Gejala Asam Urat yang Perlu di Waspadai

Tahukah Anda apa saja gejala asam urat yang harus di waspadai? Terkena penyakit asam urat adalah hal yang paling menakutkan setiap orang. Penyakit asam urat dapat di sebabkan karena makanan yang banyak mengandung zat purin yang masuk ke dalam tubuh kita.

Zat purin yaitu zat yang di dapat dari makanan yang berasal dari makhluk hidup, buah dan sayuran. Makanan yang banyak mengandung zat purin misalnya saja jeroan, makanan kaleng, daging kuda, daging angsa, seafoad, daging bebek, durian, nangka, gorengan dan lain sebagainya.

Setelah Anda mengetahui mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan penyakit asam urat akan lebih lengkap lagi jika mengetahui juga mengenai gejala asam urat yang akan timbul di kemudian hari. Tujuan mengetahui hal ini adalah agar Anda dapat mengetahui dan segera dapat mendeteksi pertama kali agar dapat segera di sembuhkan apabila menemui gejala penyakit ini.

gejala-asam-urat

Adapun gejala asam urat yang perlu di waspadai yaitu

1.   Nyeri pada pagi dan malam hari

Apabila seseorang terkena gejala asam urat biasanya akan memperlihatkan beberapa  tanda salah satunya adalah nyeri pada malam dan juga pagi hari. Nyeri ini timbul pada saat tengah malam dan juga pagi hari dan berbentuk benjolan di sekitar ibu jari kaki. Rasa nyeri yang di rasakan pun dapat terjadi berulang kali.

Nyeri ini bisanya di tandai dengan rasa ngilu, linu, kesemutan dan bengkak yang menimbulkan radang berwarna merah. Tak hanya di sekitar ibu jari kaki yang mengalami hal ini juga pada jari tangan, jari kaki, pergelangan pada tangan, siku, tumit dan juga dengkul.

2.   Sulit di gerakkan

Pada saat Anda melakukan gerakan apabila gejala asam urat sangat parah akan mengalami kesulitan dan juga rasa nyeri yang luar biasa. Untuk itu ada baiknya segera lakukan pengobatan untuk menyembuhkan penyakit asam urat agar tak semakin parah.

3.   Demam dan keringat dingin

Apabila gejala asam urat yang sudah semakin parah di rasakan tak jarang penderita akan mengalami demam dan juga mengeluarkan keringat dingin. Rasa yang tak karuan ini karena rasa  rasa nyeri yang di rasakan pada bagian persendian tubuh kita.

baca juga : Hati-hati 6 Gejala sakit jantung Yang Perlu Anda Baca

Apabila Anda merasakan mengenai gejala asam urat yang di rasakan tadi ada baiknya jika segera memeriksakan diri ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk mengobati penyakit asam urat yang di derita. Namun sebagai pasiennya ada baiknya jika Anda juga menjaga tubuh dengan cara alami.

Adapun beberapa cara yang dapat di lakukan untuk mengobati penyakit asam urat dan mengurangi gejalanya dengan cara alami dan sehat yaitu :

  • Banyak mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, strawberry, belimbing wuluh, buah naga, pisang dan juga pepaya. Jenis buah ini wajib di konsumsi setiap hari agar mengikis kadar purin yang ada di dalam tubuh.
  • Jenis sayuran yang wajib di konsumsi misalnya saja sawi putih, sawi hijau, tomat, jahe, kentang dan lain sebagainya.
  • Mengurangi konsumsi permen, gula, sirup, arum manis dan gulali.
  • Perbanyak mengkonsumsi singkong, ubi, nasi dan roti.
  • Melakukan olah raga yang cukup dan juga yang di sukai. Melakukan olah raga yang di sukai karena apabila Anda melakukan olah raga yang di sukai maka akan di lakukan setiap hari secara rutin.
  • Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air putih secara rutin sebanyak minimal delapan gelas setiap hari.

Demikian sedikit tips seputar gejala asam urat yang perlu kita waspadai. Mulailah untuk mengikuti pola hidup sehat dan rajin berolahraga serta mengikuti anjuran dokter atau ahli kesehatan keluarga yang menganjurkan untuk mengawasi gejala asam urat jika Anda sedang merasakannya saat ini.

error: Content is protected !!