Manfaat Tidur Siang Untuk Anak

Kesibukan anak setiap hari sangat menguras tenaga dan fikiran mereka. Mulai dari bangun di pagi hari, sampai mereka tertidur kembali di malam hari, seorang anak menghabiskan banyak energi yang tidak sedikit. Saat ini banyak pelajaran di sekolah yang menyita waktu anak untuk mendapatkan hak-nya untuk beristirahat, terutama untuk tidur siang. Manfaat tidur siang  untuk anak sangat bermanfaat sekali untuk tumbuh kembang anak dan memulihkan kondisinya kembali di siang menjelang sore hari.

Manfaat tidur siang untuk anak sangat sekali disarankan agar anak bisa memulihkan tenaga, khususnya setelah belajar selama pagi sampai siang hari. Jika anak Anda memiliki waktu yang cukup di siang hari  untuk beristirahat, ajaklah si buah hati untuk bisa beristirahat sejenak untuk memejamkan mata.

Lamanya tidur bukan penentu kualitas manfaat tidur siang untuk anak, namun jika tidur si kecil bisa tertidur pulas sekitar 1 hingga 2 jam saja, itu akan memberikan banyak sekali perubahan yang signifikan bagi perkembangan serta pertumbuhan anak Anda.

Selama tidur yang singkat di siang hari itu, bukan saja hormon pertumbuhan yang mempengaruhi anak, namun juga perkembangan otak serta daya tangkap dan kecerdasan otak di yakini akan semakin tajam selama tidur siang yang berkualitas tersebut.

baca juga : Melatih konsentrasi anak

Jadi untuk bisa memberikan kualitas tidur yang sejenak tersebut, Anda bisa membiasakan anak untuk bersiap-siap tidur siang, setidaknya memiliki jadwal yang terencana agar si anak memiliki waktu tidur siang yang cukup dan sangat bermutu untuk perkembangan dirinya.

manfaat-tidur-siang-untuk-anak

Manfaat tidur siang untuk anak lainnya agar anak bisa segar dan kembali semangat setelah terbangun dari tidur siangnya dan bisa melanjutkan aktifitas berikutnya di sore hari. Perlu diperhatikan agar si anak jangan terlalu lama tidur siangnya, sebab ini akan berpengaruh juga terhadap pola jam tidur mereka.

Ada yang menyebutkan jika anak tidur siang mereka akan susah tertidur di malam harinya. Ada benarnya pendapat demikian, namun bukan berarti Anda melarang anak untuk tidur siang, karena khawatir mereka akan susah tertidur malam hari.

Jadwal yang teratur untuk tidur siang bisa menjadi alternatif agar si anak memiliki jam biologis yang teratur pula, dimana mereka akan terbiasa tidur siang tanpa kita harus menyuruh mereka untuk tidur siang.

baca juga : Benarkah tidur siang bikin gemuk

Tidur di siang hari yang cukup dan dengan pulas serta secara teratur bisa meningkatkan kemampuan kognitif otak anak secara signifikan, selain bisa menyegarkan badan setelah bangun tidur di siang hari, anak yang teratur tidur siang yang cukup memiliki kemampuan memori yang lebih dibanding anak yang tidak tidur siang secara teratur.

Demikian artikel seputar manfaat tidur siang untuk anak. Semoga bermanfaat bagi Anda sekeluarga. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada rekan, teman, sahabat dan handai taulan.

Paling Banyak Dicari:

  • apakah tidur siang menyebabkan gemuk
  • maanfaat tidur siang buat anak anak
error: Content is protected !!