Ini Dia Penyebab Trigliserida Tinggi Yang Wajib Anda Tahu

Apakah Anda tahu apa yang menjadi penyebab trigliserida tinggi? Sebelum kita membahas mengenai penyebab trigliserida tinggi akan lebih baik jika kita mengetahui dahulu apa yang di maksud dengan trigliserida. Trigliserida adalah lemak dalam darah yang apabila tak segera di atasi akan menimbulkan beberapa masalah yang dapat menggangu kesehatan. Penyakit yang dapat di sebabkan dari trigliserida misalnya stroke, jantung dan berbagai resiko penyakit lainnya.

Untuk itu Anda harus mengatur pola makan dan juga mulai menjalani pola hidup sehat agar tubuh sehat serta terhindar dari masalah yang di sebabkan karena pola hidup yang tidak benar. Untuk mengetahui lebih lengkap lagi ada baiknya jika Anda mengetahui mengenai penyebab trigliserida tinggi.

penyebab-trigliserida-tinggi

Adapun penyebab trigliserida tinggi yaitu

1.   Gaya hidup

Telah di sebutkan di awal tadi penyebab trigliserida tinggi berwal dari gaya hidup yang salah. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak yang mengandung banyak kolesterol juga salah satu pemicunya. Kandungan zat purin yang terlalu banyak dan sulit di cerna oleh tubuh  yang dapat mengendap dan semakin lama akan memicu penyakit ini.

2.   Kelebihan berat badan

Berat badan yang berlebihan juga merupakan salah satu faktor pemicunya. Pola hidup yang di jalankan karena pola makan yang tidak benar akan menyebabkan berat badan meningkat. Biasanya orang yang memiliki kelebihan berat badan akan membuat semua organ tubuh termasuk pembuluh darah mengalami penyempitan. Dengan keadaan ini maka penyebab trigliserida tinggi akan terjadi yang berpotensi terhadap suatu penyakit.

3.   Minum alkohol dalam jumlah banyak

Minum akohol atau mengkonsumsi minuman keras selain tak baik bagi kesehatan juga mempunyai sifat merusak tubuh. Bagi Anda yang belum mengetahui hal ini maka di harapkan melalui tulisan ini segera meninggalkan kebiasaan untuk mengkonsumsi minuman beralkohol.

4.   Keturunan

Jika Anda memiliki garis keturunan mengenai lemak darah ini maka ada baiknya jika mulai berhati-hati mengenai gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini bukan tak mungkin dapat terjadi pada diri Anda sendiri. Pola hidup yang tidak sehat hanya akan dapat menjadi penyebab trigliserida tinggi yang berpotensi dengan penyakit berbahaya seperti jantung, stroke dan lain sebagainya.

Baca juga : Hati-hati 6 Gejala sakit jantung Yang Perlu Anda Baca

5.   Penggunaan obat-obatan

Hindari penggunaan obat-obatan yang tidak jelas khasiatnya. Ada baiknya jika akan mengobati penyakit ini menggunakan resep dokter agar kita mengetahui bahwa obat tersebut adalah jenis obat yang terpercaya dan aman di gunakan.

6.   Penyakit diabetes tipe 2

Apabila Anda memiliki penyakit diabetes ada baiknya jika periksakan diri ke dokter dan mulai mengkonsumsi makanan yang telah di anjurkan oleh dokter. Mintalah panduan mengenai pantangan makanan yang di konsumsi. Tujuannya agar penyakit ini tak memicu penyakit baru atau menjadi penyebab trigliserida tinggi.

Setelah semuanya Anda ketahui dengan bak maka di sarankan untuk segera memulai pola hidup sehat dan benar. Pola hidup sehat dapat di mulai dari menerapkan pola makan yang benar. Pola makan yang benar adalah jenis pola makan yang banyak mengandung sayur dan juga buah sebagai menu yang harus ada.

Selain itu hindari mengkonsumsi junk food, fast food dan juga makanan yang memiliki pengawet serta mengandung banyak penyedap rasa. Selain itu jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi air putih dan melakukan olah raga secara rutin setiap hari. Olah raga tak harus lama cukup dua puluh hingga tiga puluh menit setiap hari sudah cukup.

Demikian artikel seputar penyebab trigliserida tinggi. Semoga bermanfaat bagi Anda. Rutinkan diri Anda untuk medical check-up setiap 6 bulan atau setahun sekali minimal untuk mengetahui kadar trigliserida darah Anda dan jauhkan makanan serta faktor-faktor penyebab trigliserida tinggi.

Paling Banyak Dicari:

  • penyebab trigliserida tinggi pdf
error: Content is protected !!