Bahaya Game Bagi Anak Yang Perlu di Waspadai Orang Tua

Bahaya Game Bagi Anak Yang Perlu di Waspadai Orang Tua. Permainan digital atau yang sering disebut dengan game, baik itu game secara offline maupun game online, saat ini semakin mengkhawatirkan. Banyak orang tua yang mengeluhkan tentang permainan/game (terutama game online) yang semakin hari semakin membuat anak mereka semakin malas untuk belajar dan berkonsentrasi pada pelajaran di sekolah. Hal ini membuat banyak orang tua yang harus tahu apa sebenarnya bahaya game bagi anak yang perlu diwaspadai.

Apa Saja Bahaya Game Bagi Anak Yang Perlu di Waspadai Orang Tua

Makin maraknya dunia game online, terlebih sekarang baru saja di launching game online yang terkenal di seluruh dunia yaitu Pokemon Go, membuat semua orang berlomba-lomba untuk mencoba permainan yang berasal dari negara sakura ini.

anak-sering-bertanya

Game Pokemon Go sangat menyita perhatian semua kalangan dan saat ini sangat digandrungi oleh anak-anak, dewasa bahkan orang tua juga ikut bermain Pokemon Go ini.

Baca artikel : Stop Membandingkan anak dengan yang lain ini alasannya

Sayangnya jika perkembangan game yang ada sekarang ini tidak diikuti dengan perhatian dari orang tua, maka anak-anak kita akan menjadi korbannya. Oleh karena itu mari kita fahami apa saja yang menjadikan anak kita keranjingan akan permainan game online ini dan bahaya game bagi anak apa saja yang bisa ditimbulkannya.

  1. Yang pertama anak akan cenderung selalu menyendiri dan menjauh dari pergaulan. Dengan semakin intens-nya perhatian anak kepada game, maka akan menyita banyak waktu si anak terhadap permainan yang ada di depan matanya. Anak perlu sosialisasi dengan teman-temannya, agar masa depannya cerah dan memiliki banyak teman di waktu kecil. Dengan bersosialisasi, maka anak akan mudah berkenalan dengan teman barunya, bercanda riang dan penuh tawa. Anak juga bisa saling berbagi kepada temannya. Berbeda jika ia terus bermain game yang tidak ada nilai sosialnya sama sekali.
  2. Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan dan jika ini tidak diperhatikan maka anak akan malas bergerak jika anak bermain game terus menerus. Dengan semakin lamanya anak bermain dengan game favoritnya maka anak akan semakin lama malas untuk bergerak dan berolahraga. Jadi perhatikan waktu anak bermain game, dan jangan terlalu lama.
  3. Pengaruh negatif dan bahaya game bagi anak lainnya adalah adanya tayangan yang tidak pantas untuk dilihat oleh anak seusianya. Barangkali di sela-sela game ada iklan yang mempertontonkan tayangan khusus dewasa atau adegan kekerasan. Tentunya ini sangat berbahaya dan membahayakan psikologis si anak.
  4. Kesehatan mata si anak mudah terganggu akibat terlalu lama memandang monitor atau gadget selama bermain game. Perhatikan jika si anak mulai mengucek-ngucek mata ketika ia belajar, atau ia terlalu dekat dengan televisi. Jika ini terjadi segera konsultasikan ke dokter spesialis mata untuk memeriksakan anak Anda, bisa jadi ini karena pengaruh game yang sering ia mainkan.
  5. Anak akan cenderung offensif atau menyerang dan tidak mau kalah dalam hal apapun. Ini terjadi karena memang game didesain untuk menguras perhatian pemainnya agar selalu menang. Apabila ia kalah maka ia akan terus mencoba sampai ia bisa memenangkan permainan yang ada di game tersebut. Akibatnya anak akan sering tidak mau mengalah dalam kehidupan sehari-harinya.

Lalu bagaimana solusinya agar anak tidak keranjingan bermain dengan game favoritnya, mungkin salah satu langkah dibawah ini bisa menjadi alternatif bagi Anda agar anak tidak terlalu lama bermain game online.

  • Pertama, atur jadwal bermain game anak. Selalu tekankan perhatian akan permainan apa yang sedang si anak gemari saat ini. Berbicaralah seakan-akan Anda adalah partner gamer bagi si Anak, dan galilah informasi yang lebih dari si Anak tentang game favoritnya. Dengan demikin Anda akan mendapatkan cukup informasi tentang game kesukaan si anak. Kemudian cari tahulah lewat media internet atau browsing di google tentang Ciri Anak yang Mulai Keranjingan Main Game. Nah dari situ kita bisa ambil kesimpulan apakah anak kita bermain yang berbahaya atau tidak.
  • Yang kedua adalah peraturan yang ketat dari orang tua tentang jam bermain game. Kalau kita sebagai orang tua terapkan jam bermain anak untuk nge-game dengan konsisten dan tegas, maka anak tidak akan bisa melanggar peraturan atau bermain dengan sembunyi-bunyi, karena paket peraturan kita sudah ada hukuman apabila anak melanggar peraturan tersebut.
  • Berilah hadiah atau souvenir bagi anak apabila ia menepati janjinya untuk bermain game tepat pada waktunya dan tidak melibihi batas waktu yang telah kita tentukan. Ini juga mengajarkan kepada anak tentang cara menghormati waktu.
  • Jangan pernah membelikan anak gadget yang terlalu mahal (memanjakan anak), karena jika anak terbiasa di kala kecil mendapatkan barang apa saja yang ia inginkan, ini tentu akan menjadikannya pemalas di masa depannya. Yang ia pikirkan semua bisa ia dapatkan dengan cepat dan serba instant.

Demikian tadi ulasan singkat tentang Bahaya Game Bagi Anak Yang Perlu di Waspadai Orang Tua . Nah semoga kita sebagai orang tua bisa mendeteksi dari awal bahaya game bagi anak ketika anak mulai senang bermain game dan menyendiri di kamar. Semoga Bermanfaat.

Baca artikel : 5 Tips Jitu Mengatasi Masalah Konsentrasi Anak

Paling Banyak Dicari:

  • anak kecil dibunuh karena game talking angela
error: Content is protected !!