Bahaya Kolesterol Ternyata Bisa Dihindari Pakai 5 Cara Mudah Ini

Siapa yang tidak tergiur oleh makanan pengundang bahaya kolesterol seperti sate kambing, gulai kambing, tongseng dan semua jenis makanan yang meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, semua orang pasti sangat tertarik untuk mencicipi makanan tersebut diatas. Kini sudah saatnya Anda untuk memperhatikan tingkat kolesterol dalam tubuh, walaupun usia Anda belum mencapai 40 tahun atau 50 tahun. Pola makan dan hidup sehat dan olahraga teratur menjadi garda terakhir yang bisa Anda praktekkan untuk mencegah bahaya kolesterol lebih parah lagi.

Kolesterol adalah zat yang ada dalam darah, ada 2 jenis kolesterol yang perlu Anda ketahui. Yang pertama adalah kolesterol baik atau yang sering disebut dengan HDL, dan jenis kedua adalah kolesterol jahat atau lebih dikenal dengan LDL. Kolesterol jahat sedikit banyak akan mempengaruhi laju darah dari dan ke jantung, sehingga tidak jarang orang akan terkena serangan jantung atau stroke akibat dari terlalu berlebih nya nilai atau kandungan kolesterol jahat yang ada dalam darah.

bahaya-kolesterol

Pola makan yang tidak seimbang serta kurangnya aktivitas fisik, menyebabkan orang tidak lagi memperdulikan kandungan kolesterol dalam darah, sehingga banyak yang terkena stroke atau serangan jantung secara mendadak tanpa sebab.

Itulah sebabnya, sejak dini kita harus memperhatikan pola makan yang sehat dan gizi yang seimbang serta banyak beraktifitas di luar ruangan agar peredaran darah semakin lancar dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Tips Menghindari bahaya kolesterol dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Sedikit info dan tips yang bisa Anda pakai untuk menurunkan kadar kolesterol dan untuk mengingatkan kita agar bahaya kolesterol bisa dihindari sejak dini. Adapun cara untuk menurunkan kolesterol dalam darah secara alami bisa Anda lakukan sebagai berikut :

1. Jaga Emosi dan hindari Stress

Tips ini sangat alami dan bisa kita latih dan mencoba untuk tidak stress. Stress memicu hormon yang bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh, karenanya cobalah untuk tidak emosi atau menjaga agar fikiran tetap tenang dan tidak cepat marah. Stress mudah sekali terpicu akibat aktifitas sehari-hari, seperti pekerjaan di kantor, masalah rumah tangga dan lain sebagainya.

Bahaya dari stress mengakibatkan seseorang akan melarikan efek stress dalam bentuk kegiatan mengkonsumsi makanan tanpa ada batasan, sehingga dengan demikian pola makan akan terganggu dan banyak makanan yang ber-kolesterol tinggi masuk kedalam perut.

Baca juga : Tips Untuk Mengatasi Stress

Latihlah pernafasan dengan perlahan untuk mencegah stress dan menahan emosi. Anda bisa lakukan ini secara rutin setiap hari agar kolesterol tetap terjaga dan tubuh semakin sehat.

2. Rutin berolahraga dan aktifitas fisik setiap hari

Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari bahaya kolesterol, ada baiknya jika Anda berolahraga dengan rutin setiap minggunya, tidak perlu setiap hari (jika rutin setiap hari lebih baik). Minimal 2 kali dalam seminggu Anda luangkan waktu selama 30 menit sampai dengan 1 (satu) jam untuk berolahraga fisik yang menguras tenaga.

Bila Anda merasakan keletihan akibat pekerjaan atau aktifitas sehari-hari, jangan menjadikannya alasan untuk tidak berolah-raga. Para pakar menyebutkan ketika seseorang merasakan keletihan karena aktifitas pekerjaan, berolahraga justru akan membuat badan menjadi lebih segar dan bugar.

Olahraga yang bisa dilakukan untuk menghindari bahaya kolesterol bermacam-macam, antara lain dengan fitness, berenang, dan bisa juga dengan manfaat futsal dengan teman-teman.

3. Makan makanan sehat penurun kolesterol

Kini waktunya Anda merubah pola makan dengan mengkonsumsi lebih sering lagi makanan penurun kolesterol seperti tomat, blueberry, alpukat, anggur dan bawang putih. Makanan tersebut dipercaya sangat ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Dan hindari makanan yang digoreng dengan minyak (kecuali digoreng dengan minyak sayur atau minyak jagung). Perbanyak juga minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi atau kehilangan banyak cairan. Minum air putih yang cukup juga dianjurkan para ahli selain untuk kesehatan juga untuk membantu menurunkan kolesterol.

Ganti makanan karbohidrat dengan gandum, selain sehat gandum akan cepat menyerap kolesterol dalam darah sehingga kolesterol tidak meninggalkan plak dalam arteri. Jika Anda tidak terlalu suka dengan gandum, Anda bisa mengkombinasikan dengan buah-buahan atau susu low-fat agar rasa gandum tercampur dengan buah yang manis.

4. Jalan-jalan di Mall

Siapa bilang kalau jalan di mall itu tidak sehat, justru bagi penderita kolesterol tinggi sangat berguna sekali untuk menurunkan kolesterol. Para dokter menyarankan agar rutin melakukan latihan cardio atau berlari dalam treadmill dalam 3 kali seminggu, ini bisa Anda ganti dengan mencoba berlatih selama sepuluh menit berjalan-jalan di pusat perbelanjaan atau mall yang ada di kota Anda, jadi selain bisa mencuci mata, kaki-pun menjadi sehat dan tulangpun kuat serta bisa menurunkan berat badan.

Baca juga : Beres Beres Rumah di Akhir Pekan

Dan pastinya jangan tergoda dengan makanan atau jajanan yang tidak sehat ketika Anda berjalan-jalan di mallm, sebab niat Anda adalah untuk sehat dan menurunkan berat badan, bukan untuk hunting kuliner, oke?.

5. Kendali di tangan Anda

Dalam menurunkan kolesterol dalam darah butuh pengorbanan serta keteguhan dalam memegang kendali diri Anda, seperti tidak mudah terpancing stress, emosi, mudah merusak pola makan akibat menu yang menggoda selera. Jika Anda berniat untuk bisa menurunkan kolesterol, maka Anda harus konsisten dalam segala tindakan yang mendukung program Anda dalam hidup Anda.

Demikian artikel tentang bahaya kolesterol ternyata bisa dihindari dengan mudah, karena mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Silahkan dibagikan artikel ini untuk keluarga, teman dan sahabat Anda. Baca juga artikel kami tentang 7 Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

error: Content is protected !!