5 Langkah Penting Jika Anak Cegukan

Cegukan pada anak kecil memang biasa terjadi, namun tidak banyak orang yang tahu apa penyebab cegukan pada diri seseorang. Banyak yang menganggap cegukan adalah peristiwa yang normal yang terjadi pada anak kecil maupun pada orang dewasa sekalipun. Namun tahukah Anda apa yang terjadi dan langkah penting apa jika cegukan terjadi pada anak kecil?, berikut 5 langkah penting jika anak cegukan.

5 Langkah Penting Jika Anak Cegukan

Cegukan adalah peritiwa alami yang terjadi pada diafragma tubuh secara spontan. Peritiwa ini akan terjadi selama beberapa menit dan terus berulang-ulang setiap beberapa detik sampai akhirnya cegukan itu hilang dengan sendirinya atau dengan perawatan medis. Dengan masuknya udara secara spontan ke dalam paru-paru sehingga menyebabkan suara “hik” pada orang yang mengalami cegukan.

anak-cegukan

Untuk orang dewasa yang sudah tahu cara menghentikan cegukan adalah dengan menahan nafas untuk sementara ketika cegukan sedang terjadi, lama kelamaan cegukan-pun akan hilang dengan sendirinya. Namun bagaimana jika cegukan itu terjadi pada anak kecil yang tidak tahu cara menghentikan cegukan?.

baca juga : manfaat tidur siang untuk anak

Penyebab terjadinya cegukan pada anak kecil dan dewasa

cegukan bisa terjadi pada siapa saja, walau peristiwa ini jarang terjadi namun cegukan bisa saja mengganggu aktifitas pada orang dewasa. Namun tidak ada salahnya jika kita mengetahui penyebab umum cegukan yang bisa terjadi pada anak kecil ataupun pada orang dewasa, antara lain:

1. Makan terlalu cepat atau buru-buru

Cegukan terjadi apabila kita terlalu cepat dalam menelan makanan sehingga rongga udara dalam diafragma akan terisi udara yang terbawa dengan makanan yang kita telan dengan buru-buru, lalu paru-paru akan spontan berkontraksi karena udara yang masuk tersebut dan menyebabkan cegukan.

2. Minum dingin setelah makan panas dan juga makanan pedas

Cegukan bisa terjadi ketika kita minum air dingin setelah memakan sebuah makanan yang panas atau juga pedas. Sebenarnya juga minum dengan air dingin tidak dianjurkan setelah kita memakan makanan panas, sebab ini akan merusak alat pencernaan yang “kaget” secara tiba-tiba karena perubahan suhu asupan makanan yang masuk kedalam tubuh.

3. Karena suhu dingin akibat pendingin udara atau kipas angin

Usahakan agar suhu ruangan cukup dan tidak terlalu dingin dan jauhkan posisi kipas angin dari tubuh, sehingga tidak terlalu terasa anginnya. Ini penting karena pendingin udara dan kipas angin juga bisa menyebabkan cegukan. Cegukan juga bisa terjadi akibat perubahan suhu yang diterima oleh tubuh.

4.Tertawa terbahak-bahak

Tertawa bisa jadi sehat, namun jika terlalu keras dan lama akan bisa menyebabkan cegukan karena pada proses tertawa tersebut ada udara yang masuk kedalam rongga difragma dan menyebabkan cegukan.

Berikut 5 Langkah Penting Jika Anak Cegukan

Setelah kita mengetahui penyeb cegukan diatas, jadi langkah-langkah apa yang harus dilakukan jika cegukan terjadi pada anak?, berikut hal yang bisa kita lakukan untuk menghentikan cegukan anak, antara lain:

1. Kantong kertas

Mintalah anak Anda untuk bernafas dengan kantong kertas yang bersih dan higienis, lakukan berulang-ulang sampai akhirnya cegukan yang dialaminya reda dan hilang sama sekali. Bernafas dengan kantong kertas berfungsi agar kerja paru-paru menjadi normal akibat cegukan yang menyebabkan kerja paru-paru menjadi terganggu akibat udara yang masuk secara tiba-tiba.

2. Air hangat

Berikanlah air hangat kepada anak cegukan. Air hangat berfungsi agar otot di dalam paru-paru menjadi hangat karena perubahan suhu yang menyebabkan cegukan.

3. Posisi tubuh

Mintalah kepada anak anda yang sedang cegukan untuk mengambil posisi tidur dengan kedua kaki ditekuk kedalam perut, tahan sebentar dengan nafas yang perlahan-lahan agar bisa menghilangkan cegukan.

4. Gula pasir

Berikanlah satu sendok gula pasir kepada anak cegukan. Gula pasir juga bisa menghilangkan cegukan pada anak-anak maupun pada orang dewasa.

5. Bernafas pelan

Biasanya cegukan akan mudah hilang dengan cara ini. Mintalah anak Anda untuk bernafas dengan perlahan dan tahan dalam hitungan detik kemudian keluarkan secara perlahan agar cegukan anak bisa dihilangkan.

baca juga : cara meningkatkan minat baca anak

Demikian tadi seputar 5 Langkah Penting Jika Anak Cegukan, semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam menghilangkan cegukan pada anak.

Paling Banyak Dicari:

  • balita cegukan setelah tertawa
  • jika tertwa terbahak bahak si anak akan cegukan
  • kenapa anak kalau ketawa terbahak bahak terus cegukan
  • kenapa anak kalau ketawa terbahbahak terus cekukan
  • kenapa kalau tertawa terbahak bisa cegukan
error: Content is protected !!