Ajaib Renungi ini Kenapa Hasil Interview Melamar Kerja Lama Banget

Ajaib Renungi ini Kenapa Hasil Interview Melamar Kerja Lama Banget. Ada hal yang menarik yang perlu Anda baca di artikel kali ini. Saya akan membeberkan sebuah tips yang sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari kerja atau ingin menjalani sebuah wawancara kerja.

Ada sebuah tips yang diberikan oleh salah satu staf HRD yang saya kutip dari sebuah website jejaring pekerja profesional, dimana tips ini adalah jawaban kenapa banyak yang bertanya setelah interview terkadang harus lama menunggu hasilnya.

Ternyata ini kenapa setelah interview lama sekali menunggu jawaban

Terkadang setelah kita menjalani interview, dari pihak perusahaan yang kita lamar memberikan jawaban yang sangat lama, atau kita bahkan menunggu-nunggu hasil interview kita.

Sebenarnya kenapa sih hasil interview kita sangat lama sekali, bahkan terkesan kita hanya membuang-buang waktu hanya untuk interview yang tidak ada hasilnya.

berikut ini adalah pemaparan beliau sebagai praktisi HR :

Sebagai praktisi HR 14 tahun saya mencoba memberikan pengetahuan dari 2 sisi yang bisa dijadikan perenungan.

1. Sebagai HR/Recruiter, ada SOP yg dijalankan seperti mencari kandidat sesuai Job spec, Job desc dan yang terpenting adalah karakternya sesuai dgn Job values perusahaan…nah ini yg sangat sulit dicari karna tdk bisa dibaca hanya dg CV atau pertemuan screening awal saja sehingga ketika interview pertama kali Recruiter tdk bisa memberikan informasi lulus atau tdk lulus, karna selanjutnya akan ada diskusi dgn user atau Management terkait profile calon tersebut karna jika user tertarik maka interview kompetensi akan dilakukan oleh user masing2 departemen. Metode ini berlaku utk staff yg berpengalaman sampai level manager.

Nah…utk posisi vacant yg bisa diisi oleh calon fresh graduated biasanya bisa diinformasikan hari itu juga krn nilai-nilai dasar “good attitude” menyumbang hampir 70 % lanjut ke next interiew. Why? Metode screening calon dimulai dari (suara-antusias/tdk-ramah-sopan/tdk) bagaimana menerima panggilan telp dari perusahaan-Datang sesuai jadwal-bahasa tubuh/gesture ketika duduk atau menunggu dan pemberian tools utk melihat profile/gambaran diri calon dll.

Satu paket HR akan mereview hasil observasi ini sehingga bisa diberikan hasilnya hari itu juga atau paling lambat besok krn ada perhitungan score nilai. Lebih lama lagi waktu pemberitahuannya jika ada puluhan calon pd waktu yg bersamaan. Kebayangkan prosesnya…kadang2 psikotes dijadikan “tumbal” ke dua belah pihak “tdk lulus psikotest nya”. Mmm…psikotes mengukur apa? Sehingga tools ini bukan satu2nya yg menentukan loh..

2. Sebagai calon karyawan, saya juga ada di posisi ini mulai dari mengirim surat lamaran-screening-proses interview bertahap-negosiasi sampai sign Pkwtt/Pkwt. Bahkan diminta membuat strategi plan dan action sampai detailnya dan dikirim via email. Alhasil tdk ada kabar berita lanjutan padahal group besar. Kecewa? Pasti namanya manusia…menghibur hati dengan selanjutnya memperbaiki diri bertindak lebih profesional dikemudian hari.

Tidak ada proses yg sia-sia yg kita lakukan di hari ini rubah kekecewaan menjadi introspeksi diri dan mempersiapkan diri untuk mendapatkan anugerah pekerjaan yg Tuhan sudah PILIHKAN…bukan manusia yg memilih. Sabar, iklas dan berdoa kuncinya. Salam

Semoga dari jawaban ini, Anda yang sudah berusaha dan melakukan interview di beberapa perusahaan, bisa mengetahui dan kita wajib untuk memperbaiki diri kita lebih baik lagi dan semoga kesuksesan kita di dunia kerja akan menjadi lebih baik lagi. Aamiin

Baca juga : Paytren Haram halal

error: Content is protected !!