Hati-hati 6 Gejala sakit jantung Yang Perlu Anda Baca

Setiap orang pasti menginginkan memiliki jantung yang berfungsi secara normal dan sehat. Agar kita bisa menjaga kesehatan jantung, olahraga yang rutin sangat diperlukan untuk menjaga agar jantung tetap sehat dan normal. Gejala sakit jantung bisa kita eliminir sedini mungkin. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda perhatikan untuk memiki jantung yang sehat. Karena jantung merupakan pemberian Allah SWT yang harus kita jaga dan rawat.

Tips jantung sehat

gejala-sakit-jantung

Agar hidup kita sehat ada beberapa tips yang berguna supaya jantung kita tetap sehat dan bisa menghindari dari gejala sakit jantung yang parah. Berikut Tips jantung sehat yang bisa Anda lakukan. :

1. Olahraga teratur

Olahraga teratur bisa mencegah kita dari gejala sakit jantung. Selain menyehatkan, olahraga yang benar dan teratur membuat badan kita menjadi sehat dan bertenaga serta tidak gampang jatuh sakit.

Olahraga tidak perlu lama-lama, sekitar 3 kali seminggu sudah cukup, asalkan dikerjakan dengan rutin. Biasakan berjalan kaki kemana pun Anda pergi, misalnya pergi membeli makanan ke depan komplek rumah, Anda bisa berjalan kaki dan tidak usah menggunakan kendaraan.

Baca juga : manfaat bersepeda dan manfaat futsal

2. Mengontol tekanan darah

Selalu mengontrol tekanan darah agar Anda mengetahui jejak rekam tekanan darah anda setiap bulan. Biasanya tekanan darah bisa anda kontrol dengan mendatangi dokter pribadi atau Anda juga bisa membeli alat untuk mengontrol tekanan darah yang ada di apotik terdekat.

Tekanan darah yang normal berkisar 120 per 80. Jika kurang dari itu berarti Anda memiliki tekanan darah rendah, biasanya ditandai dengan sering pusing atau sakit kepala (gleyeng). Mengontrol tekanan darah sangat penting agar terhindar dari gejala sakit jantung yang datang secara tiba-tiba.

3. Perhatikan kadar kolesterol Anda

Kolesterol merupakan salah satu parameter kesehatan tubuh Anda. Kadar kolesterol yang baik berada di bawah angka 200. Jika diatas angka tersebut Anda sudah harus membatasi asupan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Kadar kolesterol banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya makanan dan pola hidup yang baik. Jauhi stress dan jangan makan yang terlalu berlemak.

Kolesterol juga sangat penting dalam menjaga kesehatan jantung, terutama gejala jantung koroner yang sangat di pengaruhi oleh faktor kolesterol Anda.

4. Hindari merokok dan alkohol

Merokok dan minum alkohol juga salah satu pemicu datangnya penyakit jantung secara tiba-tiba. Berhentilah merokok dari sekarang dan mulailah hidup sehat dengan sering berolahraga dan jauhi stress yang berat akibat pola hidup yang tidak seimbang.

5. Perhatikan kadar gula darah

Kadar gula darah juga penting dalam menjaga kesehatan jantung. Segera periksa kadar gula darah Anda secara rutin agar kesehatan jantung Anda selalu terkontrol dengan baik.

6. Pastikan berat badan Anda ideal

Menjaga berat badan punya korelasi yang sangat peting dengan kesehatan jantung. Berat badan yang ideal bisa anda hitung dengan cara mengukur indeks Massa Tubuh (IMT). Berat badan ideal selalu diperhatikan agar kita bisa mendapatkan berat yang ideal sesuai dengan tinggi badan, berat badan dan umur kita.

7. Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh (saturated fat) contohnya keju, mentega, daging dan produk susu, minyak kelapa, minya kelapa sawit. Biasanya produk-produk makanan yang diproses dengan bahan-bahan yang mengandung lemak jenuh akan mengandung pula lemak jenuh dengan kadar tinggi. Agar kesehatan jantung kita selalu terjaga, mulailah untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh atau produk olahannya.

8. Perbanyak konsumsi makanan jenis buah dan sayuran

Makanan yang kita makan sehari-hari harus cukup kadar energi yang kita butuhkan. Selain untuk energi, tentunya makanan tersebut juga harus banyak mengandung vitamin, serat dan mineral untuk tubuh. makanan berserat sangat penting bagi kesehatan jantung kita, biasakanlah makan buah dan sayuran agar membantu proses metabolisme dalam tubuh kita.

Makanan berserat sangat baik untuk kelancaran peredaran darah agar menghilangkan plak-plak yang menempel dalam dinding pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah menjadi normal.

Gejala sakit jantung

Penyakit jantung ini sudah menjadi penyebab kematian orang-orang di dunia. Di Indonesia serangan jantung adalah penyakit pembunuh nomer satu. Anda perlu mengetahui gejala sakit jantung agar segera mendapatkan penanganan. Berikut ini adalah gejala sakit jantung yang perlu diperhatikan:

1. Nyeri dada

Nyeri pada dada adalah salah satu gejala sakit jantung pada seseorang. Ketika dada Anda terasa nyeri memang tidak bisa langsunga mengambil kesimpulan bahwa Anda memiliki sakit jantung, namun ini sebagai bentuk kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya gangguan pada jantung, sebaiknya Anda memeriksakannya ke dokter.

2. Lelah

Ketika Anda sering merasa lelah padahal tidak banyak aktivitas fisik yang Anda lakukan, berhati-hatilah karena hal ini mungkin saja merupakan gejala sakit jantung.

3. Sesak napas

Sesak nafas bisa terjadi karena adanya pembuluh darah yang terhambat mengalir ke seluruh tubuh. Mengakibatkan denyut jantung yang tidak teratur, selainan pada otot jantung, dan penebalan otot jantung.

4. Cemas

Perasaan cemas menjadi salah satu penyebab serangan jantung terjadi. Atur diri Anda agar tetap tenang dan kendalikan kecemasan Anda. Biasakan untuk tidak cemas yang terlalu berlebih, sebab cemas yang berlebih bisa menjadi tanda atau gejala sakit jantung.

5. Keluar keringat

Saat kita berolahraga tubuh akan mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan melalui keringat ataupun dalam keadaan cuaca panas keringat juga dapat keluar. Yang perlu Anda waspadai adalah ketika Anda mengeluarkan keringat padahal tidak melakukan aktivitas apapun karena bisa menjadi salah satu gejala sakit jantung.

6. Jantung berdebar

Gejala sakit jantung yang selanjutnya adalah jantung berdebar-debar atau berdegup kencang tanpa alasan dan sering kali terjadi.

Makanan sehat bagi jantung

Setelah mengetahui gejala sakit jantung, Anda juga perlu mengetahui makanan apa saja yang sehat bagi jantung Anda. Berikut jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi:

– Almond

Almond dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan tidak mengakibatkan berat badan bertambah. Anda dapat mengonsumsi 28 gram Almond dalam sehari karena mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

– Bawang putih

Bawang putih mampu membantu menormalkan gula darah dan gula kolesterol. Bawang putih juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga : 6 Manfaat Tomat

– Ikan

Ikan memiliki kandungan omega-3 asam lemak yang baik untuk melindungi jantung Anda dengan mengurangi risiko pembekuan darah dan peradangan. Lemak ini berfungsi menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh. Konsumsi makanan seperti salmon, tuna, sarden, dan ikan lainnya.

– Kedelai

Kedelai mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk jantung Anda. Asam lemak tak jenuh ini dapat mencegah pengerasan pada pembuluh nadi dan dapat menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

– Jus buah

Jus buah yang dapat Anda konsumsi untuk kesehatan jantung Anda diantaranya.

Baca juga artikel tentang Pisang Yang Paling Dicari.

– Jeruk

Hesperidin dan vitamin C dalam buah jeruk ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah diastolik dan dapat meningkatkan fungsi dinding pembuluh darah atau endotel

– Delima

Delima kaya polifenol yang sangat baik untuk jantung. Kandungan ini dapat mencegah dan menurunkan ateroklerosis atau penebalan dinding arteri, meningkatkan kandungan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

– Alpukat

Kalium dan natrium dalam buah alpukat ini dapat mengontrol ketegangan pada arteri dan kolesterol

– Apel

Fitonutrien dan pectin dalam apel dapat berfungsi sebagai antioksidan dan menurunkan kolesterol jahat. Dan masih banyak buah-buahan yang bermanfaat untuk jantung Anda.

Demikian artikel gelaja sakit jantung. Semoga bermanfaat bagi kesehatan kita bersama. Mari kita rawat kesehatan jantung dengan cara olahraga dan makan makanan yang sehat dan bergizi.

error: Content is protected !!