Allah Merahasiakan Masa Depan Untuk Menguji Kita

Dalam hidup, seseorang pasti akan merasakan naik turunnya ujian yang pernah ia rasakan. Terkadang ia merasa berada di atas, namun sesekali ia juga akan merasakan ia ada dibawah. Nikmat Allah tiada tara, saking banyaknya kita tidak akan bisa menghitung nikmat yang diberikan Allah. Disitulah kita dituntut untuk bisa bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan kepada kita. Termasuk masalah. Lho kok? Masak sih masalah dibilang nikmat, yang bener aja dong?. Lha kita ini memang makhluk yang selalu mengeluh. Kita kadang tidak mau diberikan nikmat berupa masalah saja, kita tidak mau bersyukur.

Allah menguji HambaNya dengan masalah

Hati yang ikhlas adalah hati yang bisa menerima segala kekurangan diri, melihat diri ini sangat lemah dan kecil serta tidak kuasa dalam mengarungi hidup yang penuh dengan ujian. Datangnya masalah kepada kita justru akan membuat kita memiliki hati lapang, hati yang ikhlas menerima ujian serta masalah yang diberikan Allah, sebab masalah yang kita hadapi di kehidupan sehari-hari merupakan tanda-tanda yang diberikan kepada kita agar kita bisa “naik kelas”.

Baca juga : Pekerja Migas resah harga minyak dunia turun, ini jawabannya

Naik kelas disini maksudnya adalah agar kita berubah menjadi Hamba Allah yang lebih bertaqwa dan semakin bertambah ketaqwaan kita kepada Allah swt, karena masalah yang diberikanNya kepada kita.

Maka pada tulisan saya yang pertama, saya singgung kalau berbanggalah dengan masalah yang kita miliki, sebab dengan adanya masalah tersebut, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik.

Tentunya agar bisa naik kelas tadi ada syarat dan ketentuan yang berlaku, “Lho syaratnya apa tu?”, syaratnya sebenarnya mudah, yaitu ikhlas. Sekali lagi ikhlas dan ga bisa ditawar tawar.

Kalau sudah ikhlas hati ini, Insya Allah kita bisa menemukan solusi dari permasalahan yang kita hadapi. Dengan menemukan jawaban dari masalah kita, disitulah kita bisa menambah ketaqwaan kita kepada Allah swt.

Dengan perasaan ikhlas tadi, kita akan dituntun untuk mengadu kepada Allah dan selalu berbaik sangka kepada Allah, bahwa masalah yang kita hadapi sebenarnya cara Allah untuk menaikkan derajat kita ke tingkat yang lebih baik. Allah sebenarnya sedang merancang dan merencanakan sesuatu yang terbaik untuk kita dengan cara mendatangkan masalah kepada kita, itulah sebabnya kita harus berbaik sangka dan berteman dengan masalah kita.

Baca juga : Pilar utama membangun keluarga sakinah sepanjang masa

Seperti contoh ketika seseorang dengan iman kepada Allah, ia percaya ketika ia sedang dirundung masalah, bukannya ia lari ke manusia untuk curhat, akan tetapi ia justru makin mendekatkan dirinya kepada Allah swt, ia pun merintih di tengah malam dan berdoa di ujung shalat malamnya untuk minta ampun, padahal ia mungkin tidak pernah berbuat dosa, tapi ia lupa kalau justru kenikmatan harta dan kekayaaan yang ia miliki selama ini, adalah itu ujian dan cobaan bagi dirinya.

Oleh karenanya, dalam kondisi apapun kita, apakah itu kita sedang senang dengan rizki yang berlimpah maupun dengan kekurangan harta, sesungguhnya kita sedang diuji oleh Allah swt. Selalu bersabar dan bersyukur, serta ikhlas menerima cobaan dari Allah. Dan yakinlah kalau Allah akan menaikkan derajat kita apabila kita mampu menerima serta menggantungkan cuma kepada Allah azza wa jalla.

 

Paling Banyak Dicari:

  • allah menguji kita dengan masalah
  • allah merahasiakan masa depan
  • mengapa allah merahasiakan masa depan
  • penyebab allah merahasiakan masa depan
  • tuhan merahasiakan masa depan
error: Content is protected !!