Bagaimana Melatih Konsentrasi Belajar Pada Anak

Orang tua selalu mengeluhkan anaknya yang kurang konsenstrasi dalam belajar. Kurangnya konsentrasi anak dalam belajar bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, baik faktor dari dalam anak maupun faktor diluar anak itu sendiri. Situasi yang kondusif bisa mendukung anak untuk belajar konsentrasi. Lalu bagaimana melatih konsentrasi belajar pada anak.

Bagaimana melatih konsentrasi belajar pada anak

Konsentrasi dalam belajar sangat diperlukan anak agar bisa berprestasi di sekolah. Beberapa gangguan harus bisa di-identifikasi oleh orang tua untuk meminimalisasi faktor-faktor penyebab anak tidak bisa konsentrasi ketika belajar.

konsentrasi-anak

Apabila anak sering mengeluh ketika sedang belajar, berilah perhatian dan selidiki apa yang menjadi penyebabnya kepada anak. Bisa jadi anak mengalami gangguan pada penglihatan sehingga anak susah ketika membaca atau menulis. Atau anak mengalami gangguan lain yang mungkin orang tua tidak tahu sebelumnya. Komunikasikan secara 2 arah dengan anak anda agar anak mau menjelaskan keluhan kenapa ia susah konsentrasi dalam belajar.

Faktor yang kedua untuk mengetahui anak sulit berkonsentrasi dalam belajar adalah faktor lingkungan belajar. Usahakan anak belajar di tempat yang cukup cahaya atau penerangan yang bagus sehingga anak bisa maksimal untuk belajar dengan konsentrasi tinggi.

Berikan kepada anak anda suasana belajar yang menyenangkan. Usahakan ruangan belajar tidak terlalu ramai dan sebisa mungkin sepi. Ada beberapa anak yang tidak menyukai suasana hening ketika belajar. Beberapa kasus membuktikan ada anak yang belajar dengan menyetel musik agar bisa berkonsentrasi.

Selain mengupayakan suasana belajar yang maksimal. Orang tua juga harus memberikan pelajaran disiplin kepada anak untuk menghormati waktu seperti mengerti dan tahu kapan jam untuk belajar, bermain dan istirahat. Upayakan anak untuk bisa tidur siang hari dan tidak terlalu lama (sekitar 1-2 jam), agar saat bangun tidur siang anak menjadi segar untuk belajar di sore dan malam hari.

Baca juga : manfaat tidur siang untuk anak

Usahakan tidak menaruh televisi didalam kamar anak. Memberikan banyak fasilitas kepada anak akan semakin membuat anak semakin susah ber-konsentrasi ketika sedang belajar. Jauhi semua hiburan anak mulai seperti televisi, Playstation, gadget dan lain sebagainya ketika anak sudah duduk untuk belajar.

Jangan pula tidur terlalu larut malam. Sebisa mungkin orang tua bisa memantau jam tidur malam putra-putrinya agar bisa bangun dengan segar keesokan harinya untuk beraktifitas ke sekolah. Dengan disiplin waktu, maka anak akan memahami pentingnya istirahat.

Posisi belajar juga perlu diperhatikan ketika anak belajar sebab posisi belajar juga mempengaruhi konsentrasi anak ketika belajar. Posisikan antara meja dan bangku pada jarak yang terjangkau dengan postur tubuh anak. Dan perhatikan kenyamanan anak selama ia belajar.

Demikian artikel bagaimana melatih konsentrasi belajar pada anak. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi artikelkeluarga.com. Jika berkenan silahkan share artikel ini kepada teman, sahabat atau keluarga Anda.

Paling Banyak Dicari:

  • cara melatih konsentrasi anak 6 tahun
error: Content is protected !!