Iklan Bahasa Inggris – Tugas Sekolah Yang Bikin Puyeng Orang Tua

Baru-baru ini saya dipusingkan dengan tugas anak saya yang duduk di  Sekolah Dasar kelas VI, dia kepengen membuat sebuah tugas pelajaran bahasa inggris dengan topik iklan bahasa inggris dan gambarnya, otomatis saya jelaskan lebih dahulu tentang apa itu iklan. Iklan adalah sebuah alat dalam bentuk media, baik media online maupun media massa yang bertujuan untuk mengenalkan sebuah produk barang atau jasa kepada masyarakat luas. Sedangkan iklan bahasa inggris tentunya iklan yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa iklan tersebut.

Iklan Bahasa Inggris

iklan-bahasa-inggris

 Sejarah Dimulainya Periklanan

Sebelum jauh membahas iklan bahasa inggris, ada baiknya kita sejenak mengetahui sejarah iklan di dunia ini. Iklan sudah dikenal sejak empat ribu tahun sebelum masehi. Waktu itu iklan pertama kali digunakan di Mesir dengan menggunakan media papirus untuk meng-iklankan poster politik pada jaman itu. Lukisan di dinding batu yang berasal dari jaman Mesir kuno dan  Yunani kuno itu disinyalir sebagai sejarah ditemukannya iklan pertama kali di dunia.

Baru pada abad ke tujuh belas, iklan sudah mulai berbentuk selembaran yang meng-iklankan produk buku di Inggris lewat media media massa koran pada jaman itu. Kemudian iklan berkembang dengan pesat sampai saat ini iklan sangat mudah dibuat di internet dengan bantuan website dan bisa diakses dari seluruh dunia.

baca juga : Ciri anak yang sering bertanya

Iklan Bahasa Inggris dan Gambarnya

Hal yang paling penting dalam membuat iklan bahasa inggris adalah pemakaian kata dalam kalimat iklan ber-bahasa inggris tentu sangat berbeda dengan bahasa Indonesia. Banyak istilah-istilah dalam iklan bahasa inggris yang dipakai dalam bahasa iklan mereka. Sebenarnya kata dalam bahasa inggris yang dipakai setiap iklan adalah sama literaturnya dengan kata-kata dalam bahasa Indonesia, lihat saja contohnya seperti “Diskon besar-besaran“, kalau bahasa inggrisnya mungkin “Great Sale“, terus contoh lain seperti “Beli 1 dapat gratis 1” mungkin bahasa inggrisnya “Buy 1 Get 1 free“.

Penempatan kata-kata iklan dalam posisinya di gambar iklan juga harus ditentukan terlebih dahulu, jangan sampai menutupi produk yang diiklankan terlalu banyak, sehingga menghalangi pandangan orang yang melihat iklan kita.

Terus terang ketika saya membantu anak saya dalam tugas sekolahnya membuat iklan bahasa inggris dan gambarnya, saya merasa kelimpungan karena harus mendesign awal iklan bahasa inggris tersebut dengan menggunakan software seperti photoshop.

Tahapan-Tahapan Membuat Gambar Iklan Bahasa Inggris

Dalam membuat iklan bahasa inggris pertama tentukan goal atau tujuan membuat sebuah iklan, apakah bertujuan untuk meng-iklankan produk atau jasa kita. Setelah itu dapatkan gambar/image dari produk yang akan kita jual kepada khalayak ramai/publik nantinya. Setelah itu barulah kita mencari kata-kata yang pas untuk kita pasangkan kata tersebut di dalam iklan yang akan kita buat.

Mari kita buat studi kasus dalam membuat gambar iklan berbahasa inggris. Contoh kita ingin buat jasa rental alat musik dengan gambar latar belakang studio musik yang kita punya atau photo instrumen alat musik, kemudian dengan bantuan photoshop kita bisa menempatkan kalimat dengan judul “Music For Rent” atau disewakan alat musik. Kemudian masukkan nomer kontak atau nomer hape Anda, lalu tinggal pasang di sebuah web iklan baris atau menumpang slot iklan di sebuah website.

Baca juga : minat baca anak

Semoga artikel iklan bahasa inggris ini bisa menginspirasi orang tua yang lain dalam membantu anak dalam mengerjakan tugas sekolah. Jika bermanfaat silahkan untuk membagikan artikel ini untuk kerabat, teman atau bahkan kepada sesama orang tua di sekolah anak Anda. Demikian curhat saya seputar membantu tugas anak kelas VI dalam membuat iklan bahasa inggris.

Paling Banyak Dicari:

  • GAMBAR IKLAN DISKON BAHASA INGGRIS
  • tugas bahasa inggris kalimat positiv dalam gambar
error: Content is protected !!