Cara Simpel Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Salah satu penyakit yang populer di masyarakat saat ini adalah tekanan darah tinggi atau sering disebut dengan Hipertensi. Pemicu dari darah tinggi bisa bermacam-macam, salah satunya pola hidup dan pola makan yang tidak teratur dan seimbang serta kurangnya aktiftas fisik dalam kegiatan sehari-hari. Akibat yang ditimbulkan dari tekanan darah tinggi bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Namun apabila tekanan jantung bisa dihindari dengan cara simpel menurunkan tekanan darah tinggi ini, Anda bisa menikmati hidup ini lebih sempurna dengan orang-orang yang Anda cintai.

Pemicu Tekanan Darah Tinggi

Sebelum lebih jauh mengenal cara menurunkan tekanan darah tinggi, ada baiknya Anda mengetahui penyebab utama yang bisa menimbulkan gejala atau penyakit tekanan darah tinggi antara lain adalah :

Makan makanan yang terlalu asin atau kadar garam tinggi

Makanlah makanan yang tidak terlalu asin atau makanan yang dibumbui dengan sedikit garam atau tanpa garam sama sekali. Darah tinggi mudah sekali terjadi karena kita terbiasa makan makanan yang dimasak dengan campuran garam yang terlalu banyak. Ini akan mudah sekali memicu tekanan darah naik. (Mungkin Anda tertarik membaca artikel saya sebelumnya tentang makanan untuk kesehatan)

Fikiran Stress Yang Berlebihan

Hidup ini memang berat namun jika Anda terlalu memikirkannya terlalu berat justru akan menimbulkan efek negatif sendiri ke diri Anda. Sekedar info saja, Saya pernah baca sebuah buku yang berjudul “Change Your Brain, Change Your Life” yang saya beli ketika ada pameran promosi di sebuah mal di Bogor, isi buku itu menerangkan bahwa jangan sampai PANAS (pikiran negatif seketika) Anda bisa membahayakan kesehatan Anda. Ini fakta jika memang kalau ketika kita sedang stress, ini akan menimbulkan efek yang tidak bagus kepada diri kita.

menurunkan-darah-tinggi

Jangan terlalu stress dalam hidup ini, bayangkan orang-orang yang Anda cintai menunggu senyum bahagia Anda ketimbang wajah Anda yang sedang stress.

Baca juga : Mengenali Stress Serta Tips Untuk Mengatasi Stress

Stress yang berlebihan akan cepat sekali memicu tekanan darah tinggi. Ambillah waktu sesaat ketika Anda sedang stress untuk meditasi atau latihan yoga agar stress Anda perlahan-lahan hilang (baca cara mengendalikan stress)

Sering Merokok dan minum minuman alkohol

SalaH satu pemicu tekanan darah tinggi yang paling sering ditemukan adalah karena si pasien terlalu banyak merokok dan minum minuman berkadar alkohol tinggi. Merokok dan minum minuman ber-alkohol tinggi didapuk penyebab penyakit tekanan darah tinggi.

Jika Anda tidak bisa menghentikan kebiasaan merokok, minimal kurangi merokok secara perlahan-lahan, selain menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi merokok adalah tindakan positif agar Anda terhindar dari segala penyakit yang disebabkan asap rokok dan nikotin yang terkandung dalam rokok.

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab darah tinggi, kini Anda tinggal mempraktekkan cara paling simpel menurunkan tekanan darah tinggi berikut ini :

1. Sering jalan pagi secara cepat

Jika saat ini anda sedang mengalami tekanan darah tinggi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk berjalan cepat di pagi hari. Ini dipercaya bisa menurunkan tensi darah yang sedang tinggi.

2. Berlatih bernafas perlahan

Bernafas perlahan atau sering disebut meditasi atau yoga ampuh dituduh sebagai penurun tekanan darah tinggi. Kuncilah kamar dan pasang alunan musik yang tenang, kemudian latih pernafasan Anda dan duduk dengan tenang serta mata terpejam. Cara ini bisa menjadikan diri Anda tenang dan rilex, tidak hanya menurunkan tensi darah juga bisa menghindarkan diri dari stress.

3. Jauhi menu makanan bergaram tinggi

sekali lagi, hindari makanan yang mengandung kadar garam tinggi untuk mencegah datangnya hipertensi dalam tubuh Anda. Kenali makanan yang sering Anda makan dalam sehari-hari, maka Anda akan tahu makanan mana yang mengandung garam dan mana yang tidak,

4. Pilih buah dan sayuran

Mulailah mengkonsumsi buah-buah segar berserat serta ber-potasium tinggi seperti pisang dan alpukat. Serat merupakan elemen penting yang bisa membuat metabolisme menjadi lancar dan berpengaruh terhadap aliran darah.

5. Kurangi beban fikiran

Melepaskan kejenuhan dengan cara mengurangi volume pekerjaan yang bisa menimbulkan stress, juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.  Stress akibat beban fikiran karena pekerjaan bisa jadi memicu tekanan darah meningkat. Ambillah cuti dalam 1 bulan agar Anda bisa mengurangi beban fikiran dan mencoba untuk rileks dan santai agar tersedia waktu untuk bisa berolahraga dan liburan untuk menenangkan fikiran serta bisa memanfaatkan waktu untuk kesehatan tubuh Anda.

6. Dengarkan musik

Siapa bilang musik tidak ada hubungannya dengan kesehatan, ternyata mendengarkan alunan musik yang berirama santai bisa membuat tubuh semakin rileks dan bisa juga menurunkan tekanan darah tinggi yang datang. Anda juga bisa mengkombinasikan mendengarkan musik sambil jogging atau sedang fitness.

7. Konsumsi mentimun

Inilah buah yang paling dicari ketika seseorang sedang mengalami gejala tekanan darah tinggi. Mentimun atau ketimun sangat ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Biasanya orang akan memakan ketimun sebagai menu setelah memakan makanan yang bisa memicu hipertensi. Ambillah beberapa timun segar, bisa Anda makan langsung atau dibuatkan jus.

Demikianlah artikel seputar tips dan cara menurunkan tekanan darah tinggi. Semoga bermanfaat dan silahkan membagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda cintai.

error: Content is protected !!