Pekerja Migas Resah Harga Minyak Dunia Yang Terus Turun

Melemahnya harga minyak dunia menyebabkan lesunya pekerjaan di bidang oil dan gas di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Sudah ada beberapa perusaahan engineering yang tutup atau mengurangi jumlah pekerjanya akibat sudah sedikit sekali pekerjaan EPC yang bisa dikerjakan akibat pasok pekerjaan dari dunia migas yang terus merosot akibat dari turunnya harga minyak dunia yang terus turun hingga mencapai $50/bbl.

pekerja-oil-gas-banyak-terkena-phk-layoff
Dalam beberapa bulan saja, sudah banyak rekan-rekan kita yang mencari pekerjaan setelah kontraknya habis dan tidak dipanjang lagi, karena memang sudah tidak ada lagi pekerjaan di bidang migas yang bisa dikerjakan, walaupun ada, itupun sangat sulit sekali dikerjakan dengan jumlah tenaga kerja yang banyak. Sehingga harus ada efisiensi yang dilakukan banyak perusahaan engineering untuk memangkas jumlah karyawannya.

Pertanyaannya sampai kapan harga minyak dunia akan terus turun?, jika hal ini berlanjut terus maka tidak ayal lagi dunia engineering di bidang migas akan banyak tenaga-tenaga ahli di bidang migas yang kehilangan pekerjaannya.

Jika ditelaah lebih dalam lagi, sebenarnya permasalahan menurunnya harga minyak dunia menurut para pakar ekonomi, karena diakibatkan pasokan minyak yang ada saat ini berlebihan sedangkan demand yang kurang, sehingga menyebabkan harga minya menjadi terus merosot.

Begitu juga ada kepentingan yang sangat besar di dalam mempertahankan kestabilan harga minyak dunia, sehingga banyak sekali yang menentukan kapan harga minyak ini akan stabil lagi.

Dan kembali lagi ke dunia engineering yang sedang lesu dalam beberapa bulan ini, mengakibatkan banyak pekerja kehilangan pekerjaannya karena memang tidak ada lagi proyek migas yang bisa dikerjakan, akibat dari turunnya harga minyak dunia saat ini.

Sebagai saran, janganlah kita bingung apabila kita kehilangan pekerjaan, bingung-lah apabila kita kehilangan Tuhan kita, Allah, yang telah memberikan semuanya ketika kita masih bekerja di bidang migas. Karena banyak sekali kasih sayang Allah yang diberikan kepada kita di dunia ini, jangan takut kita akan kehilangan rezekiNya.

Semoga saja apa yang sedang rekan-rekan kita alami saat ini, dimana mereka kesulitan untuk mencari pekerjaan baru sebagai pengganti pekerjaan mereka yang lama (yang rata-rata gaji pekerja migas diatas 10-20 juta rupiah) menjadikan momen ini untuk bersyukur atas karunia Allah, dan tidak lupa juga mereka untuk terus ibadah dan bersyukur akan karunia yang selama ini Allah berikan kepada mereka, sebab gaji yang selama ini mereka dapatkan, janganlah menjadi “gantungan” hidup, karena sesungguhnya cuma kepada Allah-lah kita menggantungkan semuanya yang ada di dunia ini.

Baca juga artikel keluarga lainnya :
Pilar-pilar Utama Membangun Keluarga Sakinah Sepanjang Masa
Mau Nyari Siapa Lagi? Cuma Pertolongan Allah Sebaik-baiknya Pertolongan

error: Content is protected !!