7 Tips Melatih Anak Suka Bangun Pagi

Bangun pagi masih sering menjadi kendala bagi putra-putri kita. Bagi mereka kadang bangun pagi adalah sesuatu yang sangat memberatkan untuk dikerjakan. Banyak hal yang bermanfaat jika anak bisa bangun pagi, salah satunya adalah anak bisa belajar dengan konsentrasi di waktu pagi hari (sekitar jam 4 sampai 5 pagi sebelum berangkat sekolah).

Belajar di pagi hari, akan banyak pelajaran yang bisa diserap lebih cepat oleh anak sebelum mereka berangkat sekolah. Dan di pagi hari pula, anak bisa belajar bangun pagi dengan disiplin tanpa harus dibangunkan orang tua. Lalu bagaimana cara melatih agar anak bisa bangun pagi?.

7 Tips Melatih Anak Suka Bangun Pagi

Melatih anak untuk suka bangun pagi susah-susah gampang. Bayangkan dahulu ketika kita masih kecil, bagaimana susahnya orang tua kita membangunkan kita di pagi hari. Lain dulu lain sekarang, sekarang kita tidak bisa membangunkan anak dengan cara yang seperti orang tua dulu ajarkan secara ekstrim. Anak jaman sekarang lebih memiki perasaan yang jauh lebih sensitif untuk kita ajarkan tentang pentingnya bangun pagi.

Tips-Melatih-Anak-Suka-Bangun-Pagi

Namun hal itu memang menjadi kewajiban kita untuk bangun pagi karena aktifitas kita sehari-hari yang mengharuskan kita untuk bangun lebih pagi lagi.

1. Berikan pengertian pentingnya bangun pagi kepada anak

Bangun pagi merupakan hal yang berkaitan dengan kesadaran anak. Jangan pernah memaksakan kehendak kepada anak tentang sesuatu hal yang mereka tidak mengerti. Berikanlah nasihat dengan nada yang penuh dengan kasih sayang agar anak mengerti bahwa bangun pagi sangat berarti demi karir belajar mereka dan masa depan mereka.

Baca juga : Manfaat Tidur Siang Untuk Anak

Berikan pengertian tentang bangun pagi kepada anak dikala Anda memiliki waktu yang senggang dengan anak, ketika anak sedang santai dan dalam kondisi sedang senang dan bahagia. Pengertian yang mendalam kepada anak jauh lebih didengarkan daripada membentak anak dan menghardik anak ketika anak harus bangun pagi.

Ingatlah bahwa anak akan selalu ingat nasihat yang menyentuh perasaan mereka dibanding dengan nada tinggi yang dilontarkan oleh orang tuanya dalam memberikan perintah. Katakan bahwa bangun pagi penting sekali untuk kesehatan rohani, dimana anak juga harus mendirikan shalat shubuh dan bersiap-siap untuk sekolah. Bangun pagi juga melatih anak tentang disiplin, dimana disiplin tersebut sangat penting bagi mereka di masa depannya.

2. Jangan tidur terlalu malam

Jika anak Anda harus bangun pagi, biasakan jangan tidur terlalu larut malam dan tidur sore hari. Dengan tidur pada waktu yang jauh lebih dini, memberikan waktu yang cukup bagi sang anak untuk mendapatkan hak-nya beristirahat di malam hari.

Biasakan untuk tidur dengan jam-jam yang sudah ditentukan, ini sangat penting agar jam biologis sang anak mengatur ritme atau pola tidur yang teratur, sehingga sang anak tidak mengalami kesulitan jika ingin tidur dan bangun keesokan paginya.

3. Orang tua harus men-contoh-kan bangun pagi

Sebagai orang tua, kita harus bisa mencontohkan kepada anak tentang pentingnya bangun pagi. Jika kita terbiasa bangun pagi, jangan lupa untuk membangunkan anak untuk terbiasa bangun pagi juga. Sehingga sang anak akan selalu ingat dan pada akhirnya akan terbiasa bangun pagi ketika mereka melihat ada figur contoh dalam keluarga yang sering bangun pagi dan membangunkan mereka.

Figur contoh bagi anak merupakan hal bisa membuat mereka menjadi terbiasa dan semangat dalam menjalani hidupnya. Bagaimana anak bisa menjadi harapan orang tuanya jika sang orang tua tidak mampu memberikan contoh yang baik bagi sang anak.

4. Jangan dibiasakan memakai alarm

Alarm sangat membantu dalam hal membangunkan kita dari tidur untuk selalu bangun pagi. Namun adakalanya alarm juga tidak berfungsi ketika sang anak merasakan kesal untuk bangun pagi. Jadi tips untuk bisa bangun pagi bagi anak adalah dengan memberikan kesadaran bangun pagi, terutama pada hari libur, agar jangan malas bangun pagi.

Baca juga : Benarkah Tidur Siang Bikin Gemuk?

5. Berikan kejutan atau reward dan hal-hal yang menarik untuk bangun pagi

Ada satu tips yang menarik agar anak mau bangun pagi (terutama ketika libur), adalah dengan cara memberikan kejutan atau suprise ketika pagi datang. Biasanya anak akan malas untuk bangun pagi, namun kalau kita sebagai orang tua mampu memberikan kejutan untuk anak agar bangun pagi, biasanya anak akan segera bangun. Misalnya mengajak anak untuk pergi bertamasya pada hari libur, mengajak lari pagi atau bersepeda keliling komplek, mengajaknya untuk pergi ke suatu tempat yang belum mereka kunjungi sebelumnya.

Hal-hal yang demikian sebaiknya jangan beritahu mereka sebelum mereka pergi tidur, sebab mereka akan membayangkan serta memikirkan tempat tersebut yang pada akhirnya mereka akan kesulitan untuk tertidur dan bisa bangun pagi dengan baik.

Sebaiknya kejutan-kejutan atau reward yang kita berikan kepada anak karena mereka rajin bangun pagi tidaklah hanya sesekali waktu saja, namun harus kita biasakan agar anak juga mau bangun pagi tanpa harus kita berikan kejutan atau reward kepada mereka.

6. Buat kamar tidur senyaman mungkin agar mudah tertidur

Jika anak kesulitan tertidur untuk bisa bangun pagi, cobalah tengok kamarnya, mungkin disana ada beberapa hal yang membuat mereka malas untuk tidur dan ingin menghabiskan waktunya untuk terus bermain dan tidur larut malam.

Kamar tidur harus dijauhkan dari apa-apa yang membuat anak menjadi ingin terus melek. Contohnya saja jika ada televisi dalam kamar. Hal ini akan membuat anak semakin malas untuk tertidur. Mereka akan ke-asyikan menonton televisi daripada harus cepat-cepat tidur. Jika hal ini terjadi, segera singkirkan pesawat televisi tersebut dan mulailah men-dekorasi ulang ruangan atau kamar tidur anak agar bisa memberikan kenyamanan tidur bagi sang anak agar bisa bangun pagi dengan segar.

Kamar tidur yang nyaman juga memberikan kenyamanan serta membuat anak istirahat yang cukup. Dengan begitu anak akan terbangun paginya dengan penuh semangat untuk memulai aktifitasnya.

7. Bisikkan kata sugesti kepada anak ketika mereka tertidur

Tips yang terakhir ini boleh Anda coba atau tidak. Sebab ketika anak sudah tertidur pulas, kata-kata yang kita bisikkan di telinga mereka bisa menjadikan sugesti atau perintah dari alam bawah sadar mereka untuk bisa bangun pagi keesokan harinya.

Misalnya bisikan kalimat sugesti seperti ini “besok ade/kaka, bisa bangun pagi jam 5 dan bangun dengan segar terus sholat subuh belajar lalu berangkat ke sekolah dengan penuh semangat”, atau “Aku besok mau bangun jam 5 pagi soalnya aku harus belajar agar ujianku sukses dan lulus dengan nilai bagus”.

Baca juga : 5 Tips Membuat Anak Senang Olahraga

Kita pun sebagai orang dewasa pasti pernah merasakan bahwa alam sadar kita-lah yang biasa membangun-kan kita setiap pagi hari sebelum kita beraktifitas, bukan?

Demikianlah tips untuk melatih anak untuk suka bangun pagi, semoga bermanfaat dan kami sangat menghargai sekali jika anda mau untuk men-share artikel ini.

Paling Banyak Dicari:

  • tip agar anak rajin bangun pagi
  • cara biasakan anak agar mau belajar di pagi hari
  • Cara mengajarkan anak terbiasa bangun pagi dan semangat berangkat ke sekolah
  • contoh perkataan agar anak semangat bangun pagi
  • disiplin anak 5 tahun bangun tidur
  • membiasakan anak bangun walaupun msih kecil
  • resep supaya anaj semangat bangun pagi
error: Content is protected !!