Mengenali Stress Serta Tips Untuk Mengatasi Stress

Setiap detik dalam kehidupan ini akan selalu mempengaruhi pola fikir kita terhadap apa saja yang terjadi. Fikiran yang berlebihan akan menyebabkan seseorang menjadi stress. Dampak stress bisa bermacam-macam, tergantung bagaimana seseorang menyikapinya. Stress bisa menyebabkan banyak penyakit yang membahayakan kesehatan tubuh kita. Berikut bahasan tentang mengenali stress serta tips untuk mengatasi stress.

Pengertian Stress Dan Mengenali Stress

Pengertian stress menurut wikipedia adalah suatu kondisi dimana seseorang dihadapkan kepada sebuah kenyataan yang membawa rohani seseorang tersebut berusaha secara maksimal di luar batas kemampuannya, terkadang menyebabkan perbuatan yang tidak terkontrol.

stress

Dampak dari stress ini tidak bisa diremehkan dan bisa menyebabkan kerusakan mental seseorang. Kesehatan seseorang bisa dikaitkan dengan bagaimana ia bisa mengendalikan stress nya tersebut. Hal yang bisa dilihat bahwa seseorang sedang stress seperti marah-marah secara tiba-tiba, sakit kepala, dan peningkatan denyut pada jantung serta otot yang tegang. Sedangkan long-term atau efek jangka panjang dari stress adalah menurunnya kekebalan tubuh terhadap berbagai virus penyakit, terutama resiko jantung.

 

Level stress sebenarnya bisa kita atasi dengan cara menentukan penyebab stress dan memutuskan untuk mengatasi stress dengan secara cepat agar tidak berdampak kepada kesehatan. Berfikir secara tenang, santai dan relaks bisa menjadi alternatif cara yang paling mudah untuk mengatasi stress yang berlebihan.

Meditasi dengan alam atau suasana yang hening menjadikan stress kita berkurang, serta bernafas secara teratur dan perlahan menjadi sangat efektif tatkala dilanda stress.

Dampak Stress Dan Mengatasi Stress Secara Alami

Bisa jadi stress adalah tolok ukur seseorang dalam kesuksesan menghadapi hidup ini. Dengan mencoba tantangan baru, seseorang akan merasakan stress yang bisa mempengaruhi pola hidupnya. Enjoy dalam menjalani kehidupan merupakan kunci seseorang dalam mengatasi stress.  Membiarkan hidup ini berjalan sebagaimana mestinya juga termasuk cara mengatasi stress secara alami. Jangan terlalu difikirkan secara mendalam dan mendetail, biarkan ia mengalir dan kita hanya bisa berusaha dan mencoba semua usaha yang telah kita rencanakan sebelumnya.

Stress muncul seiring dengan rasa kekhawatiran seseorang akan sesuatu yang membuatnya ingin lari dari kenyataan hidup. Semua orang dewasa pasti akan merasakan pahit getir kehidupan yang akan membawa dirinya kedalam rasa bersyukur atau justru membuatnya lebih menderita akibat stress memikirkan hidup ini. Jadi bersyukur dengan apa yang telah didapat merupakan salah satu jurus mengatasi stress secara alami yang bisa Anda lakukan segera.

Tips Mengatasi Stress Yang Aman

Cara berikut bisa Anda praktekkan untuk bisa mengatasi stress yang Anda rasakan saat ini atau di saat-saat Anda sedang stress :

1. Perbanyak Rasa Bersyukur

Sebelum Kita mengenal lebih jauh teknik mengatasi stress yang lebih rumit, teknik ini justru lebih akan menghilangkan stress yang lebih lama dampaknya. Bersyukur akan membawa kedamaian dalam hati dan melatih kita untuk menjalani hidup dengan ikhlas dan tulus serta legowo menerima apa yang telah diberikan Tuhan.

2. Olahraga, sekali lagi mengatasi stress dengan olahraga

Olahraga merupakan cara mengatasi stress yang paling aman dan mudah dilakukan oleh siapapun yang sedang mengalami stress. Lakukanlah olahraga yang teratur serta bersifat menyenangkan, misalnya renang bersama teman selingkuh, jogging bersama istri tetangga, bermain futsal bersama pacar, atau fitness bersama gebetan baru,ups..kidding.

Baca juga : 5 Tips Membuat Anak Senang Olahraga

3. Latih fikiran dan Emosi

Fikiran dan emosi adalah 2 hal yang sangat berkaitan erat dengan stress. Kendalikan keduanya maka Anda menjadi pemenangnya.

4. Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang

Masih ingat jargon ini?, yup, buat para pecinta film kocak Warkop, jargon “tertawalah sebelum tertawa itu dilarang” ternyata ada manfaatnya juga dalam mengatasi stress. Dengan tertawa kita melepaskan hormon penyebab stress dalam tubuh, sehingga setelah tertawa (apalagi tertawa yang sampai meneteskan air mata) terbahak-bahak yang membuat kita terpingkal-pingkal, sangat ampuh dalam mengatasi stress dan menghilangkan stress secara spontan.

5. Istirahat yang cukup

Fikiran dan emosi akan menjadi tenang ketika kita cukup memiliki banyak waktu istirahat terutama pada malam hari. Dengan waktu tidur yang seimbang maka konsumsi darah ke otak akan menormalkan fikiran-fikiran yang memaksa kita meluapkan emosi ketika darah ke otak berkurang. Jangan paksakan tubuh untuk bergadang.

6. Pola Makan yang sehat

Stress dituduh terjadi karena makanan yang tidak sehat yang masuk ke dalam tubuh kita. Lihat saja orang yang makan tidak sehat dengan asupan yang kurang bergizi menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan sering emosi akibat aliran darah yang tidak lancar ke otak. Pelihara tubuh dengan memasukkan energi serta gizi yang seimbang dengan kebutuhan asupan sesuai umur dan berat badan Anda.

7. Relaksasi

Relaksasi atau sering disebut dengan mesaj atau pijit berfungsi untuk melemaskan badan dari capek-capek setelah bekerja seharian dan membuat tubuh menjadi segar. Relaksasi disini bisa berbentuk senam Yoga, mendengarkan musik, bermeditasi maupun pijat refleksi. Dengan melakukan rutinitas relaksasi Anda bisa mengatasi stress yang ditimbulkan dari pekerjaan sehari-hari.

error: Content is protected !!