Perkembangan Kasus Engeline Kekerasan Pada Anak Sinyal Orang Tua Harus Melindungi Anak

Kasus kekerasan pada anak yang terjadi pada anak bernama Engeline yang dibunuh oleh orang tua angkatnya (berinisial MCM) sangat menjadi pukulan bagi seleuruh orang tua di tanah air. Betapa tidak bocah berumur 6 tahun ini tewas mengenaskan dibantai oleh orang tua angkatnya sendiri yang terjadi di Jalan Sedap no. 26, Sanur, Denpasar, Bali.

Apapun alasannya, kekerasan pada anak harus mendapatkan ganjaran yang setimpal atas perbuatannya yang sangat biadab dan tidak ber-perikemanusiaan tersebut.

Engeline

Kasus pembunuhan Angeline yang melibatkan orangtua angkat memang cukup mengundang perhatian publik bahkan dunia internasional. Kasus ini banyak yang menaruh simpatik terhadap tewasnya Engeline. Karena memang dari awal kasus ini berawal dari kabar hilangnya Engeline yang kemudian pada akhirnya menjadi kasus pembunuhan Engeline oleh orangtua angkatnya.

Sebagai orangtua kita harus bisa menjaga anak kita dengan baik. Menjaga anak adalah tanggung jawab orangtua yang diberikan Tuhan sebagai amanah yang harus kita jaga dan kita rawat dengan penuh kasih sayang.

Namun kini banyak orangtua yang tidak mengindahkan kaidah-kaidah agama dalam mengurus anak, sehingga terlanjur menuruti emosi yang ada pada saat itu, dan lebih parahnya lagi emosi tersebut dilampiaskan kepada anak-anak yang masih dibawah umur.

Menahan emosi dalam mengasuh anak, seharusnya bisa dikendalikan orangtua dalam menjalin hubungan dengan anak. Anak yang seharusnya mendapat pelajaran bagaimana mengendalikan emosi dengan baik, malah mendapatkan penyaluran emosi negatif dari orangtuanya.

Sangat disayangkan memang, dulu kitap pernah tersentak dengan terbunuhnya Arie Hanggara di tahun 80-an akibat ulah orangtua-nya yang terlalu sadis dalam memperlakukan anak.

Sekali lagi, anak adalah titipan Tuhan yang akan diminta pertanggunganjawaban kepada kita sebagai orangtua dalam mengasuh dan mendidik mereka selama di dunia ini.

Janganlah kita sia-siakan anak yang sudah lahir dari janin kita, lalu kita perlakukan mereka seperti mereka sudah pantas mendapatkannya. Apapun kekerasan dalam rumah tangga apalagi terhadap anak, sangatlah dilarang oleh Undang-Undang, terlebih-lebih oleh Agama kita.

Peliharalah anak-anak kita dengan budi pekerti yang baik, sopan-santun serta mendidik anak dengan pelajaran agama yang cukup, serta kita sebagai orangtua wajib memelihara dan melindungi anak dari nilai-nilai negatif yang bisa mempengaruhi anak dalam masa pertumbuhannya.

Baca juga : 3 Tips Melatih Puasa Pada Anak

Sekali lagi kasus kematian Engeline ditangan orangtua angkatnya yang kini masih dalam penangan pihak yang berwajib, membuka mata kita agar terus melindungi serta menyayangi anak kita. Selamat jalan Engeline.

error: Content is protected !!