Beberapa Manfaat Sarapan Pagi bagi Tubuh Kita

Sebagian besar dari kita memang kurang menyadari manfaat sarapan pagi yang ternyata memang cukup penting bagi tubuh kita. Sebagian dari kita, terutama kaum wanita malah berusaha menghindari sarapan pagi, hal ini dikarenakan para wanita ini biasanya punya satu alasan yang sama, takut gemuk. Mereka biasanya memilih makan agak sedikit siang dengan maksud sehari makan kenyang dengan melewatkan waktu sarapan pagi, makan setelah jam makan siang dan makan sebelum jam makan malam agar tidak terlalu lapar. Hal ini biasanya dilakukan dengan maksud untuk menjaga bentuk tubuh dan kesehatan tanpa menyadari manfaat sarapan pagi itu sendiri.

sarapan-pagi-sehat-oatmeals

Pada dasarnya, sarapan pagi sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat dan keuntungan, namun tidak banyak orang yang mengetahui hal tersebut. Berikut ini, merupakan beberapa manfaat dari sarapan pagi itu sendiri bagi tubuh kita, antara lain:

1.   Memberikan Asupan Energi

Salah satu manfaat sarapan pagi adalah memberikan asupan energy bagi tubuh kita. Dengan kita melakukan sarapan pagi, maka tubuh kita akan mendapatkan asupan makanan yang berguna sebagai sumber energy bagi tubuh kita, energy tersebut merupakan energy yang kita gunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari kita, atau paling tidak energy tersebut dapat kita gunakan dalam satu hari tersebut untuk melakukan aktivitas kita.

Kita tentu perlu energy untuk melakukan segala aktivitas kita sehari-hari. Selain memberikan energi, sarapan pagi juga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih fit dan tidak mudah lelah karena nutrisi yang diserap oleh tubuh dari sarapan pagi kita tersebut.

2.   Menyegarkan dan Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat sarapan pagi yang lainnya adalah berhubungan dengan kinerja otak kita. Nutrisi yang terkandung dan kita konsumsi lewat sarapan pagi kita itu dapat membuat kinerja otak kita menjadi lebih meningkat. Dengan adanya asupan nutrisi tersebut, maka kinerja otak kita akan meningkat, daya tangkap otak kita juga baik serta meningkatkan focus dan konsentrasi kita dalam menjalani kativitas kita hari itu.

Baca juga : Tips Menu Sarapan Sehat Pagi Bersama Oatmeals

3.   Menekan Resiko Stress

Ada satu lagi manfaat sarapan pagi yang mungkin masih terkait dengan kinerja otak kita yaitu menekan resiko stress. Dengan melakukan sarapan pagi, maka tingkat kestabilan emosi kita akan lebih stabil dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan sarapan pagi.

Dalam kondisi perut yang lapar dan dalam tekanan pekerjaan atau aktivitas yang padat atau bahkan mungkin kondisi cuaca yang tidak baik akan sangat mudah mendatangkan stress itu sendiri. Maka, manfaat sarapan pagi lainnya adalah menghilangkan stress tersebut.

4.   Mencegah Timbulnya Penyakit Maag

manfaat sarapan pagi juga dapat menguntungkan dan membantu menjaga kesehatan organ pencernaan kita, terutama lambung. Dengan aktivitaas kita yang mungkin tidak bisa kita prediksi, sebagiknya kita melakukan sarapan pagi apalagi jika kita memang memiliki riwayat sakit maag.

Karena, aktivitas yang tinggi juga memicu meningkatnya asam lambung sehingga dikhawatirkan akan membuat penyakit maag kita kambuh jika kita melakukan aktivitas tanpa melakukan sarapan terlebih dahulu.

Diatas merupakan beberapa contoh sederhana manfaat sarapan pagi yang dapat kita rasakan dampaknya secara langsung dan memang sering terjadi. Ternyata, sarapan pagi merupakan hal yang cukup penting untuk kita lakukan untuk memulai aktivitas kita apalagi untuk orang-orang yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi, hal ini sangat dianjurkan.

Baca juga : 5 Cara Agar Berat Badan Tidak Cepat Naik Dan Tidak Menjadi Gemuk

Sarapan pagi tidak perlu banyak, tidak perlu terlalu kenyang, asal bergizi dan penuh nutrisi. Jika anda tidak sempat melakukan sarapan pagi, mungkin anda dapat mampir ke super market atau restaurant cepat saji agar tetap bisa melakukan sarapan pagi di jalan.

Paling Banyak Dicari:

  • makalah tentang manfaat sarapan pagi
error: Content is protected !!