Akhirnya LEGA Ternyata ini Cara Memperbaiki Knalpot Karisma Nembak Nembak

Cara Memperbaiki Knalpot Karisma Nembak Nembak. Merawat motor memang tidak ada habisnya untuk digali dan dicarikan solusinya. Bagi Anda pemilik honda karisma tahun 2004 an seperti saya, memang harus pintar memutar otak apabila ada kendala atau kerusakan di motor kesayangan. Salah satu yang terjadi pada motor tunggangan si Gambot aka si Boy, nama kesayangan motor karisma saya (ehehehe), yang baru saja kemarin saya perbaiki akibat knalpot motor honda karisma mengeluarkan bunyi seperti menembak-nembak alias tidak enak didengar dan cenderung kasar.

Pasalnya musim hujan kembali mengguyur beberapa kota di tanah air saat ini, tidak terkecuali di kota saya, Bogor. Walhasil si Gambot harus ekstra keras menembus derasnya hujan baik di pagi hari, kadang malam hari.

Ditambah kondisi sekitar rumah yang sedang ada perbaikan jalan, membuat si Gambot harus pasrah dengan lumpur bekas coran beton yang belum selesai diperbaiki, sehingga leher knalpot tertutup dengan lumpur kering. kali ini suara mesin yang terdengar sangat kasar, seperti tidak pakai knalpot saja.

Dan walhasil, Alhamdulillah, tidak begitu lama, timbul suara parau, serak-serak berebet keluar dari knalpot si Gambot, awalnya memang sangat mengganggu (tetangga) dan pemakai jalan lainnya, karena knalpot karisma saya nembak-nembak di tengah jalan, pastinya banyak yang kagetan, hehe..sori ya bro..maklum ni tanggal tua.

Setelah 2 mingguan saya biarkan si Gambot batuk-batuk bahkan sampai nembak-nembak knalpotnya, akhirnya di weekend kemarin, saya bersihkan leher knalpot honda karisma saya, dan walllaah!!…..ternyata ada lobang yang cukup besar di ujung leher knalpot honda saya.

Well, memang ini motor terbilang sangat tua, bayangkan saya beli dari 2004 hingga kini 2017, berarti sudah 13 tahun lebih si Gambot menemani perjalanan hidup saya untuk mencari nafkah buat keluarga tercinta (lebay mode…hehe).

Baca juga : Tips Membeli Mobil Baru Paling Update

Berarti umur leher knalpot juga lumayan sudah tua, akhirnya tidak bisa menahan panas dan akhirnya berlubang. Efek dari knalpot bocor ini yang saya rasakan adalah bensin yang cepat habis atau boros, biasanya saya beli 10rb untuk 2-3 hari, tapi kali ini 10rb hanya untuk sehari, bayangkan..

Kemudian efek dari knalpot bocor ini adalah tenaga mesin menjadi hilang, jika di geber di gigi 4, si Gambot hampir tidak ada larinya.

Oke deh, akhirnya otak ini diputar keras, keras sekali dan semakin kencang dan kencang untuk mencari solusinya.

Kalau lagi kalut seperti ini, bawaanya adalah mau beli knalpot yang baru, atau yang seken, lalu saya browsing harga knalpot di beberapa e-commerce yang ada , disitu tertera mulai dari harga 200 ribuan sampai 300 ribuan, cuma saya belum tahu berapa harga knalpot honda bebek karisma yang ori.

Lalu saya riset ke bengkel-bengkel di dekat rumah, untuk knalpot seken dihargai 100rb, tapi sayangnya barang nya tidak ada, lalu pergi ke bengkel resmi Honda, bilangnya knalpot bebek honda mencapi 800rb-an, Alamaak!!…lalu saya pergi ke toko sparepart, disitu bilangnya kalau Knalpot bebek Honda karisma, bisa mencapai 300rb-an. Hmmm…

Bagaimana memperbaiki knalpot bocor? ini dia tipsnya

Dengan bekal informasi harga-harga knalpot diatas tadi, akhirnya pilihan jatuh kepada bagaimana memperbaiki knalpot yang bocor, selain tips jitu juga bisa menghemat uang ratusan ribu, betul apa betul?..hehe. Lumayan khan hari gini uang ratusan ribu buat beli knalpot baru, keenakan si Gambot..(upps sori ya Mbot)

Awalnya saya cari dulu di internet apa sih penyebab bunyi nembak-nembak knalpot motor?,  hampir semua artikel menyarakan untuk servis motor alias mengganti saringan angin, men-setting ulang karburator, klep angin, dan lain sebagainya. Namun saya lebih tertarik kepada pembahasan knalpot yang bocor.

Ga cuma sampai situ saja, saya juga mulai browsing dengan mengetikkan kata kunci “Bagaimana memperbaiki knalpot bocor” di internet, dan hasilnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Disana dijelaskan untuk memperbaiki knalpot yang nembak-nembak, kemungkinan adalah knalpot yang berlubang alias bocor, sehingga pengeluaran pembakaran mesin tidak sempurna dan menyebabkan bunyi kenalpot yang berebet atau nembak.

Ternyata knalpot yang bocor bisa diakali dengan cara dilas. Ya itulah jawaban yang tepat. Di Las. caranya?, ya pergi ke tukang las dong, masak pergi ke Mall?hehe.

Akhirnya saya cari tukang las, padahal itu hari Minggu, kayaknya banyak tukang las yang pergi wiken, akhirnya muter-muter cari bengkel las, ketemu juga.

Awal jumpa pertama dengan tukang las adalah memberikan senyuman yang ramah, dan memberikan salam, lalu bertanya sopan, “pak, maaf, bisa las knalpot?”, dan si Bapak mengiyakan. Alhamdulillah. Ternyata pengerjaan las knalpot berjalan mulus, dan ternyata si Bapak tukang las juga memang menerima las knalpot.

Setelah selesai, kurang lebih memakan waktu 15 menit. Selesailah lubang yang ada di leher knalpot si Gambot di tambal, dan lansung di pasang kembali, dan walhasil bunyi mesin kini halus kembali. Setelah ditanya berapa ongkosnya , ternyata cuma Rp.20.000 saja. Subhanallah. Alhamdulillah …bayangkan dari knalpot yang ori yang harganya 800rb-an, bisa di akalin dengan ongkos cuma noban, Bro…keren ga tuh.

Saran saya ni, buat yang punya motor Honda yang sudah berumur diatas 10 tahunan, sering-sering perhatikan motor nya agar dirawat secara rutin dan tidak merongrong terus. Khan lumayan kalau kita pakai dan motor juga dirawat apik dan telaten.

Demikian sharing saya seputar bagaimana memperbaiki knalpot motor yang nembak dengan biaya paling murah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa sharing yang banyak ya Bro.

Baca juga : Cara Merawat Motor Bebek Honda Karisma 2004

 

error: Content is protected !!