Menggalakkan Kebiasaan Membaca Dongeng Anak Yang Sering dilupakan Orang Tua

Dongeng anak kini sudah menjadi kewajiban bagi orang tua untuk diceritakan kepada anak-anak yang dalam usia pra sekolah maupun yang sudah sekolah sekalipun. Dongeng merupakan salah satu alat untuk melatih daya ingat serta imajinasi anak yang sangat penting bagi masa depan mereka.

Dunia anak penuh dengan keceriaan, warna-warni hidup yang masih terbentang luas. Kehidupan mereka tentunya akan banyak ditentukan dari mereka sejak kecil, oleh karenanya kita sebagai orang tua harus mempersiapkan masa depan mereka dengan membacakan dongeng anak yang bermanfaat.

Dongeng Anak Sangat Perlu dan Penting untuk tumbuh kembang anak

Kreatifitas yang tumbuh dalam imajinasi anak ketika mendengarkan dongeng anak, biasanya akan tumbuh seiring dengan variasi banyaknya dongeng yang orangtua bacakan kepada anak-anak.

Blog Artikelkeluarga.com merasa perlu untuk menghadirkan dongeng anak dalam bentuk cerita yang bisa dipetik hikmahnya dalam setiap dongeng. Kini orangtua juga tidak usah bingung dalam mencari dongeng-dongeng yang tentunya banyak sekali ragam cerita.

dongeng-anak

Misalnya saja cerita anak seperti si kancil, cerita bawang merah dan bawang putih serta masih banyak lagi dongeng anak indonesia yang bisa kita angkat dan kita bacakan kepada anak-anak kita tercinta, baik itu dongeng anak sebelum tidur maupun bercerita ketika mereka sedang bermain.

Manfaat menceritakan dongeng anak

Kenapa orang tua harus bercerita atau mendongeng kepada anak?, sebenarnya pertanyaan ini sangat mudah dijawab. Kita sebagai orangtua akan memiliki rasa keterikatan dengan anak kita tentunya. Tentunya dengan mendongeng kepada anak, rasa keterikatan tersebut akan semakin dijalin dengan baik.

Anak akan mendengarkan dengan baik ucapan-ucapan Anda. Ini akan mengajarkan hal positif karena dengan demikian secara tidak sengaja anak dilatih untuk fokus mendengarkan cerita yang keluar dari mulut Anda.

Hikmah dongeng anak akan banyak membawa perilaku positif kepada anak, selain mengajarkan kebaikan dan kejujuran,juga mengajarkan hal-hal yang sifatnya menolong, saling asih dan asuh serta peduli dengan sesama dan makhluk lainnya di muka bumi ini.

Dongeng anak di blog artikelkeluarga.com

Buat sebagian anak-anak, mendengarkan cerita anak membuat mereka menjadi senang bergairah, sehingga tidak jarang membuat mereka penasaran untuk mendengarkan dongeng-dongeng yang lainnya atau kelanjutan cerita berikutnya. Disinilah peran orangtua dalam membacakan dongeng untuk anak ketika mereka mendengarkan.

Gaya membacakan dongeng atau teknik mendongeng bagi orang tua tidak harus memiliki style atau gaya yang khusus. Cukup dengan mimik atau wajah yang menyamakan tokoh-tokoh dalam dongeng yang sedang dibawakan.

Dongeng anak sangat banyam ragam, jadi tidak masalah kalau orang tua jika ingin mencari dongeng-dongeng yang lucu, singkat dan dongeng yang bagus, cukup datang saja ke blog artikelkeluarga.com ini

Baca juga : dongeng anak si kancil

Semoga artikel-artikel berikutnya di blog artikelkeluarga.com ini, akan menyajikan dongeng anak yang singkat namun jelas dan padat akan nilai-nilai luhur yang bisa kita tularkan kepada anak-anak penerus generasi yang akan datang.

error: Content is protected !!