Mengajarkan Hidup Sehat Sejak Dini itu Penting

Advertisement

Memiliki Anak yang Sehat dan berkembang dengan baik adalah idaman setiap orang tua. Tidak ada orang tua yang bahagia melihat Tumbuh Kembang Anaknya terganggu. Berbagai hal mereka lakukan agar Anak mereka memiliki Tubuh yang Sehat, dan juga cerdas. Salah satu yang memperngaruhi Perkembangan Anak adalah konsumsi makanan dan minuman yang bergizi, selain itu beragam aktivitas fisik juga dapat membantu perkembangan otak dan motoriknya.

Mengajarkan Hidup Sehat Sejak Dini itu Penting

Perubahan zaman yang tidak pernah berhenti, juga karena munculnya beragam penyakit yang sulit disembuhkan, menyebabkan orang tua semakin peduli dengan Kesehatan Anak mereka. Banyak yang memilih untuk selalu berkonsultasi kepada dokter anak mengenai tumbuh kembang buah hati mereka. Mayoritas dokter akan menyarankan untuk Mengajarkan Hidup Sehat pada Anak sejak kecil, bukan tanpa alasan, hal ini adalah pondasi utama Kesehatan Anak di kemudian hari.

Dalam mengajarkan Cara Hidup Sehat pada Anak ini membutuhkan peran yang besar dari kedua orang tuanya, oleh karena itu anda harus mengetahui apa saja yang harus diajarkan kepada Anak semenjak dini, agar tubuh mereka dapat berkembang dengan baik.

  1. Membiasakan Anak Peduli pada Kebersihan Diri

Kebersihan tidak hanya sekedar menadi, gosok gigi dan selalu mencuci tangan, tetapi juga membangun kesadaran anak untuk terbiasa membereskan mainannya setelah bermain. Ajak ia untuk membereskan mainannya sedari kecil, sebaiknya pembiasaan ini dilakukan sebelum usia anak mencapai dua tahun, agar kebiasaan ini bisa selalu dilakukannya hingga besar nanti.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat

Sering kita sebagai orang tua kasihan melihat anak dan tidak tahan untuk tidak membelikannya makanan-makanan siap saji yang tentu saja mereka sukai, seperti permen, coklat, dan berbagai cemilan lainnya. Tapi taukah anda, bahwa sering membelikan makanan seperti itu untuk anak sangat tidak dianjurkan karena dapat mempengaruhi perkembangan tubuhnya. Biasakanlah memberikan makanan-makanan sehat kepada si kecil sejak dini, tahan dulu keinginan anda untuk membelikannya eskrim dan coklat, ajak lah ia untuk memakan sayuran dan buah-buahan, agar tumbuh kembangnya bisa sempurna.

  1. Melakukan berbagai aktivitas fisik yang baik untuk tubuh

Olahraga tidak hanya untuk anda yang sudah berumur, tetapi anak-anak juga sangat membutuhkan olahraga. Tetapi tentu saja olahraga mereka dengan anda berbeda, jika mereka sudah bisa jalan, ajaklah mereka untuk jalan-jalan pagi sekitar rumah, atau mengajak mereka bermain di taman. Hal ini dapat menstimulus perkembangan motorik anak anda, juga melatih ketahanan fisik mereka.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa Mengajarkan Pola Hidup Sehat pada Anak memiliki 3 manfaat utama untuk anak, yaitu manfaat fisik, manfaat mental, dan manfaat sosial. Pertama, manfaat fisik. Dengan penerapan Pola Hidup Sehat sejak Dini, anak anda akan memiliki berat badan ideal, membentuk tulang dan otot yang kuat, serta mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisinya. Dengan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang, anak anda akan sulit terserang virus-virus yang membahayak kesehatan mereka.

Kedua, manfaat mental. Anak yang sehat fisik, biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dengan kepercayaan diri yang baik, seorang anak akan mampu mengelola emosi mereka dengan lebih baik daripada anak-anak yang tidak memiliki kepercayaan diri, sehingga anak dengan emosi yang tertata akan terlihat lebih damai dan bahagia, karena tingkat stress yang rendah. Ketiga. Manfaat sosial. Perkembangan fisik yang baik sering didukung oleh banyaknya aktivitas anak di luar rumah, dengan melakukan aktivitas di luar rumah ini, tanpa disadari anak-anak anda juga sedang belajar melakukan interaksi sosial dengan lingkungannya.

Nah, bagaimana?. Ingin perkembangan anak anda berjalan dengan baik? Jangan malas untuk mulai peduli pada Kesehatan Anak dengan memperhatikan gizi serta mulai Mengajarkan Hidup Sehat Sejak Dini, agar mereka bisa tumbuh menjadi pribadi yang bahagia.

Advertisement
Mengajarkan Hidup Sehat Sejak Dini itu Penting | admin | 4.5
error: Content is protected !!