Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba dengan 7 Tips Jitu Ini

Advertisement

Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis, menyebabkan kita cuma merasakan dua musim, musim kemarau dan musim hujan. Tetapi sering terjadi peralihan musim atau kondisi cuaca yang tidak menentu, kadang panas lalu tiba-tiba hujan deras. Kondisi cuaca yang sering berubah dan tidak bisa kita prediksi tersebut mengakibatkan anda rentan terhadap berbagai penyakit, demam dan flu salah satunya.

Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba dengan 7 Tips Jitu Ini

Tentu anda tidak ingin, perubahan cuaca yang tiba-tiba tersebut mempengaruhi berbagai aktifitas anda, karena munculnya berbagai penyakit yang menyebabkan anda harus beristirahat di rumah. Tetapi, jangan khawatir, banyak cara yang bisa anda lakukan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh di musim Pancaroba tersebut. Berikut beberapa Tips Jitu yang bisa anda lakukan sehari-hari agar saat musim pancaroba menyerang Tubuh anda Siap menghadapinya.

  1. Perhatikan dan jaga kebersihan tempat tinggal

Penyakit infeksi adalah penyakit yang identik dengan perubahan musim atau kita kenal dengan musim pancaroba. Cuaca panas yang kemudian tiba-tiba hujan atau sebaliknya sering menimbulkan genangan air yang jika lama dibiarkan akan menjadi tempat strategis untuk berkembangnya jentik-jentik nyamuk, apalagi jika yang berkembang adalah jentik nyamuk malaria, tentu akan sangat membahayakan Kesehatan anda. Oleh karena itu, jagalah kebersihan tempat tinggal anda, baik di pekarangan ataupun di dalam rumah. Jangan malas membuang genangan air ya.

  1. Segeralah mandi setelah terkena hujan

Penyakit akan mudah menggerogoti anda saat terjadi perubahan temperature tubuh dengan sangat cepat. karena itu, usahakan untuk segera mandi dengan air hangat setelah basah terkena air hujan. Banyak manfaat yang akan anda dapat dengan melakukan hal ini, seperti membersihkan kuman-kuman yang terbawa oleh air hujan jalanan.

Baca juga : Rasakan 12 manfaat minum air hangat di pagi hari

  1. Olahraga yang rutin

Olahraga tidak hanya untuk yang sehat, namun bagi anda yang mulai merasakan perubahan suhu tubuh dan gejala-gejala penyakit, segeralah lakukan olahraga ringan untuk meningkatkan imun dalam tubuhmu. Dengan berolahraga, tubuh akan lebih aktif dalam memproduksi sel anti virus.

  1. Konsumsi sup hangat

Ketika sudah terserang flu, sebaiknya anda segera mengkonsumsi sup hangat yang dilengkapi dengan campuran bawang, karena bawang adalah salah satu makanan yang bagus untuk meningkatkan imun tubuh. Selain itu, sup hangat juga dapat memicu keluarnya cairan dalam tubuh yang membawa serta bakteri dan virus dari tubuh, sehingga akan mempercepat proses pengembalian Kesehatan anda.

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang pas merupakan salah satu cara untuk meningkatkan ketahanan tubuh saat menghadapi musim pancaroba yang mengintai anda. Banyak manfaat air putih bagi Kesehatan Tubuh, yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh, apalagi jika mengkonsumsi air putih yang telah dimasak sebelumnya.

Baca juga : jangan mau dibodohi oleh 8 mitos seputar kesehatan ini

  1. Kurangi mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung banyak gizi.

Zaman sekarang banyak bermunculan makanan-makanan siap saji yang begitu memanjakan anda, terutama untuk anda yang memiliki segudang aktifitas yang membuat anda tidak memiliki waktu luang untuk sekedar memasak makanan yang sehat seperti sayuran dan sup. Tetapi, jangan jadikan kesibukan anda sebagai alasan untuk tidak memperhatikan Kesehatan Tubuh anda. Luangkanlah sedikit waktu untuk menyiapkan makanan sehat setiap harinya, tidak perlu yang ribet, cukup masakan sederhana seperti tumis sayur. Karena dengan sering mengkonsumsi siap saji, atau beragam cemilan seperti goragan, hanya akan meningkatkan peluang anda untuk diserang bakteri-bakteri berbahaya.

  1. Penuhi waktu istirahat anda

Menjadi workaholic bukanlah pilihan yang bijak, dengan menghabiskan waktu hanya untuk bekerja malah akan membuat anda mudah terserang berbagai peyakit berbahaya akibat kurangnya waktu istirahat. Minimal sediakan 6 jam setiap hari untuk mengistirahatkan tubuh anda, agar ia dapat bekerja dengan optimal keesokan harinya dan mampu melawan musim pancaroba dengan hebat.

Bagaimana pembaca sekalian? Tidak sulit bukan agar bisa berhasil melewati Musim Pancaroba tanpa terserang penyakit dan bisa selalu Menjaga Kesehatan Tubuh. Dengan Tubuh yang Sehat, berbagai rencana anda dapat terwujud, namun saat anda terserang penyakit, rencana-rencana yang telah anda susun rapi akan menjadi berantakan dan tentu saja tidak bisa terealisasi dengan baik. Sayangi diri anda, dan mulailah menjadi pribadi yang mau Menjaga Kesehatan Tubuh semenjak dini.

Advertisement
Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba dengan 7 Tips Jitu Ini | admin | 4.5
error: Content is protected !!