HOME
Home » Kesehatan » Kandungan dan Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan dan Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted at August 8th, 2014 | Categorised in Kesehatan

Pepaya, daging berwarna orange saat sudah matang, merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Buah asal Meksiko yang bisa dengan mudah ditemui di pekarangan rumah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Di balik rasa manis dan buahnya yang banyak air, pepaya kita bisa mengambil manfaat pepaya untuk kesehatan maupun kecantikan.

manfaat-pepaya

Beberapa Manfaat pepaya yang perlu Anda ketahui

Dibandingkan buah-buahan lain, harga pepaya memang terbilang murah dan bisa didapatkan dengan mudah. Namun, akan sangat sangat keliru jika kita menyepelekan kandungan nutrisi dan manfaat pepaya. Vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam pepaya sangat banyak dan tak kalah dengan buah lainnya. Berikut adalah angka kandungan vitamin yang bisa kita ditemui pada pepaya:

– Vitamin A 1750 IU, Vitamin B 0.03 mg, Vitamin C 56 mg.

– Kalsium 20 mg, lemak 0.1 mg, protein 0.6 mg, kalori 39 kkal, fosfor 16 mg, kalium 470 mg, karbohidrat 10 gr dan zat besi 0.3 mg.

– Niacin 0.3 mg dan Riboflavin 0.04 mg.

Dengan kandungan vitamin dan nutrisi lain yang sangat banyak tersebut, manfaat pepaya tidak perlu dipertanyakan lagi. Selain kandungan tersebut, tentu masih banyak kandungan lain yang sangat berguna untuk tubuh.

Manfaat pepaya untuk kesehatan

Seperti yang bisa kita lihat, kandungan vitamin C dalam pepaya sangatlah tinggi, bahkan 48 kali lebih tinggi daripada buah apel. Dengan kandungan vitamin C saja, manfaat pepaya bisa berguna dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta memperkuat sistem daya dahan tubuh. Selain manfaat dari vitamin C, masih banyak juga manfaat dari kandungan pepaya bagi kesehatan.

1. Manfaat pepaya dalam mengatasi masalah pencernaan didapat dari kandungan enzim papain dan serat didalamnya. Sudah terbukti dalam sebuah penelitian bahwa pepaya bisa mengatasi gangguan pencernaan seperti buang air besar dan mencegah penyakit wasih. Tak hanya itu, enzim papain juga berfungsi dalam memerangi parasit yang bisa menimbulkan gangguan lambung.

Baca juga : manfat kunyit

2. Kandungan antioksidan dalam pepaya yang sangat tinggi bermanfaat dalam mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan mencegah terjadinya proses oksidasi kolesterol.

3. Manfaat pepaya tak hanya bisa diperoleh dari buahnya, namun juga bagian biji. Kandungan phenotic dan flavanoid dalam pepaya merupakan zat aktif yang mempunyai peran menjaga kesehatan ginjal.

4. Masalah pengelihatan juga bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi pepaya, karena pepaya memiliki kandungan betakaroten yang berguna untuk mata.

5. Pepaya berfungsi dalam mengatasi peradangan karena kandungan papain dan chymopapain. Dengan enzim multi manfaat tersebut, proses penyembuhan luka bakar dan jenis luka lainnya bisa berlangsung lebih cepat.

6. Pepaya yang mengandung enzim arginine merupakan buah yang sangat disarankan untuk pria. Selain mengatasi gangguan kesehatan, manfaat pepaya adalah meningkatkan vitalitas pria dan mendongkrak aliran darah ke daerah vital pria.

Manfaat pepaya untuk kecantikan

Selain dalam hal kesehatan, manfaat pepaya juga berguna dalam dunia kecantikan. Dalam produk kecantikan, sering kita temui buah pepaya yang dijadikan sebagai salah satu bahan utamanya. Dengan kandungan vitaminnya, berikut adalah manfaat pepaya untuk kecantikan.

1. Pepaya berguna dalam menjaha kesehatan kulit. Kandungan vitamin A, C dan E pada pepaya bisa melembabkan, menyegarkan dan mencerahkan kulit, sehingga tampak cantik dan sehat.

2. Pepaya yang mengandung antioksidan cukup tinggi berguna dalam melawan radikal bebas. Dengan demikian, manfaat pepaya berikutnya adalah mencegah penuaan dini yang disebabkan masalah kulit akibat radikal bebebas seperti flek dan keriput.

3. Selain menyehatkan, kandungan papain berfungsi menghilangkan noda bekas jerawat, karena bisa mengurangi peradangan dengan cepat.

Baca juga : 11 Cara Merawat Muka Agar Terbebas dari Jerawat

4. Dengan konsumsi rutin, kita bisa mendapat manfaat pepaya dalam mencegah timbulnya ketombe serta membantu pertumbuhan rambut

Demikian artikel tentang manfaat pepaya, semoga bermanfaat bagi Anda dan tentunya mengingatkan kita agar terus meng-konsumsi pepaya setiap hari karena memang manfaat pepaya sangat besar sekali, terutama baik untuk kesehatan anak dan keluarga.

Comment Closed: Kandungan dan Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sorry, comment are closed for this post.

Related Post to Kandungan dan Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Awas Ternyata Banyak Konsumsi Krimer Kopi Bisa Fatal Akibatnya

Posted at June 20, 2018

Para penikmat kopi tentu sudah tidak asing lagi dengan krimer kopi sebagai penambah lezat kopi dan menambah sensasi dalam menikmati kopi. Selain gula, krimer... Read More

Perhatikan Asupan Gizi Dan Nutrisi Si Kecil, Agar Tumbuh Kembangnya Sempurna

Posted at April 29, 2018

Usia balita adalah usia-usia emas perkembangan seorang anak, sebagai orang tua anda harus bisa memenuhi Asupan Gizi dan Nutrisi si Kecil agar Kesehatan Anak... Read More

Mengajarkan Hidup Sehat Sejak Dini itu Penting

Posted at April 26, 2018

Memiliki Anak yang Sehat dan berkembang dengan baik adalah idaman setiap orang tua. Tidak ada orang tua yang bahagia melihat Tumbuh Kembang Anaknya terganggu.... Read More

7 Langkah Menjadi Remaja yang Sehat

Posted at April 26, 2018

Anggapan masyarakat bahwa penyakit hanya menyerang jika sudah berusia lanjut merupakan anggapan yang sepenuhnya keliru. Penyakit datang tidak mengenal usia, jenis kelamin, status, ataupun... Read More

Mendeteksi Penyakit Sejak Dini dengan Mengenali 7 Tanda-Tanda Berikut

Posted at April 24, 2018

Menjadi dokter untuk diri sendiri adalah sesuatu yang harus anda lakukan, karean untuk menghindari penyakit-penyakit berbahaya, anda harus bisa mengetahui tanda-tanda munculnya penyakit yang... Read More


error: Content is protected !!