Bagaimana Membangkitkan Minat Baca Anak Yang Paling Mudah

Membaca bagi anak sangat penting. Di usianya yang masih belia, seorang anak perlu dibimbing agar rajin dalam membaca. Membaca buku adalah jendela dunia. Dengan rajin membaca buku maka sang anak akan mengetahui pintu ilmu pengetahuan yang tidak didapatkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Namun bagaimana jika minat membaca anak kurang. Berikut tips membangkitkan minat baca anak berikut ini.

Membaca adalah hal yang penting dalam masa pendidikan. Membangkitkan minat baca anak bisa kita lakukan tanpa harus membuat anak merasa tertekan dan bosan. Salah satu cara agar menunbuhkan serta membangkitkan minat baca adalah dengan memperkenalkan dunia bacaan kepada anak sejak dini.

baca juga : cara belajar anak di usia dini

Di usia dini, anak akan tajam ingatannya kepada hal-hal yang yang membuat ia suka dan ingin menjelajah lebih jauh lagi tentang dunia baru yang ia temukan.

Memperkenalkan dunia baca sejak kecil, apalagi ketika masih dibawah umur tiga tahun, akan banyak sekali manfaatnya. Buku-buku cerita bergambar atau buku dongeng bisa anda berikan serta sajikan kepada buah hati dalam memperkenalkan dunia baca untuk si kecil.

minat baca anak

Jangan hanya memberikan bacaan saja, namun peran anda sebagai orang tua sangat mempengaruhi anak dalam menyukai bacaan yang diberikan kepadanya.

Luangkan waktu untuk bercerita seputar buku bacaan yang anda belikan. Bacakanlah buku-buku dongeng yang pastinya semua anak-anak suka.

Selain itu ajaklah si buah hati untuk sama-sama membeli buku kesukaannya di toko buku terdekat pada hari libur. Ini juga merupakan sugesti kepada si anak agar mencintai dan menyenangi dunia membaca.

baca juga : Liburan keluarga di akhir pekan

Jangan pernah memaksakan anak untuk membaca buku dalam situasi yang tidak mereka inginkan. Biarkan membaca buku menjadi sebuah kebutuhan bagi mereka. Dengan memberikan arahan serta membimbing anak agar mencintai dunia baca, orang tua bisa memberika alternatif bacaan yang lain agar anak tidak terlalu bosan dalam membaca buku yang sejenis.

Gemar membaca juga memberikan hal yang positif didalam keluarga, misalnya dalam hal berkomunikasi dengan sesama anggota keluarga. Setelah membeli buku dan membacanya, biasakan adakan “bedah buku” yang bisa dilakukan di sela-sela waktu istirahat keluarga atau di kala berkumpul dengan keluarga.

Membahas buku baru akan terasa menyenangkan bagi sang anak, jika kedua orang tua berperan aktif dalam menanyakan perihal bacaan yang telah di baca oleh buah hati mereka.

Dengan kegiatan positif seperti diatas, tidak heran jika anak merasakan keberadaannya ketika mereka mengutarakan pendapatnya tentang buku yang baru mereka baca dihadapan orang tua dan saudara-saudaranya.

Tips membangkitkan minat baca anak juga bisa dilakukan dengan cara mengajak anak untuk aktif dalam perpustakaan. Jika memungkinkan ajaklah anak untuk membuat perpustakaan mini yang bisa di buat di dalam rumah. Jika memungkinkan lagi buatlah perpustakaan tersebut terbuka untuk umum, dimana para tetangga bisa menikmati membaca di perpustakaan tersebut.

error: Content is protected !!