Sudah Perlukah Anak Memiliki Handphone Android?

Kebutuhan untuk menggunakan handphone android anak memang tidak bisa dihindari, selain sebagai kebutuhan untuk berkomunikasi, handphone android anak memang sangat disenangi karena sudah banyak sekarang sosial media yang bisa di akses lewat handphone berteknologi android yang mampu memberikan kebebasan kepada anak untuk bersosialisasi dengan rekan-rekan-nya lewat situs sosial media handphone android apakah itu dengan  BBM, facebook atau Twitter.

Pertimbangan jika harus memberikan handphone android kepada Anak

Memberikan gadget kepada anak, baik berupa handphone android, tablet, laptop atau semacamnya, memang bisa membawa kebaikan kepada anak, karena disamping anak bisa belajar teknologi dan bisa mengikuti update informasi seputar pertemanan atau persahabatan lewat jalur sosial media yang bisa dilakukan lewat gadget seperti handphone android. Namun seberapa penting-kah sebagai orang tua memberikan semua fasilitas seperti handphone android anak kepada buah hatinya jika alasan mereka sebagai orang tua hanya untuk memberikan gaya atau dengan alasan agar anaknya tidak ketinggalan jaman.

anak-sering-bertanya

Hal ini sangat disayangkan apabila ada orang tua yang memberikan fasilitas seperti handphone android anak yang sangat mahal harganya (bisa diatas 3 juta rupiah) karena memang ingin agar anaknya kelihatan tidak ketinggalan jaman. Ada baiknya jika ingin membelikan si kecil gadget tentu sebagai orang tua harus mengutamakan dulu apa fungsi dan tujuan dalam pemberian gadget seperti handphone android anak atau semacamnya.

Kenapa harus membeli handphone android anak yang mahal

Jika memang tujuan untuk membelikan gadget kepada anak untuk tujuan tertentu, perlu adanya batasan-batasan atau marka yang perlu diperhatikan oleh orang tua dalam memberikan kebebasan berselancar di dunia maya lewat handphone android. Sebab saat ini banyak anak-anak untuk menggunakan handphone android anak sebatas hanya untuk permainan saja (game:red) maka handphone android tidak perlu dihadirkan dalam genggamannya, sebab masih banyak alternatif permainan yang tidak harus selalu identik dengan handphone android. Sebab sudah pasti jika ingin mengunduh sebuah game, maka diperlukan pulsa untuk bisa diinstal kedalam android, bukan?

Baca juga : 5 Langkah Penting Jika Anak Cegukan

Oleh karenanya sebagai orang tua yang bijak, Anda dituntut untuk bisa mengawal anak dari bahaya serta penyalah-gunaan handphone android anak yang tidak pada tempatnya. Anda orang tua juga wajib mengetahui bagaimana dan seluk-beluk tentang dunia gadget anak seperti tablet, smartphone atau handphone android yang notabene merupakan alat yang bisa tersambung dengan dunia maya, dan disitulah letak kewaspadaan orang tua agar putra-putri mereka terhindar dari efek negatif akan bahaya internet.

Jika memang mendesak, maka pilihlah handphone android anak yang masih terjangkau harganya di pasaran. Mungkin saat ini masih banyak handphone atau smartphone yang bisa dijangkau dengan harga dibawah 1 jutaan. Dan tidak perlu mahal dalam membeli gadget satu ini, sebab dengan harga yang minim pun si anak masih bisa memiliki handphone android anak impiannya dengan fitur-fitur yang tidak kalah dengan smartphone kelas atas.

Tips Sebelum membeli handphone android anak

Sebelum pergi ke tempat-tempat penjualan handphone smartphone android, teliti harga Android Terbaru yang bisa menjadi referensi Anda jika ingin membeli smartphone bermerk yang juga ada diantaranya berharga dibawah 1 jutaan. Selain android , masih banyak lagi merk-merk lain yang bisa didapat dengan harga dibawah 1 jutaan. Kenali dulu fitur-fitur yang di berikan oleh setiap vendor serta apa saja kelebihannya. Tidak mudah memang memilih smartphone atau handphone android anak jika kita faham dengan dunia iptek. Namun jika Anda mau bersabar dan mempelajarinya terlebih dahulu, maka belanja handphone untuk anak Anda tidak akan sia-sia.

Saran penggunaan handphone android anak

Jika kadung (terlambat;red) sudah membelikan hape pintar kepada anak, maka sebagai orangtua yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Jaga lamanya interaksi anak dengan hape smartphone setiap harinya. ini penting agar anak tidak terlalu keranjingan dalam menggunakan hape smartphone android.
  2. Usahakan untuk membelikan handphone smartphone yang tidak terlalu baru atau gress di pasaran, cukup membeli produk lama tapi masih bagus. Ini mengajarkan kepada anak agar bisa bijaksana dalam menggunakan uang.
  3. Latihlah menabung jika anak ingin membeli pulsa untuk hape smartphone mereka.
  4. Komunikasikan dengan anak, pengalaman apa-apa saja yang telah mereka dapatkan dari smartphone mereka agar Anda tahu seberapa jauhkah mereka menggunakan android dalam kesehariannya.
  5. Selalu periksa handphone android anak tentang konten-konten apa saja yang telah mereka buka atau install kedalam smartphone agar menjaga anak Anda dari segala hal yang tidak diinginkan.

Demikian artikel seputar sudah perlukah anak memiliki handphone android. semoga menjadi inspirasi bagi keluarga Indonesia dalam menjaga buah hati serta bijak sana dalam memberikan handphone android anak.

error: Content is protected !!