5 Cara Mengajarkan Anak Sikat Gigi Yang Menyenangkan

Cara mengajarkan anak sikat gigi yang menyenangkan. Dengan berkembangnya anak, kesehatan gigi sangat penting diperhatikan oleh kebanyakan orang tua. Kesehatan gigi sangat berhubungan dengan bagimana anak dan peranan orang tua dalam memelihara kesehatan gigi, khususnya mengajari anak sikat gigi yang menyenangkan agar anak mau sikat gigi dengan kesadaran akan kesehatan.

Berikut uraian cara mengajarkan anak sikat gigi yang menyenangkan.

1. Mulai dari cara mengajarkan anak sikat gigi sedini mungkin

Cara mengajarkan anak sikat gigi harus dimulai dari usia sekecil mungkin, sekitar 2 tahun anak sudah bisa diajarkan cara sikat gigi yang baik dan benar. Pada usia emas saat itu, anak biasanya sering memasukkan benda kedalam mulut, sehingga ayah bunda perlu memperkenalkan sikat gigi yang lucu dan unik kepada buah hati agar kelak ia tahu bagaimana merawat kesehatan mulut, terutama gigi.

cara-mengajarkan-anak-sikat-gigi

 2. Buatlah kamar mandi seefektif mungkin untuk mempermudah sikecil menggosok gigi.

Jika si kecil dimudahkan untuk akses menggosok gigi di kamar mandi, maka akan memungkinkan cara mengajarkan anak sikat gigi oleh anda akan lebih maksimal, karena si kecil akan mendapat kemudahan untuk menggosok gigi. Aturlah cermin di kamar mandi sehingga si kecil bisa bercermin ketika menggosok gigi. Taruhlah sikat gigi yang mudah di jangkau. Kalau bisa hiasilah kamar mandi dengan gambar lucu atau tokoh kartun favorit si kecil agar si kecil mau menggosok gigi secara teratur.

Baca juga : Melatih anak puasa

3. Bawakan dongeng anak yang bercerita seputar kesehatan gigi.

Menceritakan dongeng anak seputar kesehatan gigi adalah cara paling ampuh dalam cara mengajarkan anak sikat gigi. Bawakan dongeng yang berisikan cerita-cerita tentang pentingnya menggosok gigi sebelum tidur, menggosok gigi sesudah makan dan menggosok gigi setelah bangun tidur. Karang cerita dengan tokoh-tokoh dongeng kesukaan anak seperti si kancil, si tupai, si kelinci atau apa saja yang menceritakan apa akibat kalau lupa menggosok gigi. Dengan

4. Ajak si kecil untuk sikat gigi bareng di kamar mandi.

Peranan orang tua adalah paling penting ketika menerapkan cara mengajarkan anak sikat gigi. Ajaklah si kecil untuk sikat gigi bareng di kamar mandi pada saat dimana ia harus menggosok giginya. Dengan demikian kebersamaan antara anak dan orangtua akan terjalin dan anak akan mengerti akan pentingnya kesehatan gigi.

5. Membeli Sikat dan ajarkan cara merawat sikat gigi dengan sendiri.

Ketika anak beranjak besar, ajaklah ia untuk membeli dan memilih sikat gigi kesukaannya. Dan setelah itu jangan lupa ingatkan jika sikat gigi sudah lama dipakai atau sikat sudah berubah bentuk, maka sikat harus diganti dengan yang baru. Tutuplah kepala sikat dengan tutup sikat gigi agar tidak dijangkiti kuman dan bakteri. Dengan mengajarkan bagaimana merawat sikat gigi, diharapkan buah hati anda lebih peduli dengan peralatan kesehatannya sendiri.

Demikian artikel cara mengajarkan anak sikat gigi yang menyenangkan, semoga bermanfaat. Silahkan di share kepada teman dan kerabat anda artikel cara mengajarkan anak sikat gigi.

error: Content is protected !!