HOME
Home » Pendidikan » Penerimaan Siswa Baru Sekolah Kejuruan di Daerah Seharusnya Tidak Bikin Repot Orang Tua

Penerimaan Siswa Baru Sekolah Kejuruan di Daerah Seharusnya Tidak Bikin Repot Orang Tua

Posted at July 7th, 2018 | Categorised in Pendidikan

Cerita ini terjadi hanya di daerah saya, semoga tidak terjadi di daerah Anda. Penerimaan siswa baru di sebuah sekolah kejuruan di daerah dekat rumah tinggal kami sangat unik, kenapa sangat unik?. Saya tidak mau menyebut penerimaan siswa baru ini tidak biasa atau lebih ekstrimnya persyaratannya yang serba dadakan alias tiba-tiba. Karena di awal sosialisasi sebelum dibukanya jalur penerimaan siswa baru murid yang diikuti siswa dan orang tua, tidak menyebutkan hal-hal yang spesifik atau lebih detail kepada orang tua calon didik sebelumnya

Sebut saja persyaratan di awal sosialisasi di sebutkan untuk jalur WPS (Warga Penduduk Sekitar) hanya disebutkan minimal sudah memiliki Kartu Keluarga (KK) selama 6 bulan.

Penerimaan Siswa Baru SMK Negeri di Daerah Seharusnya Tidak Bikin Repot Orang Tua

Otomatis dengan pernyataan tersebut, sebagian orang tua merasa aman karena minimal 6 bulan kayaknya sih bisa diterima di Sekolah tersebut.

Baca juga : Ternyata ini Kandungan Susu Kental Manis

Namun tak disangka, begitu jalur WPS diadakan di sekolah tersebut, ternyata ada yang unik dan menarik serta bikin kesal, karena ternyata selain minimal memiliki Kartu Keluarga sudah 6 bulan, ternyata jarak minimal ke sekolah diberitahukan terlambat, yaitu minimal jarak 1 Kilometer dari sekolah..Alamaaak…!!

Kenapa baru dibertahukan sekarang??, kenapa tidak dari awal diberitahukan kepada orang tua, apakah sedahsyat itu pemberitahuan mendadak? Wow kereeen..

Walhasil banyak orang tua yang merasa kecewa karena tidak bisa memasukkan anaknya lewat jalur WPS.

Okelah kalau jalur WPS terlalu jauh, karena sekolah mengisyaratkan jarak 1 Kilometer, tapi khan ada jalur akademis atau lewat jalur nilai, tinggal tunggu saja tanggal mainnya.

Ketika tanggal untuk mendaftar lewat jalur akademis dimulai, semua orang tua datang dan mulai berdatangan dari pagi sekali, namun coba tebak apa yang terjadi di tengah-tengah pendaftaran?

Kembali orang tua dikejutkan persyaratan yang sebelumnya tidak diberitahukan terlebih dahulu. Yaitu surat sehat dari dokter. Woww.. ini lebih keren banget khan?

Baca juga : Bagaimana Mendidik Anak Menjadi Entrepreneur

Kalau misalnya ada orang tua yang benar-benar tidak tahu bagaimana sebenarnya prosedur penerimaan calon didik siswa, mungkin persyaratan ini akan membuatnya kalang kabut, dan bisa jadi repot kalau harus mengurusnya terlebih dahulu.

Tapi alangkah bijaksananya sekolah jika semua persyaratan yang sekecil-kecilnya dituliskan secara terang-terangan di awal. Segala sesuatunya khan lebih enak jika diberitahukan dari awal dan orang tua pun bisa mengambil ancang-ancang untuk mengambil atau mendaftar di sekolah lain, ya tooh?

Dan lebih parahnya lagi untuk 1 (satu hari) proses pendaftaran calon didik yang seharusnya dalam sehari itu selesai, akan tetapi harus dilakukan dalam 2 hari. Ini terjadi dikarenakan antara SDM serta keterbatasan sarana dan prasarana yang mendukung proses pendaftaran calon siswa baru di daerah tersebut.

Kita maklumi kalau memang masih banyak yang perlu dibenahi dalam dunia pendidikan di negeri ini, baik itu SDM maupun prasarana serta fasilitas yang mendukung, agar proses pendaftaran penerimaan siswa baru tidak bertele-tele, apalagi sekolah-sekolah di daerah. (Semoga saja kejadiannya hanya didaerah saya saja dan tidak di daerah Anda).

Comment Closed: Penerimaan Siswa Baru Sekolah Kejuruan di Daerah Seharusnya Tidak Bikin Repot Orang Tua

Sorry, comment are closed for this post.

Related Post to Penerimaan Siswa Baru Sekolah Kejuruan di Daerah Seharusnya Tidak Bikin Repot Orang Tua

Support Orang Tua Untuk Anak Yang Ujian Sekolah

Posted at April 14, 2015

Bulan April seperti saat ini, para orang tua akan dihadapkan kepada situasi dimana mereka akan melihat putra putri mereka ujian sekolah. Ada yang ujian... Read More

Bagaimana Membangkitkan Minat Baca Anak Yang Paling Mudah

Posted at March 4, 2015

Membaca bagi anak sangat penting. Di usianya yang masih belia, seorang anak perlu dibimbing agar rajin dalam membaca. Membaca buku adalah jendela dunia. Dengan... Read More

Iklan Bahasa Inggris – Tugas Sekolah Yang Bikin Puyeng Orang Tua

Posted at August 30, 2014

Baru-baru ini saya dipusingkan dengan tugas anak saya yang duduk di  Sekolah Dasar kelas VI, dia kepengen membuat sebuah tugas pelajaran bahasa inggris dengan... Read More


error: Content is protected !!