5 Tips Jitu Mengatasi Masalah Konsentrasi Anak

Adalah harapan setiap orang tua agar anaknya pandai dan memiliki prestasi yang bagus dalam belajarnya. Oleh karena itulah, saat daya konsentrasi anak dalam belajar menurun, tidak sedikit orangtua yang merasa bingung melihat anak mereka tidak semangat belajar dan hanya melamun. Dalam hal ini, yang harus dilakukan orangtua bukanlah untuk memarahi dan memaksa anak. Ketika konsentrasi anak menurun, orangtua harus cermat dalam memperhatikan kebutuhan anak dan mengembalikan daya konsentrasinya dengan cara yang tepat.

konsentrasi-anak

 

Tips Mengatasi Masalah konsentrasi anak

1. Memberikan anak waktu istirahat

Ada berbagai macam faktor yang bisa menyebabkan turunnya daya konsentrasi anak. Jika anak sudah merasa lelah, kita tidak boleh terus memaksanya belajar karena hasil belajarnya tidak akan optimal. Setelah waktu belajar di sekolah yang lama, biarkan anak istirahat selama 1-2 jam. Saat bangun, stamina dan pikiran anak sudah segar kembali dan siap untuk belajar. Kita juga tak boleh memaksanya belajar hingga larut malam agar konsentrasi anak tidak terganggu esok harinya.

Baca juga : Manfaat Tidur Siang Untuk Anak

2. Batasi waktu menonton televisi

Menonton televisi merupakan kegiatan favorit hampir semua anak, yang menjadi salah satu pemicu turunnya konsentrasi anak. Ditambah pula dengan maraknya penggunaan gadget sebagai musuh sekarang ini, yang bisa membuat anak jadi pasif dan kehilangan minat untuk belajar dan melakukan aktivitas fisik dan sosial. Dalam hal ini, orangtua perlu menjadi tegas dalam membatasi waktu anak dalam menonton televisi dan bermain game gadget atau komputer.

Sediakan waktu sendiri untuk televisi dan belajar, dan jauhkan anak dari gadget dan televisi saat tiba waktu belajar. Sebaiknya, jangan sediakan televisi pribadi di kamar anak-anak agar bisa lebih terkontrol dan anak bisa memiliki waktu bersama keluarga. Selain itu, radiasi televisi dan kebiasaan membiarkan televisi menyala saat tidur bisa memberi pengaruh pada konsentrasi anak.

3. Membiasakan anak berolahraga

Kondisi fisik menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi daya konsentrasi anak. Agar tubuh tetap segar dan prima, ajak anak untuk secara rutin berolahraga. Tidak perlu olahraga berat dan terlalu sering. Olahraga ringan seperti joging dan bersepeda sebanyak satu atau dua kali seminggu sudah bisa melatih fisik anak. Dengan olahraga rutin, aliran darah menjadi lancar, termasuk asupan darah ke otak, sehingga konsentrasi anak bisa meningkat.

Baca juga : 5 Tips Membuat Anak Senang Olahraga

4. Cari tahu minat anak

konsentrasi anak yang menurun drastis memang membuat semua orangtua pusing bukan main, apalagi bila hal tersebut mempengaruhi prestasinya di sekolah. Sebagai orangtua, kita perlu mencari tahu apkah hal tersebut karena anak sakit atau merasa bosan dengan pelajaran yang tidak disukai karena bisa berpengaruh pada konsentrasi anak.

Dengan mengetahui pelajaran yang disukai dan tidak disukai anak, kita bisa membantunya dalam mempelajari hal yang kurang dikuasai. Sebagai contohnya, anak sangat tertarik pada pelajaran seni dan kurang menguasai kosakata bahasa Inggris. Kita bisa membantunya dengan membuat gambar dari kosakata tertentu. Meski butuh waktu yang cukup lama, paling tidak minat dan konsentrasi anak bisa muncul untuk mempelajari hal yang tidak disukai.

5. Cek kesehatan anak

Kelelahan atau yang mempengaruhi konsentrasi anak bisa diatasi dengan istirahat. Namun jika masalah fisik yang dialami anak cukup serius, kita perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Anak bisa saja sedang terkena anemia, atau mengalami gangguan pengelihatan atau pendengaran. Dengan pemeriksaan dini, kita bisa memberikan kacamata atau alat bantu pendengaran pada anak.

Selain faktor fisik, bisa ada kemungkinan anak menderita gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder), yang membuat anak mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi. Jika si anak mengalami gangguan ADHD, orangtua perlu memberikan perhatian lebih dan meminta penanganan khusus dari ahlinya.

Demikian tips mengatasi konsentrasi anak. Semoga ada manfaat untuk tumbuh kembang putra-putri Anda tercinta. Jika berkenan untuk membagikan artikel ini kepada teman, saudara sahabat dan handai taulan dengan memilih tombol share artikel dibawah ini. Terima kasih sudah membaca artikel konsentrasi anak.

Paling Banyak Dicari:

  • anak tak konsentrasi
  • anak tidak kosentrasi
  • cara atasi kurang kosentrasi pada anak umur 6tahun
  • Tips mengatasi anak yang tidak konsentrasi
error: Content is protected !!