HOME
Home » Kesehatan » 6 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Keluarga Yang Perlu Anda Ketahui

6 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Keluarga Yang Perlu Anda Ketahui

Posted at September 3rd, 2014 | Categorised in Kesehatan

Madu sangat digemari keluarga Indonesia karena sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak elemen penting seperti vitamin, protein, mineral dan protein serta yang paling penting adalah pigmen tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan keluarga. Madu sejak dulu dipercaya mampu memberikan manfaat yang banyak bagi manusia.

Keutamaan manfaat madu

manfaat-madu

Bahkan menurut riset dan penelitian, ternyata madu mampu menyaingi kandungan karbo dari hasil makanan lainnya seperti daging, telor, susu dan keju. Nilai kalori yang terkandung dalam seratus gram daripada madu asli (madu murni) adalah sebesar 294 kal. Kalau disamakan dengan dengan telur ayam, maka nilai seribu gram madu murni akan sama dengan lima puluh butir telur ayam, fantastis bukan?. Kandungan zat dalam madu juga ternyata sangat banyak dan kompleks sehingga wajar kalau madu adalah salah satu makanan yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi tubuh setiap harinya.

Manfaat madu ternyata sangat banyak sekali

Komponen cemikal yang terkandung dalam manfaat madu mempunyai sebuah efek yang bertugas untuk melancarkan peredaran darah dan menurunkan tensi darah, sehingga madu sangat cocok bagi para penderita anemia atau darah rendah. Kandungan energi gula yang terdapat dalam madu sangat cepat larut dalam tubuh sehingga mampu memberikan energi dengan cepat ketika tubuh dalam kondisi lemah atau kurang bertenaga.

Manfaat madu lainnya adalah membantu proses pencernaan dalam tubuh akibat enzim yang baik dalam madu seperti tepung sari. Vitamin dalam madu-pun sangat banyak sekali, tercatat vitamin A, Vitamin B1 dan Vitamin B2 memperkuat barisan vitamin yang terkandung dalam produk madu asli. Ditambah pula kandungan gizi seperti kalsium, magnesium, zat besi serta yodium pun ada di dalam kandungan madu, serta banyak juga asam organik yang bisa kita ambil dari manfaat madu tersebut.

Baca juga : Manfaat Terong untuk Kesehatan

Bagi penderita penyakit kanker, manfaat madu sangat dirasakan sekali sebagai antibiotika dan rematik serta peredam efek sebuah obat.

Manfaat madu telah terbukti meningkatkan kinerja atletik, tidak hanya sebagai sumber karbohidrat. Rahasia ini bahkan dikenal oleh Olympians kuno. Ini membantu menjaga gula darah, yang pada gilirannya membuat energi yang konsisten dan bantuan pemulihan otot.

Berikut 6 khasiat dan Manfaat Madu :

1. Untuk perkembangan janin ibu hamil

Bagi ibu muda yang sedang hamil, mengkonsumsi madu sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran selama hamil di kandung badan. Madu dirasakan sangat bermanfaat untuk memberikan vitamin, gizi serta zat-zat yang berguna untuk perkembangan janin sampai ibu melahirkan.

2. Pertumbuhan Otak balita

Khusus bagi balita, manfaat madu ternyata penting untuk pertumbuhan otak bayi yang dimulai selama 5 tahun perkembangan di usia anak. Otak merupakan bagian paling penting dalam pertumbuhan anak, terutama di masa-masa emas pertumbuhannya.

Baca juga : Bahaya 4 Ciri-Ciri Anak Yang Perlu Anda Waspadai Sejak Dini

3. Nafsu makan

Para Ibu-ibu yang memiliki anak dengan nafsu makan rendah, manfaat madu dapat membuat anak menjadi lebih memiliki nafsu makan dan anak pun menjadi sehat serta tidak gampang sakit.

4. Perkembangan  tumbuh remaja

Madu juga dituduh sebagai biang keladi pertumbuhan yang maksimal bagi anak dan remaja saat ini. Meminum madu setiap hari memberikan efek kesegaran serta kecerdasan dan tumbuh kembang yang maksimal bagi remaja khususnya di usia pertumbuhan. Berikanlah madu kepada anak dan keluarga Anda.

5. Energi untuk pekerja keras

Madu sangat penting bagi para pekerja keras, seperti buruh pabrik yang bekerja non stop selama seminggu. Kurangnya asupan makanan yang bergizi menyebabkan orang-orang yang bekerja keras tanpa asupan vitamin dan gizi dari makanan menjadi rentan untuk sakit, ditambah dengan kekurang gizi serta infeksi peradangan dan virus tifus yang menambah daftar panjang korban akibat gizi buruk. Manfaat madu sangat dirasakan penting untuk para pekerja keras seperti disebutkan diatas.

6.  Asupan bagi para manula

Madu sangat penting bagi para orang-orang yang sudah lanjut usia dimana fungsi organ pencernaan terasa kurang sekali berfungsi secara maksimal, dengan bantuan madu, maka asupan makanan untuk energi bagi para lanjut usia bisa menjadi lebih maksimal kembali karena madu lebih mudah diserap.

Itulah beberapa manfaat madu untuk tubuh kita. Dalam memilih madu yang asli Anda harus perhatikan sebelum membeli, karena tidak jarang banyak beredar madu-madu palsu yang justru merusak kesehatan. Telitilah sebelum membeli madu dan pastikan madu yang Anda beli adalah madu asli yang membawa banyak manfaat.

Comment Closed: 6 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Keluarga Yang Perlu Anda Ketahui

Sorry, comment are closed for this post.

Related Post to 6 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Keluarga Yang Perlu Anda Ketahui

Awas Ternyata Banyak Konsumsi Krimer Kopi Bisa Fatal Akibatnya

Posted at June 20, 2018

Para penikmat kopi tentu sudah tidak asing lagi dengan krimer kopi sebagai penambah lezat kopi dan menambah sensasi dalam menikmati kopi. Selain gula, krimer... Read More

Perhatikan Asupan Gizi Dan Nutrisi Si Kecil, Agar Tumbuh Kembangnya Sempurna

Posted at April 29, 2018

Usia balita adalah usia-usia emas perkembangan seorang anak, sebagai orang tua anda harus bisa memenuhi Asupan Gizi dan Nutrisi si Kecil agar Kesehatan Anak... Read More

Mengajarkan Hidup Sehat Sejak Dini itu Penting

Posted at April 26, 2018

Memiliki Anak yang Sehat dan berkembang dengan baik adalah idaman setiap orang tua. Tidak ada orang tua yang bahagia melihat Tumbuh Kembang Anaknya terganggu.... Read More

7 Langkah Menjadi Remaja yang Sehat

Posted at April 26, 2018

Anggapan masyarakat bahwa penyakit hanya menyerang jika sudah berusia lanjut merupakan anggapan yang sepenuhnya keliru. Penyakit datang tidak mengenal usia, jenis kelamin, status, ataupun... Read More

Mendeteksi Penyakit Sejak Dini dengan Mengenali 7 Tanda-Tanda Berikut

Posted at April 24, 2018

Menjadi dokter untuk diri sendiri adalah sesuatu yang harus anda lakukan, karean untuk menghindari penyakit-penyakit berbahaya, anda harus bisa mengetahui tanda-tanda munculnya penyakit yang... Read More


error: Content is protected !!