Cara Mencairkan Dana Jamsostek BPJS Eclaim Online Part 2

Bismillahhirrahmanirrahim. Beberapa waktu yang lalu saya sempat posting bagaimana cara mencairkan dana jamsostek BPJS Eclaim online di blog ini. Alhamdulillah kemarin saya coba lagi, karena waktunya pas dengan saat saya cuti, makanya saya coba lagi untuk mencairkan dana di BPJS dengan cara Eclaim yang pernah gagal waktu itu. Alhamdulillah kini sudah selesai dan tinggal menunggu cairnya saja. Nah saya akan berbagi tips kepada Anda bagaimana proses mencairkan dana BPJS dengan cepat dan mudah.

Mendaftar di website BPJS Online

Jika Anda sudah mendaftar di website BPJS online, maka Anda bisa langsung bisa claim dana BPJS (dulu jamsostek) Anda dan memasukkan data-data atau lampiran yang dibutuhkan, antara lain : KTP, Kartu Keluarga, Kartu Jamsostek, Buku Rekening Bank yang masih berlaku dan parklaring atau surat keterangan bekerja di perusahaan terakhir Anda.

Sekali lagi ini alamat BPJS online eclaim : https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim/

Oh ya sebelumnya Anda akan mendapatkan notifikasi berupa nomor PIN untuk dimasukkan ke website BPJS ketika Anda mengisi aplikasi (eclaim) disitu. PIN akan dikirim via email / nomor Hape yang Anda masukkkan.

Jika semua data atau lampiran diatas sudah anda scan (dalam bentuk PDF/JPG), maka proses selanjutya adalah menunggu kabar via email (biasanya) dan disitu Anda akan diberitahu kalau proposal Anda sedang diproses dan akan diberitahukan dalam waktu yang tidak lama, paling lama pukul 19.00 WIB hari kerja berikutnya.

Eclaim BPJS Ternyata Cepat Jika Tahu Kenapa Asalannya

kenapa saya memposting cara eclaim Dana BPJS Jamsostek lagi, sebab dari bulan kemarin saya sudah menunggu sekitar 1 bulan untuk mengulang dan mengulang proses eclaim BPJS ke kantor BPJS di Bogor, namun hasilnya mengecewakan.

Akhirnya hari senin kemarin (11/07/16) saya mencoba “peruntungan” agar bisa menarik dana BPJS secara online (eclaim). Karena masih ada waktu cuti 2 hari (senin dan selasa), saya coba apply aplikasi eclaim ke BPJS yang sebelumnya selalu gagal dan gagal..#galau.

Paginya saya langsung nyalakan komputer dan mencoba upload data-data yang sama ke website BPJS dan kali ini saya coba PINDAH alamat kantor BPJS, yang sebelumnya saya tuju di Bogor, kini saya GANTI dengan kantor BPJS Cilandak Jakarta Selatan (kebetulan dekat dengan kantor lama saya). Dan Alhamdulillah bisa terkirim dengan sempurna (lain halnya ketika upload dengan tujuan kantor BPJS Bogor….hadeeeehh #CPD).

Baca juga : Cara Eclaim BPJS Online Part 1

Kabar itu akhirnya datang begitu cepat, pagi hari pukul 9:51 saya mencoba eclaim dana jamsostek, sorenya sekitar jam 15.10 saya sudah mendapat balasan dari jamsostek untuk datang keesokan hari (12/07/16) ke kantor BPJS cabang cilandak. Alhamdulillah akhirnya bisa juga.

Eiit…tunggu dulu, jangan senang dulu. Ada sedikit tugas negara juga ni, ternyata sebelum kita ke kantor BPJS , kita harus melampirkan “legalisir” parklaring kita ke suku dinas ketenagakerjaan. Kebetulan kantornya di walikota Jakarta Selatan. Wah ini dekat jaraknya dengan kantor BPJS Cilandak, jadi sekalian saja sebelum ke BPJS, saya mampir dulu ke walikota untuk legalisir parklaring saya.

Sampai di Dinas Ketenagakerjaan, ternyata masih sepi (mungkin masih pada lebaran kali yah..). Saya disuruh nunggu sebentar. Ga lama dipanggil dan diminta fotokopi Parklaring saya, lalu kemudian distempel dan di tandatangani oleh petugas.

cara-cairkan-jamsostek-bpjs-eclaim-online1

“Udah ni pak?,’ tanya saya (kok cepet banget). Ah ya sudah kalau sudah dapat stempel, langsung saja ngacir ke Cilandak.

Proses Selanjutnya pencairan dana BPJS eclaim secara online

Sesampai di Cilandak Kursi antrian sudah penuh, dan saya langsung ke petugas satpam yang ada didalam sebelah kanan pintu masuk.

“Eclaim ya pak?, langsung saja ke meja No.2”..widddiiiih ternyata cepet banget masbro. Si Pak satpam ngasih map ke saya dan saya masukkan berkas2 yang diperlukan ke meja No.2)

Oh ya jangan lupa untuk print lembaran di email Anda formulir yang sudah diisi oleh BPJS, nanti Anda akan menyalin kembali di kantor BPJS tujuan.

kalau sudah memberikan berkas eclaim di meja No.2, saya diberikan nomor Antrian dan saya disuruh menyalin formulir yang diberikan via email ke formulir baru. Setelah itu ga lama setelah saya salin, nomor urut saya dipanggil. waduh cepet amat ya heheeehe.
cara-cairkan-jamsostek-bpjs-eclaim-online

Langsung menuju meja no. 3, disitu saya verifikasi nomor hape, nama ibu, dan rekening bank, trus saya diphoto (cuma ga bisa gaya selfie…), dan proses selesai, saya diberikan formulir copy-nya dan nomor hape serta format jika transferan belum diberikan selama 7 hari kerja. Ahhh…lega deh rasanya. Semua pengunjung pasti bingung kok saya bisa cepet banget prosesnya…hehe eclaim donk eclaim (sombong…kemarin gagal ngeluh mulu…haha…iya deh maaf).

Nah yang jadi pertanyaan, kenapa bulan kemarin susah banget mau eclaim ke kantor BPJS cabang Bogor?, mungkin mereka lelah (karena banyak yang eclaim jelang lebaran barang kali yah…)

Karena waktu menunjukkan masih jam 9 pagi, saya putuskan saja pulang karena hari itu saya masih cuti dan saya ingin melanjutkan liburan cuti saya dan besoknya sudah masuk kerja lagi. Selamat ya buat yang mau eclaim dana BPJS secara online, semoga prosesnya dilancarkan Aamiin ya robbal alamin.

Paling Banyak Dicari:

  • eclaim
  • cara mencairkan dana jamsostek online
  • ecalim
  • eclaim#spf=1
  • paytren jamsostek
error: Content is protected !!