LEGA | 7 Tips Merawat AC Ternyata Tidak Sesulit Yang Dibayangkan

AC ( Air Conditioner) adalah salah satu peralatan rumah tangga yang sangat besar sekali manfaatnya sebagai pendingin ruangan di rumah kita. Sering kali kita tidak mengerti bagaimana merawat AC dengan baik dan benar, kita akan segera men-servis AC jika AC tersebut sudah terasa tidak dingin lagi, betul?, memang langkah tersebut tepat, namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam hal perawatan AC di rumah kita. Berikut tips-tips merawat AC agar tahan lama dan tidak cepat rusak.

1. Servis Cuci AC Secara Berkala.

Jika AC didalam rumah kita dipakai setiap hari, maka kita harus selalu service AC secara rutin. Jadwalkan servis AC di rumah kita misalnya 3 bulan sekali atau 4 bulan sekali.

Untuk biaya jasa cuci AC di perumahan biasanya berkisar antara Rp.60.000 sampai dengan Rp. 75.000,- (harga ini tergantung permintaan jasa tukang service dan lokasi rumah Anda dari si tukang service).

2. Cek Freon AC.

Jika dalam proses cuci AC, Anda boleh meminta petugas servis untuk mengecek apakah kandungan volume freon yang ada sudah berkurang atau masih bisa dipakai untuk beberapa waktu ke depan.

Sebenarnya isi freon akan bertahan dalam jangka panjang, asalkan jalur pipa gas freon tidak mengalami kebocoran atau kerusakan sehingga menyebab freon berkurang.

Karena siklus AC itu adalah dimana gas freon hanya berputar-putar disitu-situ saja, tidak akan berkurang selama pipa tidak bocor.

3. Bersihkan filter AC.

Ini adalah tips merawat AC yang paling mudah yang bisa Anda kerjakan sendiri. Bersihkan filter AC minimal sekali minggu, kalau bisa 2-3 kali dalam seminggu. Efek filter AC jika kedapatan kotor, menyebabkan AC menjadi kurang dingin.

 

Filter AC berada di bagian depan setelah cover AC dibuka, cara mencopotnya mudah, cukup anda tarik perlahan, filter AC bentuknya melengkung mulai dari bagian bawah depan AC sampai keatas. disitu ada slot untuk jalur filter.

Setelah Anda copot, bisa dibersihkan dengan cara menggunakan kuas cat yang bersih, lalu di bersihkan perlahan-lahan agar debu yang menempel di filter AC bisa dibersihkan.

Atau juga dengan cara di lap dengan kain basah/ kanebo serat. Juga bisa dibersihkan dengan cara meyemprotkan air ke lapisan filter. Lalu keringkan dan filter dipasang seperti sedia kala.

Dengan rajin membersihkan filter dalam seminggu ini, Inshaa Allah AC akan selalu dingin dan selalu bersih.

4. Sesuaikan Suhu Kamar.

Pasanglah AC di suhu kamar agar AC tidak boros listrik, saat ini sudah banyak AC yang pintar (smart) yang bisa mengkondisikan suhu dalam kamar, ketika tidak ada orang di dalam kamar, maka AC secara otomatis akan menyesuaikan temperaturnya.

5. Tidak Menyalakan AC Terlalu Lama.

Maksimal AC paling lama adalah 5 jam, jadi jika ingin umur AC Anda di rumah panjang dan bisa dipakai bertahun-tahun, biasakan menggunakan timer AC untuk mematikan AC sesuai dengan waktu yang diperlukan.

6. Jaga Ruangan Yang Ber-AC Tetap Tertutup.

Pastikan ruangan yang ber-AC tertutup rapat dan tidak melebihi kapasitas AC yang terpasang. Anda bisa browsing bagaimana menentukan kapasitas ac untuk ruangan di rumah Anda.

Untuk kamar-kamar yang ukurannya kecil bisa memakai AC dengan PK rendah misal 1/2 PK atau 3/4 PK, jika ruangan sudah besar Anda bisa pakai AC dengan ukuran 1 sampai 2 PK untuk ruangan di rumah Anda.

7. Tidak Langsung Menyalakan AC yang Mati Mendadak.

Jangan langsung menyalakan AC yang baru saja mati, tunggu beberapa saat sekitar 5-10 menit untuk menyalakan kembali. Tips merawat AC ini agar diperhatikan karena jika Anda tidak sengaja mematikan AC atau terjadi pemadaman listrik, jangan langsung dinyalakan agar kompressor atau kondensor AC Anda bisa bertahan lama.

Jika AC rumah Anda tidak dipasang dalam waktu lama, biasakan untuk menyalakan AC dalam tempo selang beberapa hari, agar AC bisa bekerja dengan normal dan tidak vakum terlalu lama.

Demikianlah tadi 7 tips merawat AC ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Mulai sekarang rawatlah AC rumah Anda dengan baik agar bisa berfungsi dengan baik. Ingat pepatah bahwa merawat lebih baik daripada memperbaiki.

Baca juga : Akhirnya LEGA Ternyata ini Cara Memperbaiki Knalpot Karisma Nembak Nembak

Paling Banyak Dicari:

  • Paytren Baru
  • paytren yusuf mansur
error: Content is protected !!