HOME
Home » Anak » 4 Cara Efektif Belajar Anak Usia Dini

4 Cara Efektif Belajar Anak Usia Dini

Posted at November 5th, 2014 | Categorised in Anak

Anak yang berusia 1-6 tahun biasa disebut sebagai usia emas atau golden age, dimana pada saat itu apapun pengaruh dalam lingkungannya akan membentuk karakter dan kepribadiannya. Karena itu pada usia dini sangat penting untuk memberikan buah hati Anda makanan yang seimbang, bergizi dan stimulasi yang positif dan intensif untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak Anda. salah satu cara efektif belajar anak usia dini yang dapat diterapkan untuk membuat buah hati tumbuh menjadi anak yang kreatif dan cerdas adalah dengan bermain sambil belajar.

Sebelum menjalankan berbagai cara belajar anak usia dini baik yang sederhana maupun yang cukup rumit untuk menguji tingkat kecerdasan mereka, ada baiknya bila Anda mengenali berbagai karakter khas anak-anak, diantaranya adalah :

  • Anak sangat antusias terhadap hal yang baru karena memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap berbagai hal
  • Anak memiliki energi yang seolah tanpa batas dan sangat aktif
  • Anak berperilaku sangat spontan baik dalam tindakan maupun ekspresi wajah
  • Setiap anak memiliki keunikannya masing-masing
  • Anak memiliki sifat egosentris yang perlu mendapat bimbingan orang yang lebih dewasa (orang tua)
  • Anak memiliki sifat yang penuh dengan fantasi dan berjiwa petualang
  • Anak biasanya lebih mudah frustasi
  • Anak kurang memiliki pertimbangan saat melakukan atau bertindak
  • Anak umumnya memiliki kemampuan fokus yang pendek

Dengan pertimbangan berbagai karakter khas anak-anak diatas maka penting bagi Anda baik sebagai orang tua maupun pembimbing belajar anak usia dini untuk menerapkan pola yang dapat membuat anak-anak merasa nyaman saat bermain dan tanpa mereka sadari pada proses bermain tersebut otak dan karakter mereka sedang mengalami perkembangan yang positif.

Berikut ini 4 cara efektif belajar anak usia dini yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :

1. Memberikan anak buku mewarnai

Mengenali warna merupakan bagian dari belajar anak usia dini yang bukan hanya bermanfaat untuk mengenali banyak warna akan tetapi juga menstimulasi berbagai warna disekitar mereka, anak-anak selalu memiliki banyak imajinasi dan fantasi yang terkadang diluar bayangan orang dewasa.

baca juga : menumbuhkan minat baca anak

Dengan memberikan mereka buku gambar atau buku mewarnai maka dapat membuat mereka banyak mengenali warna belajar dalam menggabungkan berbagai warna dalam sebuah obyek gambar. Namun anda harus berhati-hati karena anak terkadang memasukkan apa yang berada ditangan mereka dan menarik perhatian mereka, karena iitu sebaiknya Anda harus menjadi pembimbing yang setia untuk buah hati Anda.

2. Menstimulasi anak dengan belajar mengenali benda-benda yang berada dilingkungan sekitarnya

Salah satu cara efektif belajar anak usia dini adalah dengan mengajak buah hati sejenak keluar dari rumah untuk berjalan-jalan disekitar lingkungan rumah agar mereka tidak bosan berada dirumah sepanjang hari dan memperkenalkan mereka benda-benda di sekitar rumah seperti pohon, bunga, rumput, motor, mobil, dan yang lainnya. Selain itu anak juga memerlukan teman untuk diajak bermain dan berkomunikasi.

3. Lebih banyak permainan daripada belajar

Karakter anak yang paling khas adalah perubahan mood yang cepat, dimana mereka memiliki kecendrungan cepat bosan, karena itu apabila mereka sedang tidak bersemangat untuk belajar janganlah dipaksa, ada baiknya bila Anda mendampinginya bermain, hal ini akan membuat Anda semakin mengenali karakternya, mengetahui apa yang tidak disukai dan disukai, dan mempererat ikatan emosional dengan anak Anda.

Baca juga : ciri-ciri anak yang sering bertanya

4. Mengajaknya bernyanyi atau menari bersama

Nyanian yang dengan kata-kata yang berirama dan diiringi dengan gerakan-gerakan yang lucu akan menarik perhatian anak-anak, dan cara ini dapat membuat mereka lebih bersemangat. Dengan bernyanyi buah hati Anda akan mempelajari banyak kosa kata baru dan dengan bergerak dapat membuat tubuh mereka lebih aktif dan sehat.

Empat cara efektif belajar anak usia dini diatas sangat mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan pengaruh yang sangat positif dalam proses tumbuh kemban buah hati kesayangan Anda.

Comment Closed: 4 Cara Efektif Belajar Anak Usia Dini

Sorry, comment are closed for this post.

Related Post to 4 Cara Efektif Belajar Anak Usia Dini

Perhatikan Asupan Gizi Dan Nutrisi Si Kecil, Agar Tumbuh Kembangnya Sempurna

Posted at April 29, 2018

Usia balita adalah usia-usia emas perkembangan seorang anak, sebagai orang tua anda harus bisa memenuhi Asupan Gizi dan Nutrisi si Kecil agar Kesehatan Anak... Read More

Mengajarkan Hidup Sehat Sejak Dini itu Penting

Posted at April 26, 2018

Memiliki Anak yang Sehat dan berkembang dengan baik adalah idaman setiap orang tua. Tidak ada orang tua yang bahagia melihat Tumbuh Kembang Anaknya terganggu.... Read More

Cara Bagaimana Anak Menjadi Patuh Kepada Orang Tua

Posted at February 3, 2017

Anak  adalah titipan Allah swt. yang harus kita jaga dan dibesarkan dengan penuh kasih sayang. Banyak anak yang bisa membantu orang tuanya mendapatkan surganya,... Read More

Bahaya Game Bagi Anak Yang Perlu di Waspadai Orang Tua

Posted at July 31, 2016

Bahaya Game Bagi Anak Yang Perlu di Waspadai Orang Tua. Permainan digital atau yang sering disebut dengan game, baik itu game secara offline maupun game... Read More

Stop Membandingkan Anak Anda Dengan Yang Lain Ini Alasannya

Posted at February 26, 2016

Stop Membandingkan Anak Anda Dengan Yang Lain Ini Alasannya. Anak adalah karunia Tuhan yang tidak boleh disia-siakan dan harus dididik serta dibesarkan dengan kasih sayang... Read More


error: Content is protected !!