HOME
Home » Anak » Mengatasi Anak Yang Sering Bertanya Dan Ciri-cirinya

Mengatasi Anak Yang Sering Bertanya Dan Ciri-cirinya

Posted at January 28th, 2015 | Categorised in Anak

Perkembangan anak bisa jadi merupakan tahap yang paling menyenangkan bagi dirinya maupun orang tuanya yang mengikuti pertkembangan anak sejak anak lahir sampai dewasa. Biasanya pada tahap perkembangan, anak akan sering banyak bertanya seputar hal yang ia tidak ketahui kepada anggota keluarga yang lain. Anak yang sering bertanya merupakan ciri dari anak yang ingin tahu dan janganlah sesekali kita mengacuhkan bahkan sampai tidak mau menjawab satu-pun pertanyaan dari dirinya atau bahkan menghukumnya. Berikut mengatasi anak yang sering bertanya dan ciri-cirinya.

Dalam tumbuh kembang anak selalu membawa kenikmatan sendiri bagi orang tua yang memang mengawasi pertumbuhan anak sejak kecil. Seiring bertambahnya usia, anak akan menjadi sering bertanya tentang apa yang ada adan yang terjadi di sekeliling mereka.

Baca juga : Bagaimana Membangkitkan Minat Baca Anak Yang Paling Mudah

Adalah wajar jika anak dalam masa perkembangan mulai dari 3 tahun keatas akan selalu bertanya kepada orang tuanya. Yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana menjawab pertanyaannya agar si Anak merasakan kepuasan akan jawaban yang ia peroleh dan bisa menambah wawasannya serta kecerdasannya.

anak-sering-bertanya

Jawaban yang relevan dengan usia anak sebaiknya dilontarkan dalam gaya bahasa anak, agar mereka mendapatkan pengetahuan yang sesuai dengan umur mereka. Ada baiknya jika ada pertanyaan dari anak, yang menurut Anda sebagai orang tua sangat sulit untuk dijawab, cukup Anda lontarkan jawaban seperti ini “hmm..pertanyaan yang bagus sekali, tapi sayangnya saat ini bunda belum tahu, nanti kalau sudah tahu, Bunda beritahu kamu yaa..”.

Anak ibarat kertas putih yang siap untuk ditulis. Berikanlah pengetahuan yang sesuai dengan umur anak, agar nantinya Anak bisa memilah mana informasi yang berguna bagi dirinya kelak dan menjadi pribadi yang senantiasa menghormati pendapat orang lain serta menjadi orang yang sabar dalam menunggu jawaban atau informasi yang dibutuhkannya.

Baca juga : 4 Cara Efektif Belajar Anak Usia Dini

Tahapan perkembangan otak anak dalam masa pertumbuhan sangat berpengaruh terhadap kepribadiannya. Oleh karenanya dalam setiap menjawab pertanyaan anak haruslah dijawab dengan memperhatikan perkembangan moral dan mental si anak tersebut.

Jika anak-anak terus bertanya dengan frekuensi tinggi, janganlah Anda terbawa emosi karena pertanyaan yang bertubi-tubi, ambillah nafas sejenak dan mulailah dengan senyuman ketika ingin menjawab pertanyaan si kecil.

Jika Anak Anda sering bertanya dimanapun dia berada, maka itu merupakan salah satu ciri-ciri anak yang sering bertanya. Ini merupakan kebanggaan dan jangan dijadikan pengganggu bagi Anda orang tuanya. Berikanlah jawaban dengan penuh kasih sayang dan apabila tidak bisa memberikan jawaban saat itu juga, maka berikan pula jawaban yang tidak menyakiti hati mereka, sebab apabila mereka mendapatkan jawaban yang kasar, maka bisa jadi mereka akan takut kepada Anda sebagai orang tua.

Comment Closed: Mengatasi Anak Yang Sering Bertanya Dan Ciri-cirinya

Sorry, comment are closed for this post.

Related Post to Mengatasi Anak Yang Sering Bertanya Dan Ciri-cirinya

Perhatikan Asupan Gizi Dan Nutrisi Si Kecil, Agar Tumbuh Kembangnya Sempurna

Posted at April 29, 2018

Usia balita adalah usia-usia emas perkembangan seorang anak, sebagai orang tua anda harus bisa memenuhi Asupan Gizi dan Nutrisi si Kecil agar Kesehatan Anak... Read More

Mengajarkan Hidup Sehat Sejak Dini itu Penting

Posted at April 26, 2018

Memiliki Anak yang Sehat dan berkembang dengan baik adalah idaman setiap orang tua. Tidak ada orang tua yang bahagia melihat Tumbuh Kembang Anaknya terganggu.... Read More

Cara Bagaimana Anak Menjadi Patuh Kepada Orang Tua

Posted at February 3, 2017

Anak  adalah titipan Allah swt. yang harus kita jaga dan dibesarkan dengan penuh kasih sayang. Banyak anak yang bisa membantu orang tuanya mendapatkan surganya,... Read More

Bahaya Game Bagi Anak Yang Perlu di Waspadai Orang Tua

Posted at July 31, 2016

Bahaya Game Bagi Anak Yang Perlu di Waspadai Orang Tua. Permainan digital atau yang sering disebut dengan game, baik itu game secara offline maupun game... Read More

Stop Membandingkan Anak Anda Dengan Yang Lain Ini Alasannya

Posted at February 26, 2016

Stop Membandingkan Anak Anda Dengan Yang Lain Ini Alasannya. Anak adalah karunia Tuhan yang tidak boleh disia-siakan dan harus dididik serta dibesarkan dengan kasih sayang... Read More


error: Content is protected !!