Jangan Mau Dibodohi oleh 8 Mitos Seputar Kesehatan ini!

Advertisement

Isu Seputar Kesehatan yang terkadang ‘jauh’ dari logika banyak berkembang dengan subur di tengah masyarakat. Bahkan di antara isu tersebut telah dipercayai secara turun temurun dari nenek moyang terdahulu, sehingga makin banyak yang tidak mencari tahu, apakah isu tersebut fakta atau hanya mitos belaka. Keengganan untuk mencari tahu tentang Mitos Kesehatan ini hanya akan membuat anda tersesat dan jatuh di lubang yang sama bersama dengan pendahulu anda, tentu anda tidak ingin sesuatu yang sebenarnya baik malah anda jauhi hanya gara-gara “katanya dan katanya”.

Jangan Mau Dibodohi oleh 8 Mitos Seputar Kesehatan ini!

Supaya tidak tersesat lebih jauh, mari kita bahas beberapa Mitos Kesehatan yang berkembang di masyarakat, apakah Mitos itu benar adanya atau benar-benar hanya karangan yang tidak berdasar saja.

  1. Coklat dan jerawat

Entah dari mana isu ini berkembang, bagaimana si coklat yang enak dan kaya akan vitamin mampu menyebabkan jerawat. Padahal berdasarkan hasil penelitian dalam Journal of the American Medical Asssociation mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara cokelat dan jerawat, bahkan cokelat mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

  1. Membersihkan paru-paru dengan Susu Soda

Hmm … sejak kapan minuman soda yang dicampur susu dapat menjadi cara untuk membersihkan paru-paru, terutama untuk membersihkan paru-paru para perokok aktif. Ini hanyalah Mitos Kesehatan belaka yang tidak perlu anda percayai, tidak semudah itu membersihkan paru-paru apalagi dengan Soda yang malah banyak menimbulkan efek negatif untuk tubuh.

  1. Mandi di Malam hari bikin rematik

Untuk penderita rematik, memang benar bahwa mandi di malam hari tidak baik untuk Kesehatan mereka, karena udara dan angin dingin adalah musuh yang harus mereka hindari. Sedangkan untuk anda yang sehat dan tidak terjangkit penyakit rematik, tidak mengapa mandi di malam hari, terutama setelah seharian beraktifitas yang menyebabkan badan anda berkeringat.

Baca juga : tips paling jitu menghentikan kebiasaan ngompol pada anak

  1. Bisul diakibatkan karena mengkonsumsi telur

Mitos ini ternyata sudah mendapat perhatian dari para pemerhati gizi dan kesehatan, namun sampai sekarang belum ada bukti otentik yang bisa menguatkan isu yang dipercaya masyarakat bahwa mengkonsumsi telur dapat menimbulkan bisul. Tetapi untuk mereka yang alergi telur, hal tersebut mungkin saja terjadi, namun bagi anda yang sehat, telur adalah salah satu makanan yang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Menelan biji jambu dapat menyebabkan usus buntu

Walaupun keras dan sulit di lumat habis saat dimakan, tetapi biji jambu bukanlah penyebab terjadinya usus buntu, karena biji jambu yang tertelan dapat keluar dengan kotoran nantinya. Jadi, jangat takut lagi ya saat anda makan jambu sekalian dengan biji-bijinya.

  1. Memakan durian lalu minum minuman bersoda dalam menyebabkan kematian

Akhir-akhir ini banyak beredar berita bahwa ada orang yang meninggal setelah makan durian yang diiringi dengan minum minuman bersoda, ternyata berita ini tidak sepenuhnya benar. Karena minuman bersoda hanya akan menimbulkan efek kembung pada perut anda, tetapi untuk berhati-hati tidak mengapa untuk tidak langsung mengkonsumsi minuman bersoda setelah makan durian.

  1. Tidur di siang hari dapat mengganggu kualitas tidur pada malam hari

Mayoritas orang beranggapan baik untuk dewasa ataupun anak-anak, bahwa tidur di siang hari akan menyebabkan seseorang sulit untuk terpejam di malam hari. Padahal hal tersebut tidaklah benar, karena sebenarnya setiap orang membutuhkan tidur di siang hari walaupun cuma sebentar untuk memulihkan energi yang telah terkuras sebelumnya.

  1. Bra dapat memicu terjadinya kanker payudara

Mitos ini tidaklah sepenuhnya benar, karena salah satu yang dapat menjadi penyebab munculnya kanker payudara adalah saat anda terlalu sering mengguakan bra dalam kondisi ketat, sehingga payudara anda tidak bisa melakukan fungsinya dengan baik. Oleh karena itu, untuk Menjaga Kesehatan anda dari dampak buruk kanker payudara, bijaklah dalam menggunakan bra, jangan hanya mengedepankan tampilan yang menarik, tetapi juga pertimbangkan Kesehatan Tubuh anda.

Baca juga : 12 Manfaat konsumsi air hangat di pagi hari

Sekian ulasan mengenai Mitos-Mitos Seputar Kesehatan yang banyak berkembang di tengah-tengah masyarakat. Saring setiap berita yang anda dengar apalagi jika berkaitan dengan Kesehatan Tubuh anda, jangan langsung percaya tetapi biasakan untuk membuktikan kebenarannya terlebih dahulu dengan bertanya kepada para ahli yang kompeten di bidangnya.

Advertisement
Jangan Mau Dibodohi oleh 8 Mitos Seputar Kesehatan ini! | admin | 4.5
error: Content is protected !!