Cara Merawat Motor Bebek Honda Karisma 2004

Cara Merawat Motor Bebek Honda Karisma 2004– Motor merupakan alat transportasi yang sangat vital untuk kita berkendara sehari-hari. Memiliki motor terutama di daerah padat lalu lintas seperti Jakarta menjadi sebuah keharusan bagi orang yang ingin bepergian. Bagi yang apik merawat motor tentunya bukan masalah ketika motor tiba-tiba mengalami kerusakan mendadak atau kerusakan parah. Terlebih apabila motor yang kita miliki adalah motor-motor lama yang sudah berpuluh-puluh tahun. Seperti nasib si honda karisma tahun 2004 yang saya tunggangi untuk operasional sehari-hari.

Honda karisma tahun 2004 adalah generasi kedua setelah karisma 2003 diluncurkan. Memiliki bodi gambot (gemuk:red) dan tanki bensin yang super besar, sehingga motor ini memang pantas untuk tunggangan jarak jauh atau biasa disebut tunggangan para rider. Honda bebek karisma 2004 memiliki harga jual motor yang sangat kompetitif dibanding dengan motor lain dari pabrikan yang berbeda. Kita tahu kalau harga jual motor Honda sangat bervariasi namun masih berada pada kisaran harga jual yang lumayan tinggi.

Baca juga : 6 Tips Membeli Mobil Baru Paling Update

Saya pernah brosing untuk harga seken motor honda Karisma tahun 2004 milik saya, ternyata harganya 4 jutaan, hmm…mulai dari harga 14 juta saat itu (2004) kini sudah hampir 11 tahun harganya mlorot menjadi 4 juta, sayang juga kalau ingin dijual.

Motor perlu yang sering diservis atau langsung diperbaiki jika ada yang tidak enak, soalnya jika satu penyakit tidak langsung ditangani, biasanya akan merembet pada komponen-komponen yang lainnya.

Ternyata pendapat diatas sangat benar adanya. Motor karisma 2004 yang saya punya pada awalnya cuma mengeluarkan asap putih tipis, namun lama kelamaan asap tersebut menjadi asap yang besar dan mulai mengganggu para rider yang dibelakang motor saya, upss..sorry bro.

Walhasil setelah diperiksa dan dicek keberadaan penyakitnya, ternyata motor karisma tersebut divonis telah menderita penyakit kronis berupa masuknya oli kedalam ruang pembakaran, inilah yang menyebabkan asap putih mengepul dibelakang motor ketika sedang ditunggangi.

Penanganan Masalah Motor Honda Karisma 2004 Yang Mengeluarkan Asap

Setelah di buka riwayat hidup motor ini, ternyata dulu pernah mengalami hal serupa, dan penanganan yang diambil kala itu adalah dengan men-skir klep sebesar 25 (ada 3 skir klep yaitu 25, 50 dan 75). Nah berarti kalau kasusnya seperti karisma saya, saya harus skir klep dengan besaran 50 atau 75. Namun menurut pengakuan montir yang meng-handle motor, dia menyarankan untuk di-standard-kan saja kembali yaitu dengan mengganti blok mesin dan semua “jeroan” yang ada di dalam mesin motor karisma 2004 tersebut.

Walhasil saya memilih untuk mengganti blok mesin dengan blog mesin yang baru, dengan total biaya untuk semua alat sebesar 1,2 juta rupiah sudah termasuk ongkor bongkar mesin dan waktu pengerjaan selama 3 jam.

tips-merawat-honda-karisma-2004
Kini motor kembali menjadi standard dengan bunyi motor yang seperti masih perawan..Duh begini nih kalau tidak awas dengan perawatan motor secara berkala, jadinya akan mengerikan bila harus mengganti semua komponen motor yang seharusnya bisa diatasi jika di servis dengan teratur dan berkala. Sebab kalau begini bisa menjadi pengeluaran yang tidak terduga, yang mau tidak mau harus kita keluarkan untuk operasional kerja sehari-hari.

Lewat pelajaran inilah saya mau berbagi tentang Cara Merawat Motor Bebek Honda Karisma 2004 agar bisa dikendarai dengan baik dan enak, antara lain :

1. Selalu ganti olie setiap 1500 Km atau lebih baik setiap 1000 Km, kenapa? sebab semakin tua mesin maka semakin sering-seringlah mengganti olie mesin agar tidak haus, karena mesin sudah lama, sangat riskan sekali kebocoran yang ada pada blok mesin, entah itu masuk kedalam ruang pembakaran kah atau bocor di seal-nya kah, atau dimana saja yang pasti olie akan cepat habis dan itu harus segera diganti dengan olie baru.

2. Yang kedua adalah dengan cara membawa motor karisma dengan kecepatan standard, artinya tidak usah dibawa ngebut sebab karena motor bebek di desain bukan untuk balapan, ya tho?

3. Segera merespon setiap kendala yang ada dalam motor, misalnya masalah asap tadi, urutkan penyebabnya dan kenali penyakitnya serta ganti spare part yang semestinya harus diganti sesegera mungkin agar tidak merembet kepada komponen lainnya.

4. Agar motor awet dan tahan lama, jangan bawa motor dalam jarak tempuh yang sangat jauh. Jika memang harus berhenti, berhentilah sejenak untuk mendinginkan mesin agar tidak terlalu panas. Mesin motor yang terlalu panas bisa merusak komponen motor.

Kesimpulan kalau sudah di-servis berat seperti ini, apakah harga jual motor seken honda karisma 2004 ini akan menjadi mahal atau sama saja, saya putuskan untuk tetap memakainya sampai saat ini, karena memang karisma 2004 terkenal irit dan sangat tangguh disegala medan.

Baca juga : Tips Mengatur Keuangan Keluarga Setiap Bulan

Paling Banyak Dicari:

  • kelemahan honda karisma
  • masalah yang sering terjadi pada honda karisma
  • oli yang cocok untuk honda karisma
  • Honda Karisma
  • mesin honda karisma
  • motor karisma
  • spesifikasi honda karisma
  • oli yang bagus untuk karisma 125
  • mesin karisma
error: Content is protected !!