan menjadi ringan dan metabolisme tubuh akan lancar. Tubuh akan terasa segar setiap hari tanpa lemah, letih, lesu dan hidup semakin bergairah.

C. Tidur yang cukup

Tidur cukup yang berkualitas menjadi kunci kesehatan yang vital. Jangan terus memaksakan tubuh apabila tubuh sudah memberi sinyal untuk istirahat, dan tidur adalah istirahat yang ideal untuk memulihkan kebugaran badan.

Demikianlah 7 cara menerapkan pola hidup sehat menurut versi artikelkeluarga.com yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda. Jangan lupa untuk men-share artikel ini kepada rekan,family dan sahabat Anda tercinta, kami sangat menghargai sekali. Terima kasih dan salam.

Paling Banyak Dicari:

  • ikhtiar pola hidup sehat yang baik dan benar
  • pembagian waktu untuk hidup sehat
error: Content is protected !!