11 Cara Merawat Muka Agar Terbebas dari Jerawat

Wajah atau muka merupakan bagian yang penting dalam tubuh dan menjadi pusat perhatian setiap orang, baik pria maupun wanita. Memiliki muka yang sehat menjadi idaman setiap orang karena dengan muka yang sehat, anda akan tampil lebih percaya diri. Bayangkan saja jika muka anda berjerawat dan kusam, pasti akan menimbulkan sikap kurang percaya diri, merasa minder, merasa terganggu dan tidak ingin bergaul. Sebenarnya banyak cara merawat muka agar terbebas dari jerawat, mulai dari cara alami sampai menggunakan bahan-bahan kimia.

cara-merawat-muka-berjerawat

cara merawat muka secara alami dinilai lebih aman dibandingkan dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Adapun cara merawat muka agar muka terbebas dari jerawat :

1. Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor. Sebaiknya cuci tangan dengan air bersih dan menggunakan sabun agar tangan menjadi bersih atau dapat menggunakan air alkohol untuk membasuh tangan karena alkohol mengandung anti bakterial. Cara merawat muka yang pertama ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan.

2. Bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang cocok untuk kulit wajah dan jangan lupa menggunakan penyegar. Jangan menggonta ganti pembersih wajah karena akan memicu timbulnya jerawat pada wajah, bahkan dapat menyebabkan kulit muka menjadi alergi dan iritasi.

3. Bersihkan muka setelah penggunaan make up karena jika lupa dibersihkan, bekas make up dan debu akan kumpul menjadi satu pada permukaan wajah. Hal itulah yang menyebabkan wajah menjadi berjerawat.

4. Setiap membasuh muka, usahakan menggunakan air hangat sebelum dibersihkan menggunakan pembersih muka.

5. Rajin-rajinlah membersihkan muka setiap kulit wajah terasa kering dan setelah bepergian.

6. Gunakan pelembab wajah setiap akan keluar rumah karena dapat melindungi wajah dari sinar ultraviolet yang menyebabkan flek-flek hitam pada kulit wajah.

7. Gunakan masker muka setiap 2x dalam seminggu. cara merawat muka yang satu ini berguna untuk mengangkat kotoran yang menempel pada muka agar lebih bersih dan segar.

8. Meluangkan waktu beberapa menit untuk memijat kulit wajah untuk menghilangkan kaku dan letih pada wajah, sehingga wajah akan tampak lebih segar.

9. Cara merawat muka selanjutnya adalah konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin E untuk memperhalus kulit wajah atau konsumsi vitamin E untuk merawat kulit wajah dari dalam.

10. Perbanyak minum air putih 8 gelas setiap hari agar wajah terlihat cerah. Air putih juga bagus untuk kesehatan.

11. Jangan lupa olah raga secara teratur untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh dan membuat kulit wajah semakin kencang.

Cara merawat muka agar terbebas dari jerawat yang telah diulas diatas, ada cara alami merawat muka dengan menggunakan buah-buahan, yaitu :

1. Menggunakan jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang bagus untuk kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Cara merawat muka dengan jeruk nipis adalah dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis pada muka dan tunggu sampai mengering. Kemudian basuh muka dengan air hangat untuk pembasuhan pertama dan disusul dengan menggunakan air dingin untuk pembasuhan terakhir.

2. Alpukat

Buah alpukat dikenal baik untuk perawatan kulit wajah karena kaya akan vitamin C dan E. Alpukat dapat dijadikan masker wajah alami, caranya adalah dengan menghaluskan alpukat dan oleskan pada kulit wajah, tunggu sampai mengering. Setelah mengering, basuh wajah dengan air hangat kemudian disusul dengan membilas wajah dengan air dingin.

3. Tomat

Konsumsi buah tomat secara rutin karena buah tomat mengandung zat antioksidan yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, termasuk kulit wajah. Buah tomat juga dapat digunakan untuk masker dengan menghaluskan 1 buah tomat kemudian dicampur dengan 1 sendok madu. Setelah tercampur semuanya, oleskan campuran tersebut pada wajah dan tunggu sampai mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat dan disusul dengan air dingin. Tomat juga berfungsi untuk mengatasi iritasi pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari dan mengatasi komedo.

Demikian beberapa cara merawat muka agar muka tampak lebih cerah, segar dan sehat. Muka yang sehat menandakan bahwa tubuh kita juga sehat karena rajinnya merawat tubuh. Akan tetapi, semua tips-tips cara merawat muka yang telah dijelaskan akan tampak sia-sia jika tidak diimbangi dengan makanan yang sehat dan bergizi serta mengurangi makanan berminyak.

error: Content is protected !!