Daftar Manfaat Konsumsi Buah Untuk Kesehatan Ketika Puasa

Manfaat Konsumsi Buah. Berpuasa sangat membutuhkan banyak energi untuk aktifitas sehari-hari. Makan sahur tidak cukup hanya makanan yang bisa mengenyangkan, namun juga harus ada buah-buahan yang menunjang kegiatan Anda setelah makan sahur di pagi hari. Apa saja buah yang bisa Anda konsumsi untuk membantu aktifitas puasa Anda?. Berikut daftar manfaat konsumsi buah untuk kesehatan ketika puasa.

Daftar manfaat konsumsi buah untuk kesehatan ketika puasa

Buah sangat bermanfaat bagi tubuh, selain mengandung serat, buah juga menambah kebugaran bagi tubuh kita selama berpuasa. Mengkonsumsi buah tidak saja harus ketika kita sedang berpuasa. Namun diluar bulan puasa, kita juga disarankan makan buah secara teratur.

manfaat-buah

Serat yang terkandung dalam buah seperti pepaya, jeruk, apel sangat penting dalam membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh kita. Banyak sekali dari kita yang lupa memakan buah ketika berbuka atau makan sahur, akibatnya sering mengalami konstipasi (sembelit, susah BAB:red) ketika berpuasa.

Daftar manfaat konsumsi buah untuk kesehatan ketika puasa lainnya bisa kita dapatkan seperti dari buah kurma. Kurma merupakan buah yang disunnahkan untuk dimakan ketika berbuka puasa.

Buah kurma mengandung banyak manfaat, selain kaya serat, kurma juga mengandung lemak, kalium, magnesium dan glukosa. Kurma sangat cocok di konsumsi karena selain kandungan glukosa yang cepat diserap oleh tubuh sehingga proses pemulihan tubuh yang lemah akibat puasa akan segera teratasi setelah memakan buah kurma dan tubuh pun akan semakin bugar.

Buah juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh ketika berpuasa. Ketika tubuh mengalami dehidrasi saat berpuasa, disinilah peran buah dimulai. Bagi Anda yang sering mengkonsumsi buah, energi yang didapat dari makan buah akan dikeluarkan oleh tubuh untuk men-suplai kebutuhan energi secara perlahan, sehingga tubuh akan terasa fit dan segar selama berpuasa.

Aneka penyajian buah untuk dikonsumsi selama puasa

Ketika sahur dan berbuka puasa, sebaiknya kita selalu mengkonsumsi buah-buahan segar seperti apel, anggur, pisang, pepaya, jeruk dan sebagainya. Agar mudah dalam memakannya, Anda juga bisa membuat jus dari buah favorit anda, baik ketika sahur maupun berbuka puasa.

Buah juga bisa disajikan dalam bentuk sup buah atau jus buah. Yang perlu diperhatikan dalam membuat jus buah, agar tidak terlalu lama dalam proses penghalusan (blender) buah yang akan di konsumsi, agar buah tetap dalam keadaan segar.

Baca juga : Menu resep nasi goreng

Untuk Anda yang senang mengolah bahan makanan dari buah untuk disajikan secara menarik sebagai menu buka puasa, anda bisa mencoba untuk membuat makanan dari buah yang menjadi sumber tenaga setelah berpuasa, contohnya saja bagaimana membuat es pisang hijau yang sangat menggugah selera ketika berbuka.

Yang paling sering dibuat oleh kebanyakan orang ketika berbuka puasa adalah dengan membuat sup buah atau es buah campur. Inilah menu buka puasa yang menyegarkan sekaligus menyehatkan untuk tubuh dikala berbuka puasa, selain cara membuatnya yang mudah dan bahan-bahannya gampang didapat.

Demikianlah daftar manfaat konsumsi buah untuk kesehatan ketika puasa, semoga bermanfaat untuk Anda semua. Silahkan berbagi artikel ini untuk teman, sahabat, rekan dan saudara Anda.

error: Content is protected !!