Perhatikan Asupan Gizi Dan Nutrisi Si Kecil, Agar Tumbuh Kembangnya Sempurna

Advertisement

Usia balita adalah usia-usia emas perkembangan seorang anak, sebagai orang tua anda harus bisa memenuhi Asupan Gizi dan Nutrisi si Kecil agar Kesehatan Anak anda dapat terjaga dan tumbuh kembangnya tidak bermasalah sampai besar nanti. Tidak hanya tubuhnya yang berkembang tetapi juga otaknya juga mengalami perkembangan yang pesat, kesalahan dalam memberikan nutrisi atau tidak terlalu memperhatikan nutrisi yang diperoleh si kecil hanya akan membuat Kesehatan anak mudah terganggu.

Tentu anda tidak ingin menyesali hal ini nantinya bukan?. Oleh karena itu bacalah ulasan berikut dan dukung tumbuh kembang si kecil dengan Asupan Gizi dan Nutrisi yang memadai.

Perhatikan Asupan Gizi Dan Nutrisi Si Kecil, Agar Tumbuh Kembangnya Sempurna

  1. Asam Lemak Otak

Omega 3 dan asam lemak esensial adalah nutrisi yang berperan sebagai asam lemak otak. Omega 3 dan asam lemak yang lebih dikenal dengan Asam Lemak Omega 3 akan menghasilkan 3 betuk turunan lainnya, yaitu asam alfa-linoleat, epa (eikosapentaeonat), dan juga DHA.

  1. Karbohidrat

Anak dalam rentang usia 0-5 tahun adalah anak-anak yang sangat aktif dan produktif, mereka jarang bisa disuruh duduk diam, mereka lebih memilih untuk melakukan berbagai aktivitas yang menarik perhatian mereka. Dengan berbagai aktivitas tersebut, pastinya mereka membutuhkan asupan energi yang besar, nah sumber energi tersebut dapat anda peroleh dari berbagai jenis makanan seperti beras, tepung maizena, tepung roti, makaroni, pasta, jagung, sagu dan kentang.

Baca juga : 7 tanda mendeteksi penyakit sejak dini

Dengan mengkonsumsi sumber-sumber energi ini, maka tumbuh kembang anak anda akan semakin bagus, serta membantu perkembangan proses berpikirnya.

  1. Kalori dan protein

Tidak terpenuhinya kalori dan protein yang dibutuhkan tubuh hanya akan membuat pertumbuhan anak anda tidak berjalan dengan optimal. Kondisi ini akan membuat anak anda mengalami gangguan motorik dan kecerdasan mereka juga akan terganggu.

Kenapa demikian?. Karena ternyata kalori sangat dibutuhkan untuk proses metabolisme otak, sedangkan protein bekerja dalam pembentukan sel-sel syaraf baru, tak terkecuali sel syaraf otak. Karenanya, biasakan anak anda mengkonsumsi daging sapi, ayam, ikan, telor, susu dan juga minyak ikan.

  1. Taurin

Membuat kinerja otak semakin baik dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan taurin yang diterima di kecil. Selain itu, taurin yang cukup juga dapat membantu perkembangan mata anak anda. Berbagai makanan yang mengandung taurin, bisa anda berikan pada si kecil sejak dini, seperti ASI, daging, unggas, dan berbagai makanan laut.

  1. Kolin

Peran utama kolin adalah sebagai komposisi utama membran sel normal yang bertugas menjaga keutuhan membran sel dalam proses biologi yang dilakukannya, seperti rangsangan informasi, komunikasi intrasel dan bioenergi. Di samping itu, ternyata kolin juga dapat membantu fungsi otak dengan melalui proses pembentukan neurotransmitter asetilkolin. Tidak perlu sulit-sulit mencarinya, Kolin banyak terdapat dalam ASI para ibu.

  1. Lecitin

Manfaat lecitin untuk tubuh adalah pembentukan syaraf dalam otak anak anda, sehingga menjauhkan anak dari kerusakan sistem memori, makanan yang banyak mengandung lecitin adalah kedelai dan kuning telur.

  1. Kolesterol

Tidak hanya harus dijauhi karena dapat menyebabkan stroke apabila dikonsumsi secara berlebihan, ternyata kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel otak dan sel syaraf. Oleh karena itu, agar asupan kolesterol si kecil dapat terjaga, perbanyaklah mengkonsumsi telur, udang, otak, dan sebagainya.

  1. Zat besi

Banyak peran yang bisa dilakukan oleh zat besi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah pembentukan sel-sel otak yang bertugas untuk mengangkut dan membagikan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Baca juga : 7 langkah menjadi remaja yang sehat

Itulah beberapa asupan gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh si kecil agar tumbuh kembangnya dapat berjalan dengan maksimal. Menjaga Kesehatan tidak hanya untuk mereka yang sudah lanjut usia, tetapi juga untuk anak anda, supaya masa depan mereka menjadi lebih cerah.

Advertisement
Perhatikan Asupan Gizi Dan Nutrisi Si Kecil, Agar Tumbuh Kembangnya Sempurna | admin | 4.5
error: Content is protected !!