5 Jenis Asuransi Yang Perlu Anda Tahu Untuk Investasi Keuangan Keluarga

Mengatur keuangan sangat penting. Jika ada lebih dalam tabungan kita, ada baiknya jika kita investasikan dalam beberapa produk asuransi yang ada saat ini. Sebelum kita ber-investasi keuangan keluarga di asuransi, ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis atau produk investasi keuangan dalam bentuk produk asuransi yang ada diluaran untuk kita ikuti dan investasikan uang kita.

Investasi sangat bermanfaat bagi yang ingin merencanakan keuangan kelurga secara sehat. Mengikuti produk asuransi bisa menjadi pilihan untuk menyimpan uang dalam bentuk yang lain selain tabungan di bank. Bukan bentuk mana asuransi yang paling bagus, namun pilihlah asuransi yang cocok dengan keuangan Anda.

jenis-asuransi

Adapun beberapa model atau bentuk produk asuransi yang perlu anda ketahui :

1. Asuransi kesehatan

Sepertinya produk asuransi ini sangat populer di masyarakat. Kesadaran akan kesehatan dan pentingnya kesehatan membuat banyak orang yang berbondong-bondong membayar premi untuk produk asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan sangat mendominasi jenis produk asuransi saat ini.

Jika Anda berminat, pilihlah jenis asuransi kesehatan yang bagus yang bisa meng-cover semua kebutuhan akan kesehatan Anda dan keluarga Anda tanpa harus terbebani premi yang tinggi.

Untuk saat ini banyak pihak bank yang bekerja sama dengan rumah sakit dalam bentuk asuransi. Namun pilih juga asuransi yang memiliki fitur “reimbursment” atau biasanya Anda akan diberikan kartu fasilitas asuransi dan langsung ditanggung oleh pihak penyedia jasa asuransi tanpa harus membayar kepada rumah sakit.

Beberapa perusahaan swasta banyak yang memilih produk asuransi seperti ini untuk membiayai para karyawan-nya ketika mereka harus berobat sakit dan membayarkan biayanya lewat perusahaan asuransi kesehatan.

Namun untuk perorangan, Anda juga bisa membeli asuransi kesehatan yang bisa menguntungkan Anda juga. Dari sisi kesehatan dan sisi keuangan pastinya.

Sebelum Anda membeli produk asuransi ini, pastikan jika Anda memang perlu dan sangat membutuhkan asuransi kesehatan ini untuk Anda dan keluarga Anda, terutama untuk cek kesehatan yang memang perlu dilakukan secara rutin seperti kesehatan mata dan kesehatan gigi.

2. Asuransi mobil

Jika Anda telah memiliki mobil saat ini (Insya Allah saya juga mau punya, doain ya..tapi ga mau nyicil), ada baiknya Anda juga memilih atau membeli produk investasi berupa asuransi mobil. Asuransi mobil sangat perlu apalagi ketika kita telah membeli sebuah mobil baru yang pasti sanagat perlu asuransi untuk menghindari kerugian akibat kehilangan,pencurian,kecelakaan dan lain-lainnya.

Bisa dibayangkan jika kita tidak memiliki asuransi mobil, berapa banyak biaya yang harus kita keluarkan jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan terhadap mobil kita.

Baca juga : 6 Tips Membeli Mobil Baru Paling Update

Pilihlah secara bijak, produk apa yang bisa kita pilih dalam asuransi mobil ini. Jangan gegabah dalam mengambil keputusan di asuransi mobil.

3. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa juga salah satu model investasi jangka panjang. Biasanya asuransi jenis ini dipilih karena kebutuhan akan adanya pelindung seseorang ketika terjadi sesuatu kepada mereka. Banyak yang menyepelekan tentang masalah ini, dan ada pula yang beranggapan jika umur ada di tangan Tuhan. Namun tidak ada salahnya jika kita juga mempersiapkan akan keuangan terutama untuk penerus atau ahli waris kita.

Asuransi jiwa umumnya diikuti oleh ekonomi menengah keatas, namun tidak tertutup kemungkinan juga ada beberapa asuransi jiwa yang membuka premi yang terjangkau bagi keluarga ekonomi menengah kebawah (tentunya dengan nilai perlindungan yang berbeda).

4. Asuransi Pendidikan

Masalah pendidikan memang tidak lepas dari masalah biaya, kini sudah sepantasnya bagi Anda yang telah memiliki putra-putri dalam masa pendidikan untuk memiliki jenis produk asuransi pendidikan untuk mendukung dana bagi pendidikan anak Anda di masa yang akan datang.

Baca juga : Bagaimana Membangkitkan Minat Baca Anak Yang Paling Mudah

Asuransi pendidikan umumnya berhubungan juga dengan asuransi jiwa. Seorang anak yang masih TK-pun kadang bisa dimasukkan asuransi jenis asuransi pendidikan ini.

5. Asuransi Properti

Khusus asuransi ini, Anda bisa meng-cover dan mem-proteksi semua harta benda yang Anda miliki saat ini, seperti ruko, rumah tempat tinggal, apartement, hotel atau apapun barang yang Anda punya. Seperti rumah kost atau rumah sewa yang berada di tempat yang rawan kecelakaan seperti gempa, banjir, kebakaran. Maka Anda perlu memilih produk asuransi properti untuk melindungi properti milik Anda.

Demikianlah 5 jenis asuransi yang perlu Anda ketahui, namun ada beberapa asuransi yang belum kami ulas di blog artikelkeluarga.com pada kali ini. Pada pertemuan kita berikutnya kita akan membahas lebih dalam lagi tentang cara ber-investasi lewat asuransi dan produk-produk keuangan lainnya.

error: Content is protected !!