Ini Cara Klaim BPJS Online atau e-klaim Tolong Persiapkan dokumennya

Ini cara klaim BPJS Online atau e-klaim. Sudah lama ingin mencairkan dana BPJS (dulu namanya jamsostek), tapi karena terkendala waktu, akhirnya alhamdulillah, bisa saya laksanakan hari ini. Jumat 13 Mei 2016. Dari pagi sudah bersiap-siap untuk pergi menuju kantor BPJS ketenagakerjaan di daerah Bogor, jalan Pemuda. Karena pengalaman dulu mencairkan dana jamsostek di bilangan fatmawati, jakarta selatan, antriannya mengular sampai keluarg gedung jamsostek waktu itu. Akhirnya inisiatif untuk berangkat lebih pagi untuk klaim BPJS secara online atau e-klaim.

Apa saja yang harus dibawa untuk mencairkan dana BPJS secara online

Akhirnya dengan semangat 45 untuk bisa mencairkan dana BPJS yang kali kedua, saya mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari agar pengurusan di kantor BPJS ketenagakerjaan berjalan dengan lancar. Bermodal pengalaman pertama kali mencairkan dana jamsostek beberapa waktu tahun yang silam. Saya persiapkan segala sesuatu dengan sempurna, awalnya sih cari tahu dari teman-teman atau rekan-rekan seperjuangan. Akhirnya dengan mantab si gambot (panggilan motor kesayangan;red) kupacu dengan kencang menuju kantor BPJS Bogor.
IMG_20160513_080408

Sebagai informasi, saya sudah siapkan beberapa kelengkapan dokumen untuk bisa mencairkan dana BPJS, antara lain adalah :

  1. Fotokopi KTP dan aslinya dibawa/ditunjukkan.
  2. Fotokopi buku rekening tabungan atas nama kita sendiri dan aslinya dibawa.
  3. Fotokopi surat keterangan kerja/parklaring dan aslinya dibawa.
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan aslinya diikutsertakan.
  5. Fotokopi kartu peserta Jamsostek dan aslinya dibawa.

Informasi ini dulu saya dapatkan karena menjadi tenaga kerja kontrak, jadi langsung saya siapkan semuanya. Dan Alhamdulillah antriannya sudah mengular ke depan lahan parkiran. its okeylah. Akhirnya menunggu mendapatkan nomor antrian. Nah pas sudah sampai di mesin nomor antrian, ada petugas yang memberikan nomor antrian.

Sampai disini saya ditanya, “sudah daftar online pak?”. Glekk OMG!……ternyata harus kudu daftar online. “belum mba, hehe…harus daftar online dulu ya? jawab saya dengan nada miris pura-pura bego. “Iya pak, Bapak daftar dulu nanti bawa hasil print dari email baru Bapak bisa cairkan dana BPJS milik Bapak”.

Akhirnya dengan lemas saya tinggalkan kantor BPJS dan memburu komputer di rumah untuk daftar online klaim dana BPJS ketenagakerjaan.

Jadi kesimpulan saat ini jika Anda ingin mencairkan dana BPJS, maka daftarlah secara online. Kemana daftarnya? ini dia link-nya

https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim/

Silahkan login ke alamat url diatas, dan siapkan dokumen-dokumen yang diminta dalam bentuk hasil scan (format pdf) dan minimal 100kb.

Sampai disini saya langsung pulang dan menyalakan kompor komputer saya. Untungnya saya sudah men-scan beberapa dokumen penting seperti Kartu Keluarga dll. Walhasil langsung di upload dan Voallaa….!!, servernya error setelah rada lama menunggu diunggah. hikss…OMG again deh.

Baca juga : Cara mendapatkan serial number paytren

Okee..mungkin servernya sedang maintenance atau apa. Akhirnya saya coba lagi sampai 4-5 kali. Dan hasilnya sama seperti yang pertama kali. Dan tidak menunggu lagi akhirnya saya telpon call center BPJS di nomor 1500910. Dan saya menceritakan perihal klaim dana BPJS secara online yang sudah saya lakukan dan sepertinya tidak berhasil dan tidak ada balasan email.

Jawaban dari CS BPJS saya harus menunggu selama 3×24 jam untuk mendapatkan balasan email tadi. Alhamdulillah (pokoknya Alhamdulillah aja dulu deh hehe). Akhirnya saya pun harus menunggu sampai 3 hari. Jika setelah 3 hari tidak ada email notifikasi, saya diharuskan menghubungi mereka lagi.

Btw, sebelum saya pulang dari kantor BPJS, saya sempat ni moto spanduk bagaimana mencairkan dana JHT dari BPJS.

cara klaim bpjs online

Demikian pengalaman saya mencairkan dana JHT. Semoga pengalaman ini bisa mencerahkan Anda sebelum Anda melakukan cara klaim BPJS Online atau e-klaim Tolong Persiapkan dokumennya.

Lanjutan klaim BPJS e-klaim secara online.

Hari ini saya ingin menceritakan bagaimana sulitnya e-klaim jht dengan cara online. Pertama saya klaim pada Senin 16 Mei 2016, saya berkali-kali gagal meng-upload dokumen ke server BPJS, dengan alasan server krodit (#indonesia).

server-bpjs

Berkali-kali saya ulangi upload tetap tampilannya seperti diatas. Akhirnya saya telpon ke nomor kantor BPJS Bogor dengan nomor 0251-8318179 dan walhasil nomor tersebut sibuk dan kadang seperti tidak diangkat (atau sengaja ditaruh sembarang dan tidak mau melayani via telpon?, Wallahu’alam). Lalu saya coba kontak nomor CS BPJS di nomor 1500910, langsung nyambungin ke CS nya dan CS nya bilang saya harus nunggu 3X24 jam alias 3 hari (karena alasan server yang krodit diatas…oke saya sabar menunggu dan jika belum ada email pemberitahuan, saya disuruh telpon CS nya lagi)

Pada hari kamisnya tanggal  19 Mei 2016, saya membuka lagi website e-klaim dan berhasil submit dengan sukses ke server BPJS, dan saya pun mendapatkan email verifikasi sukses pendaftaran klaim JHT. dan disuruh untuk menunggu sampai pukul 19.00 di hari berikutnya, karena hari itu kamis, mungkin fikiran saya jumat baru mereka selesai memprosesnya.

Oke jumat ternyata belum ada email, baru hari ini, selasa 24 Mei 20016, saya buka email dari BPJS bahwa upload image saya tidak terbaca sistem…OMG…! dan saya disuruh mengulang untuk pendaftaran secara e-klaim lagi. Dan peristiwa minggu kemarin pun terjadi lagi hari ini, server ternyata krodit kembali..huft..(dan kalau nelpon CS nya lagi, pasti jawabannya akan sama yaitu menunggu 3X24 jam). #ohindonesia.

EKLAIM-bpjs

Oke, sampai sini saya ga mau putus asa, langsung nelpon CS pusat saja, walhasil rekomendasi dari CS pusat menyuruh saya mendatangi kantor cabang BPJS Bogor (lagi ? dan untuk kali kedua..lumayan lho 30km), dan wuss……langsung saya menuju kesana, ternyata disana disapa dengan manis oleh satpam, katanya untuk pendaftaran dibawah tanggal 20 Mei dibatalkan dan disuruh untuk upload kembali…helahdalahhhh….dengan sedikit senyum kecut saya bilang “pak ini saya sudah upload lagi tadi pagi, dan servernya error lagi, trus saya ga bisa upload lagi, soalnya ada tulisan “Anda pernah melakukan klaim sebelumnya dengan data sebagai berikut ini.”.

Si Satpam keukeuh untuk bilang saya upload lagi (tepok jidat).

Inilah pengalaman saya mencairkan dana JHT online yang katanya menjadi solusi agar menghindari antrian panjang di kantor JHT, namun nyatanya harus lebih belajar sabar lagi kalau mau e-klaim online dana JHT. Kalau sudah begini apalah daya. #indonesia

Baca juga artikel : Ini cara mudah mendapatkan tiket kereta jelang lebaran

Paling Banyak Dicari:

  • eklaim bpjs
  • eklaim
  • e klaim bpjs gagal
  • bpjs ketenagakerjaan e klaim
  • e klaim bpjs
  • e-klaim bpjs
  • e klaim
  • e klaim bpjs ketenagakerjaan
  • e-klaim
error: Content is protected !!