Cara Paling Jitu Menghentikan Kebiasaan Ngompol Pada Anak

Cara Paling Jitu Menghentikan Kebiasaan Ngompol Pada Anak. Mengompol pada anak merupakan kebiasaan yang bisa dihilangkan dengan berbagai macam cara. Kebiasaan anak mengompol pada malam hari apabila tidak dilakukan treatment atau terapi maka kebiasaan tersebut justru akan menggangu aktifitas bahkan membawa dampak kejiwaan pada anak, misalnya anak akan menjadi kurang percaya diri karena diolok-olok oleh temannya ketika ketahuan ia masih mengompol.  Ada beberapa tips atau cara paling jitu menghentikan kebiasaan ngompol pada anak yang bisa Anda terapkan.

Cara Paling Jitu Menghentikan Kebiasaan Ngompol Pada Anak

cara-paling-jitu-menghentikan-kebiasaan-ngompol-pada-anak

Kebiasaan mengompol pada anak balita mungkin hal yang biasa, namun jangan sepelekan masalah yang satu ini jika terjadi pada anak yang sudah beranjak usia remaja, misalnya di usia 7-12 tahun. Mengompol merupakan gejala yang ditimbulkan akibat seseorang tidak bisa menahan rasa mengeluarkan air kencing dalam keadaan tidur pulas. Pada orang dewasa, rasa ingin mengeluarkan air kencing sudah bisa diatasi dan bisa ditahan ketika sedang tertidur.

Baca juga artikel : 7 Tips Melatih Anak Suka Bangun Pagi

Namun bagi sebagian anak-anak, rasa ingin kencing tersebut tidak dapat ditahan, dan inilah yang menimbulkan terjadinya apa yang disebut dengan “ngompol” (enuresis) . Mengompol dalam bahasa kedokteran disebut dengan enuresis dimana orang yang sering ngompol tidak bisa mengontrol air kencing yang ada di dalam kandung kemih mereka.

Banyak orang tua yang tidak sabar dalam melatih anak untuk tidak mengompol lagi, namun cara-cara tersebut terkadang menjadi bumerang sendiri bagi anak-anak mereka. Berikut ini Cara Paling Jitu Menghentikan Kebiasaan Ngompol Pada Anak :

  • Memberikan dukungan penuh kepada anak dan rasa kasih sayang yang amat besar, ketika mengetahui sang anak ngompol. Berikan motivasi dan cinta yang tulus bahwa Anda sangat sayang kepada mereka dan katakan bahwa Anda tidak marah jika mengetahui mereka mengompol. Anak akan senang mendapatkan dukungan dari orangtuanya. Jadi berikan support kepada Anak dan berikan dukungan kepada anak bahwa mereka bisa tidak mengompol lagi esok hari. Jangan pernah memarahi mereka sedikit pun. Sebab hal ini justru akan melukai perasaan mereka dan menjadikan mereka pribadi yang kurang percaya diri.
  • Cari tahu terlebih dahulu penyebab kenapa anak masih mengompol. Cara yang paling sering dilakukan untuk mengetahui penyebab anak masih mengompol bisa ditempuh dengan cara seberapa sering anak minum dan kencing dalam sehari, atau apakah mereka tidak kencing terlebih dahulu sebelum pergi tidur.
  • Apakah ada faktor psikologis yang membuat anak menjadi sering mengompol, Biasanya anak akan menjadi pemalu karena ia di-bully teman-temannya karena ketahuan kalau ia masih mengompol. Untuk hal ini berikan semangat dan motivasi serta dukungan secara emosional antara Anda sebagai orang tua kepada anak yang masih mengompol, agar ia tidak lagi merasa dikucilkan oleh teman-temannya.
  • Berikan terapi untuk membiasakan diri agar bangun dari tidur ketika rasa ingin kencing terasa. Sebagai orang tua, Anda harus berkorban untuk membangunkan anak di jam-jam yang biasanya ia mengompol di malam hari. Anda sebagai orang tua harus rela membangunkan Anak untuk pergi ke kamar mandi untuk kencing ketika pada saat itu biasanya anak sering mengompol. Dengan cara ini, anak akan terlatih untuk bangun dan pergi ke kamar mandi ketika ia merasakan ingin sekali kencing.
  • Lakukan pillow whispering, yaitu membisikkan kata-kata di telinga sang anak ketika mereka terlelap tidur agar mereka tidak mengompol. Teknik ini diyakini akan masuk ke dalam alam bawah sadar anak untuk mengingatkan mereka agar tidak mengompol pada malam itu.
  • Membiasakan anak untuk kencing terlebih dahulu sebelum pergi tidur, atau setidaknya jangan terlalu banyak minum menjelang tidur. Cara ini cukup efektif agar tidak terlalu banyak air kencing yang ada dalam saluran kemih untuk dikeluarkan pada saat anak tidur.
  • Terapi anti mengompol bisa Anda lakukan kepada anak Anda. Terapi ini membutuhkan kesabaran tinggi, namun hasilnya sangat efektif untuk menghilangkan kebiasaan ngompol. Caranya dengan memperdengarkan sugesti-sugesti positif yang mengingatkan kepada anak agar tidak mengompol.
  • Libatkan mereka agar proses ngompol tidak terulang, seperti membereskan sprey kasur yang terkena ompol, atau mencuci sarung bantal guling yang terkena ompol mereka. Disini akan terlatih disiplin anak agar mereka tidak mengompol lagi.

Demikian tadi beberapa tips dan Cara Paling Jitu Menghentikan Kebiasaan Ngompol Pada Anak. Tidak mudah memang menghilangkan kebiasaan ngompol pada anak. Diperlukan kesabaran serta telaten dalam mengajari anak agar tidak ngompol di saat tidur. Semoga bermanfaat

Paling Banyak Dicari:

  • cara mengatasi ngompol pada anak usia 12 tahun
  • cara mengatasi ngompol pada remaja
  • cara mengatasi ngom
  • cara mengatasi ngompol pada anak usia 10 tahun
  • cara menghentikan anak yang masih ompol room
  • cara menghentikan anak yg ngompol
  • cara menghilangkan kebiasaan ngompol di usia remaja
  • Cara menghilangkan kebiasaan ngompol pada anak 12 tahun
  • sebab anak 10thn masih ngompol dan cara mengatasinya
error: Content is protected !!