Menu Hidangan Berbuka Puasa Bagi Keluarga

Menu hidangan berbuka puasa bagi keluarga bisa beragam, mulai dari makanan ringan khas takjil seperti kurma sampai minuman manis dan segar pembuka puasa yang nikmat seperti es sirup, es cendol dan beragam minuman yang sangat digemari anggota keluarga kita. Namun yang perlu di perhatikan adalah bagaimana menu hidangan berbuka puasa bagi keluarga bisa menyegarkan dan paling penting menyehatkan juga. Berikut macam-macam menu hidangan berbuka puasa bagi keluarga yang paling khas selama bulan suci Ramadhan.

Kurma – Makanan ringan berbuka puasa yang di-sunnahkan

Kurma adalah salah satu menu hidangan berbuka puasa bagi keluarga yang paling disyaratkan ketika kita berbuka puasa. Kurma berasal dari negeri timur tengah seperti arab saudi, Iraq, Mesir dan sekitarnya. Banyak orang jaman dahulu membawa kurma sepulang dari ibadah haji. Namun kini banyak kurma yang dijual di Indonesia. Rasanya manis dan mengandung banyak kalori serta dapat menambah energi setelah berpuasa. Kurma juga mengandung lemak dan protein untuk tubuh kita.

Kurma bermanfaat juga untuk memperbaiki sel-sel usus dan juga dapat memperlancar jalan saluran kemih karena kurma mengandung serat atau serabut yang berfungsi melancarkan gerakan usus. Selain baik untuk kesehatan ternyata kurma juga baik dikonsumsi untuk para ibu yang sedang hamil.

Aneka minuman segar untuk berbuka puasa

Banyak sekali aneka minuman segar berbahan es yang bisa anda sajikan ketika berbuka puasa. Minuman ini bisa membuat Anda sekeluarga menjadi lebih semarak. Banyak sekali keluarga Indonesia yang menyajikan aneka minuman segar ketika berbuka puasa, mulai dari es cendol, es kopyor, es kelapa muda, es dawet dan masih banyak lagi variasi minuman segar pembuka puasa yang bisa kita buat untuk berbuka puasa.

Teh Manis Hangat

Teh manis hangat memang tidak menyegarkan, namun sangat baik dan menyehatkan ketika berbuka puasa. mengkonsumsi teh manis hangat bisa membuat badan kita menjadi segar terlebih jika ada anggota keluarga kita yang tidak kuat minuman dingin atau yang berbahan es. Banyak orang tua dulu yang menyarankan ketika berbuka puasa dengan teh manis hangat agar perut kita tidak kaget jika diisi dengan minuman-minuman dingin.

teh-manis-hangat

Es Cendol

Es cendol sangat segar ketika berbuka puasa. Rasa manis dari santan kelapa yang dicampur gula jawa serta cendol yang sangat segar membuat banyak orang yang berburu minuman segar yang satu ini ketika berbuka.  Sejarah es cendol sangat menarik, mungkin sebagian kita tidak tahu dari mana berasal es cendol ini.

es-cendol

Es cendol berasal dari kata “jendolan” yang berasal dari bahasa sunda. Sensasi minum es cendol adalah ketika “jendolan” itu melewati mulut ketika kita minum es cendol ini. Cendol terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna khusus makanan atau dengan menggunakan lembaram daun suji, sehingga sehat untuk dikonsumsi.

baca juga : es pisang hijau sajian untuk berbuka puasa

Es Teler

Es teler termasuk menu hidangan berbuka puasa bagi keluarga yang menyegarkan. Cara membuatnya pun sangatlah mudah sekali, cukup anda siapkan buah-buahan favorit anda, terutama yang sering dipakai dalam es teler adalah alpukat, nangka, kelapa muda, cincau hitam yang sudah berbentuk dadu kecil, susu kental manis dan serutan es yang menyempurnakan menu hidangan berbuka puasa bagi keluarga yang satu ini.

menu-buka-puasa

Es Kopyor

Es kopyor juga alternatif menu untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis dan segar serta cara membuatnya yang mudah, menjadikan es kopyor andalan menu berbuka. Jika Anda ingin membuat es kopyor ini sangatlah mudah, cukup siapkan beberapa bungkus agar-agar, santan, sirup, es batu dan susu kental manis.

es-kopyor

Cara pembuatannya pun cukup mudah (anda bisa lihat di kategori kuliner di blog ini). Mengkonsumsi es kopyor ketika berbuka puasa bisa membuat tubuh semakin segar,silahkan mencoba.

Demikianlah berbagai menu hidangan berbuka puasa bagi keluarga. Semua terserah Anda untuk memilihnya mana yang paling Anda sukai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda. Jangan lupa untuk di-share kepada kerabat, teman dan saudara.

Paling Banyak Dicari:

  • aneka minuman segar berbuka puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!