10 Ciri-ciri Diabetes Dan Cara Mengatasinya

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar gula pada darah. Meningkatnya kadar gula ini karena sistem metabolisme tubuh yang mengalami gangguan dimana pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Anda perlu mengetahui apa saja ciri-ciri diabetes. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui ciri-ciri diabetes.

ciri-ciri-diabetes

Seperti jenis-jenis penyakit lainnya yang menunjukkan ciri-cirinya, tidak terkeculai penyakit diabetes. Berikut ini merupakan ciri-ciri diabetes yang perlu Anda waspadai:

1. Sering buang air kecil

Ciri-ciri diabetes yang pertama yaitu sering buang air kecil. Peningkatan kadar gula dalam darah membuat semakin banyak ekskresi kadar gula dalam urine yang mengakibatkan banyaknya urine.

2. Banyak makan

Jaringan sel pada penderitanya sering berada dalam keadaan lapar, merangsang sistem saraf pusat makan sehingga bisa mengakibatkan kelaparan. Tubuh para penderita diabetes tidak dapat memanfaatkan glukosa dengan maksimal sehingga glukosa banyak yang terbuang melalui urine.

3. Banyak minum

Saat buang air kecil sering kali dilakukan, maka kadar air dalam tubuh akan terus berkurang sehingga akan merangsang sistem saraf pusat haus.

4. Berat badan turun

Walaupun asupan makanan dan nafsu makan penderita normal, tetapi berat badan mereka malah menurun.

Baca juga : 5 Cara Agar Berat Badan Tidak Cepat Naik Dan Tidak Menjadi Gemuk

5. Penurunan penglihatan

Saat kadar gula dalam darah meningkat banyak penderitanya mengeluhkan adanya gangguan dalam penglihatan mereka. Saat kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik maka penglihatan akan kembali normal.

6.Tidak bertenaga

Ciri-ciri diabetes selanjutnya yaitu cepat lelah. Karena glukosa tidak dapat teroksidasi sepenuhnya maka tubuh akan merasa tidak bertenaga.

7. Komplikasi

Komplikasi yang terjadi bersama dengna diabetes diantaranya penyakit jantung diabetes, infeksi kulit diabetes, kaki diabetik, infeksi saluran kemih, dan sebagainya.

8. Penurunan fungsi saraf

Penurunan fungsi saraf ini juga menjadi salah satu ciri-ciri diabetes. Hal ini mengakibatkan rasa sakit pada tungkai kaki, sering kesemutan, dan ada lagi yang perlu diperhatikan yaitu ketika kaki tidak merasakan sakit padahal tertusuk jarum.

9. Luka yang lama sembuh

Ketika Anda memiliki luka dan proses penyembuhannya lama tidak seperti biasanya, maka ini salah satu yang mengindikasikan terjangkit diabetes.

10. Warna kulit menjadi gelap

Munculnya bintik-bintik gelap pada kulit, biasanya bintik-bintik ini muncul pada sekitar leher. Gelapnya kulit ini terjadi karena kadar insulin yang direspon oleh tubuh sehingga menghasilkan banyak pigmen.

Makanan untuk penderita diabetes

Setelah mengetahui ciri-ciri diabetes tersebut, Anda juga perlu mengetahui makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk para penderita diabetes. Para penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan sembarangan. Berikut ini jenis makan yang sebaiknya dikonsumsi:

1. Gandum

Gadum memiliki kandungan serat yang banyak, gandum juga memiliki protein dan kerbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Karbohidrat pada gandum tidak membuat kadar gula darah meningkat karena kandungan karboidratnya dapat menghambat pelepasan gula ke aliran darah sehingga akan membuat gula darah tetap stabil.

Baca juga : 4 Manfaat Utama Mengkonsumsi Gandum untuk Kesehatan

2. Beras merah

Beras merah memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang tinggi sehingga tidak perlu khawatir akan kekurangan sumber penghasil energi. Ini dapat menggantikan posisi nasi putih sebagai makanan sehari-hari Anda. Karena penderita diabetes tidak diperbolehkan mengonsumsi nasi putih.

3. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam ini banyak mengandung klorofil yang berfungsi sebagai antioksidan dan juga mengandung kutein yang memiliki fungsi yang mirip dengan karotenoid yang dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan pada mata.

4. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan juga serat. Sama seperti karbohidrat pada gandum yang tidak akan membuat gula darah meningkat. Mengonsumsi oatmeal juga dapat menjaga kesehatan jantung.

Demikian artikel tentang ciri-ciri diabetes dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Teruskan hidup sehat dan berkesinambungan agar hidup ini menjadi berarti bagi Anda dan orang-orang yang Anda cintai. Terima kasih telah membaca artikel ciri-ciri diabetes.

error: Content is protected !!