7 Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

7 Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol. Kolesterol adalah salah salah satu masalah kesehatan yang sangat serius di kalangan masyarakat yang diakibatkan oleh pola makan yang salah serta asupan makanan sehari-hari yang tidak mengandung cukup gizi untuk kesehatan. Pola makan yang salah bisa jadi merupakan pemicu dari gejala kolesterol tinggi yang mengakibatkan banyak penderita diabetes dan penyakit generatif lainnya. Kini banyak orang yang mencari solusi makanan untuk menurunkan kolesterol, tapi pada akhirnya pola hidup yang sehat akan menjadi penentunya. Inilah beberapa makanan untuk menurunkan kolesterol.

Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Sumber makanan menjadi awal penyebab timbulnya penyakit. Salah memilih makanan untuk dikonsumsi akan menjadi bumerang yang justru akan mengancam kesehatan tubuh. Dalam memilih makanan juga kita harus mengetahui kadar kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Banyak makanan yang justru terlalu banyak kalori yang tidak dibakar oleh tubuh malah justru menimbulkan masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi.

Sebenarnya banyak makanan untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida dengan cepat yang ada disekitar kita, asalkan kita tahu makanan mana yang bisa menurunkan kolesterol dalam darah yang bisa konsumsi secara sehat dan rutin setiap harinya.

Berikut beberapa jenis makanan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh :

1. Bawang putih

Bawang putih terkenal sejak dulu sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol yang paling mujarab, cuma banyak orang yang tidak mau mengunyah secara langsung makanan untuk menurunkan kolesterol ini. Selain sebagai bumbu penyedap makanan, bawang memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

bawang-putih

Walau memilki aroma yang tidak sedap bagi yang mengkonsumsinya, akan tetapi bawang dipercaya sangat ampuh untuk mencegah serta menyembuhkan beragam penyakit degeneratif dan penyakit lainnya lebih dari ribuan tahun.

Mengkonsumsi bawang putih sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah bisa Anda lakukan dengan cara memakan minimal 1 (satu) siung bawang putih segar setiap harinya, jika tidak tahan dengan aroma bawang putih yang khas, Anda bisa meminum ekstrak bawang putih yang dijual di Apotik atau toko obat.

2. Tomat

Untuk makanan penurun kolesterol lainnya adalah buah tomat. Manfaat tomat dirasakan sangat besar sekali terhadap kesehatan kita. Kandungan zat kromium di dalam buah tomat merupakan zat yang ampuh untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah apabila kita terkena kolesterol.
manfaat-tomat

Mengkonsumsi tomat setiap hari sangat cocok untuk penderita kolesterol tinggi. Dengan membuat jus tomat atau kita bisa konsumsi secara langsung setiap hari akan membuat kita terhindar kolesterol tinggi.

Selain makanan penurun kolesterol jahat, tomat juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti untuk kesehatan mata, kesehatan rambut serta memperlancar sistem metabolis tubuh.

Baca Juga : 7 Tips Sehat Selama Puasa

3. Anggur

Anggur juga sangat bagus untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam proses oksidasinya akibat dari manfaat anti-oksidan dari buah anggur tersebut.

anggur

Anggur juga sangat bermanfaat untuk mencegah kanker, asma, gangguan ginal serta melancarkan metabolisme tubuh.

4. Kacang Almond

Nama kacang almond di Indonesia sering disebut juga dengan panggilan kacang “Badam”. Kacang almond sangat enak sekali rasanya. Walau masih dalam kelas kacang-kacangan, banyak diantara kita yang menilai kacang adalah sumber penyebab jerawat, namun kacang almond yang satu ini berbeda.

Sumber kacang almond memang tidak ditemukan di wilayah Indonesia. Kacang ini tumbuh di negara timur tengah seperti iran, mesir, yordania.

kacang-almonds

Almond sendiri mengandung lemak tak jenuh yang artinya sebagai antioksidan sehingga sangat ampuh untuk mengurangi lemak jahat (LDL) dalam darah.

Kacang Almond juga sangat bermanfaat untuk meredakan stress. Kacang almond mengandung zat yang bisa memperlancar aliran darah sehingga dapat membuat darah menjadi lancar. Aliran darah yang kurang diakibatkan oleh stress, jadi kacang almond bermanfaat untuk meredakan stress Anda.

Anda bisa mengkonsumsi almond rasa manis sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol yang terlebih dahulu direndam dalam air. Dengan makan kacang almond secara rutin, Anda bisa mengurangi potensi kolesterol tinggi dalam darah Anda.

5. Produk olahan kedelai

Produk kacang kedelai bisa kita temukan seperti susu kedelai, tahu, tempe. Selain mengadung protein yang tinggi, produk hasil olahan kacang kedelai sangat baik sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

kacang-kedelai

Tempe dan tahu bisa menurunkan kadar kolesterol asal dalam proses pemasakannya menggunakan minyak yang mengandung omega-3 atau minyak sayur atau minyak zaitun. Tetapi jangan pula menganggap gorengan tempe baik (yang dijual dengan memakai minyak pakai ulang/jelantah).

6. Teh Hijau

yang satu ini walau bukan jenis makanan untuk penurun kolesterol, namun mengkonsumsi secara teratur teh hijau tanpa gula sangat dianjurkan untuk bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

teh-hijau

Teh hijau terkenal sangat bermanfaat bagi darah dalam tubuh. Anti oksidannya yang sangat tinggi berguna untuk mengkikis habis plak yang ditimbulkan oleh kolesterol jahat (LDL) dalam dinding pembuluh darah yang menyebabkan kolesterol tinggi.

7. Oatmeals

Yang satu ini merupakan makanan favorit bagi yang sedang diet, namun bagus juga jika sekarang Anda sudah mulai mengganti sarapan pagi sehat dengan oatmeals. Oatmeals terbuat dari gandum yang kaya serat. Dengan makanan yang mengandung serat tinggi maka memperlancar metabolisme tubuh serta mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh karena gandum menyerap lemak dalam dinding sel darah dengan cepat.

sarapan-pagi-sehat-oatmeals

Oatmelas dan makanan-makanan yang disebut diatas merupakan makanan untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah dengan cepat, sehingga jika Anda ingin mencoba menurunkan kadar kolesterol bisa mencoba semua makanan diatas dengan pola makan teratur serta rutin setiap harinya.

Demikian artikel keluarga yang membahas makanan untuk menurunkan kolesterol dalam darah, semoga bermanfaat dan mulailah pola hidup sehat dengan menjauhi merokok, tetap berolahraga rutin setiap hari serta menjauhi makanan yang bisa menyebabkan kolesterol anda naik.

Rajin melakukan medikal check-up juga sangat disarankan setiap 6 bulan sekali agar Anda bisa memantau tingkat kesehatan Anda secara menyeluruh. Terima kasih telah membaca liputan makanan untuk menurunkan kolesterol.

Baca Juga : Cara Daftar Paytren

error: Content is protected !!