HOME
Home » Kesehatan » Mendeteksi Penyakit Sejak Dini dengan Mengenali 7 Tanda-Tanda Berikut

Mendeteksi Penyakit Sejak Dini dengan Mengenali 7 Tanda-Tanda Berikut

Posted at April 24th, 2018 | Categorised in Kesehatan

Menjadi dokter untuk diri sendiri adalah sesuatu yang harus anda lakukan, karean untuk menghindari penyakit-penyakit berbahaya, anda harus bisa mengetahui tanda-tanda munculnya penyakit yang menyerang sistem imun tubuh anda. Berbagai cara bisa dilakukan agar mengetahui apakah tubuh anda sedang dalam kondisi prima atau sedang dijangkiti virus penyakit. Salah satu cara mendeteksi Tingkat Kesehatan anda ialah dengan melihat bentuk dan perubahan lidah anda. Berikut ciri-ciri lidah yang bisa menunjukkan Kesehatan anda.

  1. Lidah yang sehat adalah lidah yang sedikit bergelombang di permukaannya, namun jika lidah anda halus dan terlihat pucat, berarti anda sedang kekurangan zat besi atau vitamin b12.
  2. Jika lidah anda terlihat lebih gelap dan terasa seperti berbulu, maka anda harus segera membersihkan mulut anda, karena bisa jadi ada jamur yang sedang berkembang di tubuh anda dan bisa menyebabkan diabetes.
  3. Pernah merasakan lidah yang membesar dan terasa bengkak?. Jika pernah, maka anda sedang terserang hipotirodisme yang bermakna bahwa anda kekurangan hormon tiroid yang dibutuhkan tubuh.
  4. Terdapat retakan atau lidah terlihat pecah-pecah. Dengan kondisi lidah seperti ini, ada kemungkinan anda sadang memiliki gangguan autoimun, segera cek Kesehatan Tubuh anda segera.
  5. Lidah yang biasanya berwarna merah muda kini terlihat putih, berarti sedang terjadi infeksi jamur di sekitar mulut anda.
  6. Selalu dijangkiti sariawan yang mengganggu. Penyakit ini bisa muncul akibat stress yang berkepanjangan atau tubuh anda mengalami demam dan flu.

Mendeteksi Penyakit Sejak Dini dengan Mengenali 7 Tanda-Tanda Berikut

Selain itu, anda dapat mendeteksi masalah yang terjadi dalam tubuh anda, jika mengalami 7 hal berikut.

  1. Pusing ringan saat anda akan berdiri setelah duduk yang cukup lama

Kekurangan cairan sehingga menyebabkan dehidrasi adalah salah satu faktor pemicu terjadinya pusing ringan ini. Penderita darah rendah adalah sasaran empuk rasa pusing ringan tersebut.

Baca juga : 7 Tips jitu menjaga kesehatan di musim pancaroba

  1. Ada bau aneh dari urine anda

Selain melalui perubahan bentuk dan warna lidah di atas, ada lagi cara mengetahui Kondisi Kesehatan anda, yaitu melalui warna dan bau urine. Jika urine anda berbau busuk dan mengeluarkan warna yang berbeda dari biasanya, sepertinya Tubuh anda sedang bermasalah, segeralah konsultasikan problem Kesehatan anda ke dokter terdekat.

  1. Munculnya benjolan atau bengkak yang mengakibatkan nyeri di bawah ketiak

Bengkak di bawah ketiak bisa muncul sebagai akibat dari pencabutan bulu ketiak yang tidak dilakukan dengan baik. Apabila bengkak itu tidak hilang dalam waktu beberapa hari atau malah menjadi semakin memerah, segera tanyakan ke Dokter, kemungkinan itu adalah tanda-tanda munculnya kanker payudara.

  1. Telapak tangan mengeluarkan keringat pada situasi tertentu

Keringat yang dihasilkan telapak tangan pada dasarnya adalah hal yang normal terjadi, terutama jika anda sedang stress atau gelisah. Namun, bagaimana jadinya jika keringat dari tangan anda mengucur terus menerus?. Bisa jadi ini adalah tanda hiperhidrosis, segera pergi ke klinik atau rumah sakit terdekat.

  1. Merasakan kaki yang kram di malam hari

Tidak seimbangnya kadar kalium, magnesium, serta kalsium dalam tubuh anda akan memicu kram pada kaki anda di malam hari. Tetapi, jika kaki anda kram setiap malam, jangan didiamkan saja, ada kemungkinan itu adalah gangguan pembekuan darah dan kerusakan saraf.

  1. Kaki mati rasa

Saat anda mengikat tali sepatu terlalu kencang atau sering memindahkan kaki selama latihan, bisa jadi kaki anda akan terasa kaku karena saraf-saraf kecil yang ada di antara kaki anda sedang terjepit.

Baca juga : Teknik alami mengobati leher kaku kepala pusing

  1. Merasakan sentakan yang kuat seperti mau jatuh di saat tidur

Sebagian orang merasa bahwa sentakan saat tidur itu adalah hal yang biasa, namun tahukah anda, bahwa sentakan itu terjadi akibat adanya kemacetan saraf pada otak dan tubuh anda. Jangan anggap remeh, apalagi jika terjadi secara berulang-ulang, segera periksakan diri anda ke dokter terpercaya.

Menjaga Kesehatan dan mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh sendiri itu bukanlah hal yang sulit, jadilah pribadi yang peduli dengan Kesehatan Diri Sendiri, dan konsultasikan Kesehatan anda secara periodik ke dokter-dokter langganan anda, agar anda bisa menikmati hidup sehat lebih lama.

Comment Closed: Mendeteksi Penyakit Sejak Dini dengan Mengenali 7 Tanda-Tanda Berikut

Sorry, comment are closed for this post.

Related Post to Mendeteksi Penyakit Sejak Dini dengan Mengenali 7 Tanda-Tanda Berikut

Awas Ternyata Banyak Konsumsi Krimer Kopi Bisa Fatal Akibatnya

Posted at June 20, 2018

Para penikmat kopi tentu sudah tidak asing lagi dengan krimer kopi sebagai penambah lezat kopi dan menambah sensasi dalam menikmati kopi. Selain gula, krimer... Read More

Perhatikan Asupan Gizi Dan Nutrisi Si Kecil, Agar Tumbuh Kembangnya Sempurna

Posted at April 29, 2018

Usia balita adalah usia-usia emas perkembangan seorang anak, sebagai orang tua anda harus bisa memenuhi Asupan Gizi dan Nutrisi si Kecil agar Kesehatan Anak... Read More

Mengajarkan Hidup Sehat Sejak Dini itu Penting

Posted at April 26, 2018

Memiliki Anak yang Sehat dan berkembang dengan baik adalah idaman setiap orang tua. Tidak ada orang tua yang bahagia melihat Tumbuh Kembang Anaknya terganggu.... Read More

7 Langkah Menjadi Remaja yang Sehat

Posted at April 26, 2018

Anggapan masyarakat bahwa penyakit hanya menyerang jika sudah berusia lanjut merupakan anggapan yang sepenuhnya keliru. Penyakit datang tidak mengenal usia, jenis kelamin, status, ataupun... Read More

Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba dengan 7 Tips Jitu Ini

Posted at April 21, 2018

Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis, menyebabkan kita cuma merasakan dua musim, musim kemarau dan musim hujan. Tetapi sering terjadi peralihan musim atau kondisi... Read More


error: Content is protected !!