Es Pisang Hijau Kuliner Khas Makassar Untuk Menu Buka Puasa

Es pisang hijau atau yang sering dikenal dengan sebutan es pisang ijo adalah sejenis makanan yang berasal dari daerah Makassar Sulawesi Selatan yang sangat terkenal di seluruh Indonesia. Es pisang hijau sangat digemari orang tua dan anak muda. Es pisang hijau juga bisa kita dapatkan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Es pisang hijau kuliner khas makassar untuk menu buka puasa.

Di bulan puasa ini, banyak orang yang ingin mencoba berbagai macam kuliner untuk menu berbuka puasa, mulai dari berbagai macam minuman berbahan es, seperti es cendol, es kopyor, es dawet, es cincau sampe dengan es pisang hijau kuliner khas makassar untuk menu buka puasa. Es pisang hijau menjadi alternatif bagi Anda yang ingin merasakan sensasi es pisang yang dibalut dengan lembutnya adonan tepung beras yang membungkus pisang yang nikmat sekali.

baca juga : Menu Hidangan Berbuka Puasa Bagi Keluarga

Cara buat es pisang ijo untuk menu berbuka puasa

Membuat Es Pisang hijau Kuliner khas Makassar untuk menu buka puasa termasuk yang paling mudah untuk dipraktekkan. Caranya adalah siapkan terlebih dahulu 3 sampai 5 buah pisang raja yang sudah matang, kemudian 200 sampai 250 gram tepung beras, lalu santan kelapa sebanyak 300ml,  jangan lupa untuk menyiapkan garam secukupnya kemudian gula sebanyak 100ml.

resep-es-pisangijo

untuk membuat adonan pembungkus es pisang ijo, pertama kita masak air kemudian dimasukkan tepung beras kemudian dicampur dengan garam dan potong-potong daun suji lalu kita aduk dengan pelan-pelan hingga semua tercampur. Lalu setelah itu masukkan santan yang sudah kita siapkan untuk mengentalkan adonan tadi hingga adonan terasa lembut dengan api yang tidak terlalu besar.

Jika sudah matang, taruhlah adonan pembungkus tadi di atas wadah dan agar tidak lengket oleskan dengan sedikit minyak. Setelah itu barulah kita membungkus pisang yang sudah disiapkan sebelumnya.
Setelah dibungkus dengan adonan, pisang yang sudah dibalut dengan adonan tadi kita rebus hingga matang.

Setelah kukusan pisang matang selesai barulah kita memotong-motong pisang menjadi beberapa potong, biasanya potongan tidak terlalu besar agar mudah dimakan. Selanjutnya adalah membuat saus es pisang hijau.

Bahan-bahan untuk membuat saus es pisang ijo

Untuk membuat saus es pisang hijau, anda perlu siapkan bahan-bahannya seperti santan kelapa kental, tepung terigu atau tepung branded sebanyak 300ml, kemudian gula pasir sebanyak 1 sendok makan, 3 sendok vanili, dan garam secukupnya.

Masukkan semua bahan lalu masak dengan api sedang lalu tuangkan saus es pisang hijau kedalam mangkuk yang berisi potongan-potongan pisang yang sudah dibalut adonan. Lalu untuk plating, anda bisa menambahkan serutan es atau batu es kedalam mangkuk es pisang hijau dan bisa ditambah dengan susu kental yang akan menambah selera ketika disajikan untuk keluarga tercinta.

Baca juga :resep bubur ayam sederhana

Demikianlah cara membuat Es Pisang hijau Kuliner khas Makassar untuk menu buka puasa keluarga Anda, Apakah ingin mencoba membuatnya di rumah untuk keluarga tersayang Anda?. semoga artikel tentang es pisang hijau ini menambah semarak berpuasa Anda sekeluarga di bulan suci yang penuh berkah ini, Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada kerabat, teman dan saudara Anda.

error: Content is protected !!