Hasil Angpow Lebaran Anak, Enaknya Diapain Yah?

Lebaran baru saja lewat dan banyak momen-momen yang menyisakan kenangan manis bagi anak-anak, salah satunya adalah pembagian uang atau angpow lebaran. Bagi anak-anak yang mendapatkan angpow lebaran ini merupakan kebahagiaan tersendiri dan merupakan kenangan manis saat lebaran. Datang ke rumah saudara, kemudia bersalam-salaman dan saling meminta maaf adalah hal yang sering dilakukan di kala berlebaran, namun momen bagi-bagi angpow lebaran itulah momen yang paling ditunggu bagi kebanyakan anak-anak.

Angpow lebaran terkumpul, bagaimana cara menggunakannya?

Salah satu manfaat dari berlebaran di hari raya dengan sanak saudara adalah kita bisa mempererat tali silaturahmi dengan sanak saudara dan bertemu dengan semua anggota keluarga dalam suasana lebaran yang penuh dengan ketulusan untuk saling memaafkan satu sama lainnya. Perasaan suka cita itulah yang kemudian timbul rasa ingin memberikan sesuatu kepada sanak saudara, apakah itu berupa makanan hingga memberikan angpow lebaran.

angpow

 

Redaksi sendiri tidak tahu kapan hal ihwal sejarah, tradisi atau kebiasaan memberikan angpow lebaran itu dimulai, namun pastinya kebiasaan untuk saling memberikan angpao lebaran itu memberikan kesan sendiri kepada anak-anak yang menerimanya.

Baca juga : Dongeng Anak Yang Paling Sering Dibaca Orang Tua

Mendapatkan angpao lebaran sangat menyenangkan, tak jarang anak-anak yang menerima uang hasil lebaran, menggunakannya untuk membeli mainan atau barang-barang kesukaannya.

Uang berlebih pada anak-anak memang hak anak, namun alangkah baiknya jika kita sebagai orang tua mampu mengarahkan anak untuk bisa menggunakan uang mereka secara bijaksana tanpa harus memaksa mereka.

Bimbinglah mereka bagaimana menggunakan atau membelanjakan angpow lebaran yang didapat dari berlebaran kemarin, sehingga mereka akan tahu bagaimana memanfaatkan atau menghargai uang yang mereka peroleh sehingga tidak habis atau mubazir.

Jika keinginan mereka untuk membeli mainan baru, berilah nasihat bahwa untuk membeli mainan tidak harus membeli mainan yang baru, namun pilihlah mainan yang terjangkau harganya dan bisa awet dalam pemakaianya.

Anda bisa mengantarkan mereka untuk memilih mainan kesukaan mereka di tempat penjualan mainan. Bimbingan Anda sebagai orang tua sangat penting dan bisa mendidik mereka untuk bisa hidup berhemat dan bijaksana dalam keuangan.

Menabung uang Angpow lebaran

jika Anak memiliki banyak uang angpow lebaran, biasanya yang pertama ia ingin belanjakan adalah gadget keluaran terbaru atau sekedar handphone baru. Orang tua hendaknya tidak begitu saja membiarkan mereka membeli handphone kesukaan mereka, namun berilah penjelasan kalau anak Anda ingin membeli handphone baru, belilah sesuai kebutuhan dan jika masih punya yang lama, alangkah baiknya uang angpow lebaran tadi di tabung untuk kepentingan yang lain.

Baca juga : Bagaimana Melatih Konsentrasi Belajar Pada Anak

Kebiasaan menabung pada masa kecil anak sangat membantu anak dalam menentukan masa depan mereka. Menghargai uang dan bijaksana dalam penggunaan uang mereka, akan sangat bermanfaat dari pada menghabiskan angpow lebaran dalam sekejab dan tidak berbekas dari tahun ketahunnya.

error: Content is protected !!